Cara Buat Alat Perah Susu Sapi Murah Sederhana

Halo, Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat perah susu sapi murah sederhana. Seperti yang kita tahu, susu sapi merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Namun, untuk mendapatkan susu sapi yang berkualitas, dibutuhkan alat perah yang baik. Nah, jika kamu ingin mengetahui cara membuat alat perah susu sapi murah sederhana, yuk simak artikel berikut ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Pertama-tama, persiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat alat perah susu sapi murah sederhana. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain:

Bahan
Jumlah
Pompa udara
1 buah
Selang
1 roll
Inverter
1 buah
Pipa PVC
2 meter
Lem PVC
secukupnya
Plat besi
1 buah
Baut dan mur
secukupnya

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga membutuhkan alat-alat seperti gergaji, bor, obeng, dan tang.

2. Membuat Rangka Alat Perah

Setelah persiapan bahan dan alat selesai, langkah selanjutnya adalah membuat rangka alat perah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Potong Pipa PVC

Pertama-tama, potong pipa PVC menjadi 4 bagian dengan ukuran masing-masing 50 cm dan 2 bagian dengan ukuran 10 cm. Kemudian, sambungkan pipa-pipa tersebut dengan menggunakan lem PVC.

b. Buat Lubang pada Plat Besi

Selanjutnya, buatlah 4 lubang pada plat besi dengan jarak yang sama. Lubang tersebut digunakan sebagai tempat menempatkan pompa udara dan inverter.

c. Pasang Pompa Udara dan Inverter

Pasang pompa udara dan inverter pada plat besi dengan menggunakan baut dan mur.

d. Pasang Pipa PVC

Pasang pipa PVC yang telah disambungkan pada pompa udara dan inverter. Pastikan semua pipa terhubung dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Coklat Panas Sederhana

3. Membuat Sistem Penyedotan Susu

Setelah rangka alat perah selesai dibuat, selanjutnya adalah membuat sistem penyedotan susu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Pasang Selang

Pasang selang pada pompa udara dan sambungkan dengan cone-shaped inflator. Cone-shaped inflator ini digunakan untuk memasukkan puting susu sapi ke dalam selang.

b. Sambungkan Selang dengan Pipa PVC

Sambungkan selang dengan pipa PVC yang telah dipasang pada rangka alat perah.

c. Pasang Inflator

Pasang inflator pada ujung selang yang terhubung dengan pipa PVC. Pastikan inflator terpasang dengan rapat agar tidak ada udara yang masuk ke dalam selang.

4. Uji Coba Alat Perah

Setelah semua langkah selesai dilakukan, uji coba alat perah untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Caranya adalah dengan memasukkan puting susu sapi ke dalam inflator dan menyalakan pompa udara dan inverter.

FAQ

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat perah susu sapi murah sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat perah susu sapi murah sederhana dapat bervariasi tergantung pada harga bahan-bahan yang dibeli. Namun, secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat perah ini tidak terlalu mahal.

2. Apa kelebihan dari alat perah susu sapi murah sederhana?

Kelebihan dari alat perah susu sapi murah sederhana adalah biaya pembuatannya yang relatif murah dan mudah dalam perawatannya.

3. Apakah alat perah susu sapi murah sederhana bisa digunakan untuk sapi yang banyak?

Alat perah susu sapi murah sederhana lebih cocok digunakan untuk sapi yang jumlahnya tidak terlalu banyak seperti sapi yang dipelihara di peternakan skala kecil atau hobi. Untuk sapi yang jumlahnya banyak, sebaiknya menggunakan alat perah yang lebih besar dan lebih kuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Air Tenaga Angin Sederhana untuk Sobat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Alat Perah Susu Sapi Murah Sederhana