Cara Buat Aplikasi Phpmyadmin Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana. Sebelum kita memulai, pastikan bahwa kamu sudah memiliki dasar-dasar pemrograman dan mengenal bahasa PHP. Jika kamu sudah siap, maka mari kita mulai!

Pengenalan Phpmyadmin

Phpmyadmin adalah aplikasi web yang digunakan untuk mengelola basis data MySQL. Dengan menggunakan Phpmyadmin, kita dapat membuat, memodifikasi, dan menghapus tabel, data, dan user di dalam basis data MySQL kita. Phpmyadmin sangat penting bagi para developer yang menggunakan MySQL sebagai basis data mereka.

Namun sayangnya, aplikasi Phpmyadmin yang sudah diinstall biasanya terlalu kompleks dan sulit digunakan bagi pemula. Untuk itu, kita akan membahas cara membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana agar kamu dapat menggunakannya dengan mudah.

Langkah-langkah Pembuatan

1. Persiapan dan Instalasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapan dan instalasi. Pastikan bahwa komputer kamu sudah terinstall XAMPP atau software sejenisnya agar kamu dapat membuat server lokal di dalam komputer kamu. Kemudian, downloadlah aplikasi Phpmyadmin dari website resminya.

Setelah itu, ekstrak file Phpmyadmin yang telah kamu download di dalam folder “htdocs” di dalam folder XAMPP. Kamu juga dapat memilih nama folder yang ingin kamu gunakan sebagai akses ke aplikasi Phpmyadmin tersebut. Misalnya, “phpmyadminku”.

Setelah itu, buka browser kamu dan ketik “localhost/namafolder” (misalnya “localhost/phpmyadminku”) untuk mengakses aplikasi Phpmyadmin yang telah kamu buat.

2. Membuat Database

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Phpmyadmin, langkah selanjutnya adalah membuat database. Tekanlah tombol “New” di sebelah kiri atas layar dan masukkan nama database yang ingin kamu buat. Pastikan bahwa nama database tersebut unik dan mudah diingat.

TRENDING 🔥  Cara Masak Sop Sederhana untuk Sobat Sederhana

Setelah itu, pilih tipe pengkodean yang ingin kamu gunakan dan tekan tombol “Create”. Database kamu akan secara otomatis dibuat dan muncul di sebelah kiri layar.

3. Membuat Tabel

Setelah database berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat tabel. Tekanlah nama database yang telah kamu buat di sebelah kiri layar, lalu tekan tombol “New” di sebelah kanan atas layar.

Masukkan nama tabel yang ingin kamu buat serta jumlah kolom yang ingin kamu miliki. Kamu juga dapat menambahkan tipe data pada kolom tersebut, misalnya VARCHAR untuk tipe data string atau INT untuk tipe data integer. Setelah itu, tekan tombol “Go” untuk membuat tabel.

4. Menambahkan Data

Setelah tabel berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan data. Tekanlah nama tabel yang telah kamu buat di sebelah kiri layar, lalu tekan tombol “Insert” di sebelah kanan atas layar.

Masukkan data yang ingin kamu tambahkan ke dalam tabel tersebut, lalu tekan tombol “Go” untuk menyimpan data.

5. Menampilkan Data

Setelah data berhasil ditambahkan, langkah selanjutnya adalah menampilkan data. Tekanlah nama tabel yang telah kamu buat di sebelah kiri layar, lalu tekan tombol “Browse” di sebelah kanan atas layar.

Data yang telah kamu tambahkan akan ditampilkan di layar dan kamu dapat mengedit atau menghapus data tersebut jika diperlukan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah aplikasi Phpmyadmin sulit digunakan?
Phpmyadmin cukup kompleks dan sulit digunakan bagi pemula. Namun dengan membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana, kamu dapat menggunakannya dengan lebih mudah.
Apakah saya harus memiliki pengalaman dalam bahasa PHP untuk membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana?
Ya, kamu harus memiliki dasar-dasar pemrograman dan mengenal bahasa PHP untuk membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana.
Apakah saya harus membayar untuk mengunduh aplikasi Phpmyadmin?
Tidak, aplikasi Phpmyadmin dapat diunduh secara gratis dari website resminya.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Kulkas Tanpa Listrik Sederhana

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat aplikasi Phpmyadmin sederhana yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu mempelajari dan mengembangkan kemampuanmu di dalam dunia pemrograman. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Aplikasi Phpmyadmin Sederhana