Cara Buat Alat Sedot Susu Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat alat sedot susu sederhana. Bagi Anda yang memiliki hewan ternak seperti sapi atau kambing, tentunya sudah tidak asing lagi dengan alat sedot susu. Alat ini berfungsi untuk memudahkan proses pengambilan susu dari hewan ternak. Namun, sayangnya harga alat sedot susu yang ada di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, kami akan memberikan solusi dengan cara membuat alat sedot susu sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Simak artikel berikut ini!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan alat sedot susu, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Bahan dan alat yang diperlukan antara lain:

Bahan
Alat
1 meter selang air
Paralon
2 botol plastik bekas
Multi fungsi
1 buah pompa air
Sekrup
1 buah katup bolak-balik
Pisau cutter
1 buah silikon
Pisau cutter
1 buah tusuk gigi
Pensil

Dengan menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, proses pembuatan alat sedot susu akan lebih mudah dan cepat dilakukan.

2. Langkah-Langkah Pembuatan Alat Sedot Susu

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan alat sedot susu sederhana:

a. Potong Botol Plastik

Pertama-tama, potong bagian atas dan bawah botol plastik bekas menggunakan pisau cutter. Pastikan potongan botol yang dihasilkan rata dan tidak tajam agar tidak melukai hewan ternak saat proses pengambilan susu.

b. Pasang Katup Bolak-Balik

Selanjutnya, pasang katup bolak-balik pada bagian bawah botol yang sudah dipotong menggunakan sekrup. Pastikan katup bolak-balik dipasang rapat agar tidak bocor saat proses pengambilan susu.

c. Pasang Selang Air

Lalu, pasang selang air pada bagian atas botol plastik yang sudah dipotong menggunakan silikon. Pastikan selang air dipasang rapat agar tidak bocor saat proses pengambilan susu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pistol Rakitan Sederhana

d. Pasang Pompa Air

Kemudian, pasang pompa air pada selang yang sudah dipasang pada botol plastik yang kedua. Pastikan pompa air terpasang dengan kuat agar tidak ada kebocoran saat proses pengambilan susu.

e. Rapikan Selang Air

Terakhir, rapikan selang air pada bagian atas botol plastik yang memiliki selang dan pasang tusuk gigi untuk menghentikan aliran susu saat proses pengambilan susu sudah selesai dilakukan.

3. Cara Menggunakan Alat Sedot Susu Sederhana

Setelah proses pembuatan alat sedot susu selesai dilakukan, Anda bisa langsung menggunakannya untuk mengambil susu dari hewan ternak. Berikut ini adalah cara menggunakan alat sedot susu sederhana:

a. Persiapan Alat

Pertama-tama, pastikan alat sedot susu yang telah dibuat sudah tertata dengan rapi dan bersih dari kotoran. Selanjutnya, ambil botol plastik yang memiliki selang dan colokan ke pompa air.

b. Pasang Ke Hewan Ternak

Lalu, pasang selang yang berada pada botol plastik yang sudah terpasang pompa air ke puting susu hewan ternak. Pastikan selang terpasang dengan kuat agar tidak ada kebocoran saat proses pengambilan susu.

c. Pumping Pompa Air

Setelah itu, pump pompa air agar aliran susu keluar dari puting susu hewan ternak. Jangan terlalu keras saat memompa agar tidak menyakiti hewan ternak.

d. Hentikan Aliran Susu

Terakhir, tahan aliran susu dengan menekan tusuk gigi yang sudah terpasang pada selang air. Setelah selesai, lepas selang air dari puting susu hewan ternak dan masukkan susu ke dalam wadah yang sudah disediakan.

4. FAQ tentang Alat Sedot Susu Sederhana

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan alat sedot susu sederhana:

TRENDING 🔥  Berikut Termasuk Cara Penanganan Limbah Secara Sederhana Kecuali

Q: Apakah alat sedot susu sederhana ini aman digunakan?

A: Ya, alat sedot susu sederhana ini aman digunakan karena bahan dan alat yang digunakan aman dan tidak berbahaya bagi hewan ternak dan manusia.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat sedot susu sederhana?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat sedot susu sederhana sekitar 30-45 menit tergantung kecepatan Anda dalam memotong dan memasang bahan dan alat yang diperlukan.

Q: Bisakah alat sedot susu sederhana digunakan untuk hewan ternak lain selain sapi dan kambing?

A: Ya, alat sedot susu sederhana ini bisa digunakan untuk hewan ternak lain seperti domba dan kerbau.

Q: Apakah alat sedot susu sederhana bisa digunakan untuk kegiatan bisnis susu?

A: Ya, alat sedot susu sederhana bisa digunakan untuk kegiatan bisnis susu skala kecil karena memiliki fungsi yang sama dengan alat sedot susu yang ada di pasaran.

5. Kesimpulan

Itulah cara membuat alat sedot susu sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan membuat alat sedot susu sederhana ini, Anda bisa menghemat biaya dan memudahkan proses pengambilan susu dari hewan ternak. Selain itu, alat sedot susu sederhana ini aman digunakan dan bisa digunakan untuk hewan ternak lain selain sapi dan kambing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana dan menjadi referensi yang berguna dalam kegiatan sehari-hari. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Alat Sedot Susu Sederhana