Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple dan Sederhana

Hallo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara memakai hijab segi empat yang simple dan sederhana. Hijab segi empat merupakan salah satu jenis hijab yang mudah dipakai dan cocok untuk berbagai acara. Bagi kamu yang masih bingung dengan cara memakainya, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Pilih Bahan Hijab yang Nyaman

Sebelum memulai, pastikan kamu memilih bahan hijab yang nyaman dipakai. Pilih bahan hijab yang ringan dan tidak panas agar tidak membuatmu merasa gerah ketika menggunakannya dalam waktu lama. Selain itu, pilih bahan hijab yang mudah dibentuk agar kamu bisa lebih leluasa dalam mengatur hijabmu.

Jenis bahan hijab yang bisa kamu pilih antara lain katun, viscose, chiffon, dan satin. Namun, pastikan kamu memilih bahan yang sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri, misalnya satin untuk acara formal dan chiffon untuk acara santai.

2. Aplikasikan Inner Ninja

Sebelum memulai memakai hijab, aplikasikan terlebih dahulu inner ninja. Inner ninja berguna untuk menutupi rambut dan membuat hijabmu terlihat lebih rapi. Pilih inner ninja yang nyaman dipakai dan sesuai dengan warna kulitmu agar tidak terlihat kontras saat dipakai bersama hijab.

3. Letakkan Hijab Segi Empat dengan Benar

Letakkan hijab segi empat di kepala kamu dengan cara menempatkannya agak ke sisi kanan atau kiri. Pastikan hijab terletak merata di kedua sisi kepala dan tidak terpeleset ke belakang.

Agar lebih mudah, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk memastikan hijabmu terletak dengan benar. Jangan lupa, pastikan hijabmu tidak terlalu menutupi dahi agar terlihat lebih fresh dan tidak membentuk garis jerawat.

4. Lipat Hijab Segi Empat

Lipat hijabmu menjadi dua bagian hingga membentuk segitiga. Pastikan setiap sisi hijab memiliki ukuran yang sama. Jika terdapat sisi yang lebih panjang, lipat hingga ukurannya sama dengan sisi lainnya.

5. Tempelkan Hijab Segi Empat di Dada

Setelah lipat, tempelkan hijabmu di dada dengan menggunakan jarum pentul. Pastikan hijab terletak rapi dan tidak terlalu longgar atau ketat.

Setelah hijab di tempelkan, rapihkan kembali bagian hijab yang tidak terlipat dan pasangkan jarum pentul pada bagian tersebut agar tidak terbuka.

6. Bawa Ujung Hijab ke Belakang

Bawa ujung hijab segi empat ke belakang kepala dan bungkus di sekitar leher. Pastikan hijab tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Jika terlalu longgar, hasilnya akan kurang rapi. Sebaliknya, jika terlalu ketat, kamu akan merasa tidak nyaman.

Setelah ujung hijab terbungkus di leher, rapihkan kembali sisi hijab yang belum teratur dan lipatlah ke dalam agar tidak terlihat kusut.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Ayam Goreng Mentega Sederhana

7. Bawa Ujung Hijab ke Depan dan Lipat

Bawa ujung hijab ke depan dan lipat di atas kepala lalu tempelkan dengan jarum pentul. Pastikan hijab terletak rapi dan tidak terlalu ketat atau longgar.

Jika kamu merasa ujung hijab terlalu panjang, kamu bisa memotongnya sesuai dengan kebutuhan. Namun, pastikan kamu memotong dengan rapi dan sesuai dengan bentuk hijab yang kamu inginkan.

8. Rapihkan Hijab

Setelah ujung hijab di tempelkan dengan jarum pentul, rapihkan kembali hijabmu agar terlihat lebih rapi dan menutupi dada dengan baik. Jangan lupa, hilangkan semua kerutan pada hijabmu agar terlihat lebih rapi.

9. Pasangkan Aksesoris

Untuk menambah kesan cantik dan menarik pada hijabmu, kamu bisa memasangkan aksesoris seperti bros atau bandana. Namun, pastikan aksesoris yang kamu gunakan tidak terlalu besar dan sesuai dengan warna hijabmu.

Jika kamu ingin tampil simpel dan sederhana, kamu bisa memilih aksesoris yang sesuai dengan bentuk hijabmu dan tidak terlalu mencolok.

10. Perhatikan Tampilan Wajah

Setelah memakai hijab, perhatikan juga tampilan wajahmu. Pastikan wajahmu terlihat segar dan menyatu dengan tampilan hijabmu. Gunakan makeup yang simpel dan natural agar terlihat lebih cantik dan segar.

Jangan lupa, perhatikan juga penataan jilbabmu agar tidak terlihat acak-acakan. Bisa kamu atur dengan sedikit sentuhan rapi dan kacangan yang tepat.

11. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Wajah Bulat

Bagi kamu yang memiliki wajah bulat, kamu bisa memakai hijab segi empat dengan cara yang berbeda agar wajahmu terlihat lebih tirus dan menarik.

Cara memakai hijab segi empat untuk wajah bulat adalah dengan membentuk hijab menjadi seperti topi. Lipat hijabmu hingga membentuk segitiga, bawa ujung hijab ke belakang, dan tempelkan di leher.

Setelah itu, bawa ujung hijab ke depan dan lipat hingga membentuk seperti topi. Pastikan hijab terlihat rapi dan pas di kepala agar terlihat cantik.

12. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Wajah Lonjong

Bagi kamu yang memiliki wajah lonjong, kamu bisa memakai hijab segi empat dengan cara yang berbeda agar wajahmu terlihat lebih berisi dan segar.

Cara memakai hijab segi empat untuk wajah lonjong adalah dengan membentuk hijab menjadi seperti turban. Letakkan hijabmu di kepala hingga membentuk segitiga, bawa ujung hijab ke belakang dan bungkus di sekitar leher.

Setelah itu, bawa ujung hijab ke depan dan bungkus di sekitar dahi agar terlihat seperti turban. Pastikan hijab terlihat rapi dan tidak terlalu ketat di kepala.

13. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Acara Formal

Bagi kamu yang akan menghadiri acara formal, kamu bisa memakai hijab segi empat dengan cara yang lebih elegan dan cantik. Berikut cara memakai hijab segi empat untuk acara formal yang bisa kamu coba.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Musik Box Sederhana

Pertama, pilih bahan hijab yang elegan dan cocok untuk acara formal seperti satin atau silk. Setelah itu, letakkan hijabmu di kepala dengan cara biasa dan bentuk hijab menjadi seperti topi.

Bawa ujung hijab ke belakang dan lepaskan. Setelah itu, bawa ujung hijab kembali ke depan dan bungkus di sekitar kepala hingga terlihat seperti kerudung.

Setelah itu, bawa ujung hijab ke belakang lagi dan simpul di bawah hijab agar terlihat lebih elegan. Jangan lupa, pasangkan aksesoris seperti bros atau bandana agar terlihat lebih cantik dan menarik.

14. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Acara Santai

Bagi kamu yang akan menghadiri acara santai seperti hangout atau jalan-jalan, kamu bisa memakai hijab segi empat dengan cara yang lebih santai. Berikut cara memakai hijab segi empat untuk acara santai yang bisa kamu coba.

Pertama, pilih bahan hijab yang ringan dan cocok untuk acara santai seperti chiffon atau viscose. Setelah itu, letakkan hijabmu di kepala dengan cara biasa dan bawa ujung hijab ke belakang.

Lepaskan ujung hijab dan bawa ujung hijab kembali ke depan, lipat hijabmu menjadi seperti topi dan bawa ujung hijab kembali ke belakang.

Selanjutnya simpul dua ujung hijab di belakang hijab dan rapatkan agar terlihat rapi. Pasangkan aksesoris seperti bandana atau bando agar terlihat lebih menarik dan santai.

15. Cara Memadupadankan Hijab Segi Empat dengan Busana Muslim

Bagi kamu yang suka memakai busana Muslim, kamu bisa memadupadankan hijab segi empat dengan busana Muslim yang cocok. Berikut beberapa contoh paduan hijab segi empat dengan busana Muslim.

Padu-padan 1: Hijab Segi Empat + Baju Gamis

Padukan hijab segi empat dengan baju gamis yang simpel dengan warna netral seperti putih atau hitam. Pasangkan sepatu dengan warna yang sama dan aksesoris yang simpel agar terlihat lebih rapi dan cantik.

Padu-padan 2: Hijab Segi Empat + Tunik

Padukan hijab segi empat dengan tunik yang simpel dengan warna yang senada. Pasangkan celana legging atau palazzo dengan warna yang sama dan sepatu yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

16. Cara Memakai Hijab Segi Empat untuk Pemula

Bagi kamu yang baru pertama kali memakai hijab segi empat, kamu bisa memulainya dengan cara yang simpel dan mudah diikuti. Berikut cara memakai hijab segi empat untuk pemula.

Pertama, letakkan hijabmu di kepala dengan cara biasa. Setelah itu, buat segitiga dengan hijabmu dan bawa ujung hijab ke belakang.

Bungkus ujung hijab di belakang kepala agar terlihat rapi dan bawa kembali ujung hijab ke depan. Lipat hijab menjadi seperti topi dan bawa kembali hijab ke belakang dan simpul di bawah hijab.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Carang Gesing Pisang Sederhana

Setelah itu, rapihkan kembali hijabmu agar terlihat lebih cantik dan menarik. Jika ingin tampil lebih simpel, kamu bisa membuat simpul di belakang hijab dan tidak menambahkan aksesoris lainnya.

17. Cara Mengikat Hijab Segi Empat yang Stylish

Bagi kamu yang suka tampil stylish dan kekinian, kamu bisa mengikat hijab segi empat dengan cara yang lebih trendy. Berikut beberapa cara mengikat hijab segi empat yang stylish.

Cara 1: Hijab Segi Empat dengan Aksen Bow

Letakkan hijabmu di kepala dengan cara biasa dan bawa ujung hijab ke belakang. Setelah itu, bawa ujung hijab ke depan dan buat aksen bow dari hijabmu. Pasangkan aksesoris seperti bros atau bandana agar terlihat lebih cantik.

Cara 2: Hijab Segi Empat dengan Aksen Side Drape

Letakkan hijabmu di kepala dan bawa ujung hijab ke belakang. Setelah itu, bawa ujung hijab ke depan dan bungkus di sekitar kepala hingga terlihat seperti kerudung.

Setelah itu, bawa ujung hijab ke samping dan biarkan tergantung. Sesuaikan panjangnya dengan kepala dan pasangkan aksesoris seperti bros atau bandana agar terlihat lebih cantik dan menarik.

18. FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Memakai Hijab Segi Empat

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Berapa ukuran ideal hijab segi empat?
Ukuran hijab segi empat yang ideal adalah 1,2 – 1,5 meter.
2
Apakah hijab segi empat cocok untuk acara formal?
Ya, hijab segi empat sangat cocok untuk digunakan pada acara formal dengan memilih bahan yang lebih elegan dan pasangan aksesoris yang sesuai.
3
Apakah inner ninja perlu dipakai?
Inner ninja sangat dianjurkan untuk dipakai agar hijabmu terlihat lebih rapi dan menutupi rambut dengan baik.
4
Bagaimana cara merawat hijab segi empat?
Hijab segi empat bisa dicuci dengan air dingin dan sabun yang lembut. Jangan dicuci menggunakan mesin cuci dan jangan digosok agar tidak merusak bahan hijab.
5
Bisakah hijab segi empat dipakai dalam waktu lama?
Ya, hijab segi empat bisa dipakai dalam waktu lama asalkan memilih bahan hijab yang nyaman dan tidak panas.

19. Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan cara memakai hijab segi empat yang simple dan sederhana. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa tampil cantik dan menarik dengan hijab segi empat. Namun, jangan lupa untuk memilih bahan hijab yang nyaman, menjaga tampilan wajah, dan memadupadankan hijabmu dengan busana yang sesuai agar terlihat lebih cantik dan menarik.

20. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Memakai Hijab Segi Empat Simple dan Sederhana