Cara Buat Aplikasi Online Sederhana Excel

Sobat Sederhana, sudahkah kamu membuat aplikasi online sederhana menggunakan Microsoft Excel? Jika belum, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk membuat aplikasi online sederhana menggunakan Excel. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Yuk, simak panduannya!

Pendahuluan

Sebelum membuat aplikasi, pastikan kamu sudah memiliki Microsoft Excel di laptop atau komputer kamu. Jika belum, kamu bisa download di website resmi Microsoft. Setelah itu, mari kita mulai membuat aplikasi online sederhana!

Step 1: Membuat Tabel di Excel

Langkah pertama adalah membuat tabel untuk dijadikan sebagai database aplikasi online. Tabel ini dapat kamu buat dengan cara klik tombol ‘Tabel’ pada menu Insert. Selanjutnya, atur jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan. Setelah itu, kamu bisa beri nama tabel dan kolom agar lebih mudah diakses. Ingat, tabel ini akan menjadi database aplikasi kamu, jadi pastikan data yang diinput sudah benar dan akurat.

Step 2: Membuat Formulir Input

Setelah tabel telah dibuat, kamu bisa membuat formulir input untuk memasukkan data ke dalam tabel tersebut. Ini sangat penting agar data yang dimasukkan lebih terstruktur dan mudah diakses. Untuk membuat formulir input, klik tombol ‘Formulir’ pada menu Insert. Selanjutnya, kamu bisa mengatur field yang dibutuhkan pada formulir input tersebut. Ingat, pastikan field yang dibutuhkan relevan dengan data yang ingin dimasukkan.

Step 3: Menambahkan Fungsi pada Formulir Input

Setelah formulir input dibuat, kamu bisa menambahkan fungsi pada formulir tersebut. Fungsi ini dapat membantu kamu dalam memproses data yang dimasukkan ke dalam tabel. Fungsi yang umum digunakan dalam aplikasi online sederhana adalah SUM, AVERAGE, dan COUNT. Kamu bisa menambahkan fungsi ini pada kolom dan baris yang dibutuhkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Mifi Smartfren Sederhana

Step 4: Menambahkan Tombol Aktifkan

Setelah formulir dan fungsi telah ditambahkan, kamu bisa menambahkan tombol aktifkan pada aplikasi online sederhana kamu. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi yang telah kamu tambahkan sebelumnya. Caranya cukup mudah, kamu bisa klik tombol ‘Tombol Aktifkan’ pada menu Insert, lalu atur fungsi yang ingin kamu aktifkan.

Step 5: Mengatur Hak Akses

Setelah semua tahapan selesai, kamu bisa mengatur hak akses pada aplikasi online sederhana kamu. Hak akses ini sangat penting untuk melindungi data yang telah dimasukkan ke dalam aplikasi. Kamu bisa mengatur hak akses pada menu File -> Options -> Trust Center -> Trust Center Settings -> Workbook Privacy Options. Setelah itu, atur hak akses sesuai dengan kebutuhan kamu.

FAQ

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah aplikasi online sederhana dapat diakses tanpa menggunakan Microsoft Excel?
Ya, kamu bisa menggunakan aplikasi online sederhana yang telah kamu buat tanpa harus menginstall Microsoft Excel di laptop atau komputer kamu.
2
Apakah aplikasi online sederhana dapat dikustomisasi?
Ya, kamu dapat mengkustomisasi aplikasi online sederhana yang telah kamu buat sesuai dengan kebutuhan kamu.
3
Apakah aplikasi online sederhana dapat digunakan di smartphone atau tablet?
Saat ini aplikasi online sederhana hanya dapat diakses pada laptop atau komputer.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap untuk membuat aplikasi online sederhana menggunakan Microsoft Excel. Dengan membuat aplikasi ini, kamu dapat mengoptimalkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Jangan lupa untuk mengikuti setiap tahapan dengan teliti dan benar, agar aplikasi online sederhana yang kamu buat dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan manfaat yang maksimal.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengerjakan LIFO dan FIFO

Cara Buat Aplikasi Online Sederhana Excel