Cara Bikin Tipografi Sederhana dengan Photoshop CC

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu ingin membuat desain tipografi tapi tidak tahu bagaimana caranya? Tenang saja, dalam artikel ini kita akan belajar cara bikin tipografi sederhana dengan menggunakan Photoshop CC.

1. Memilih Jenis Font

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis font yang ingin digunakan untuk desain tipografi. Pilihlah font yang sesuai dengan tema dan tujuan desainmu. Pastikan juga font yang dipilih mudah dibaca dan tidak terlalu rumit.

Agar lebih mudah memilih font, kamu bisa mengunjungi website-website yang menyediakan banyak pilihan font gratis, seperti Dafont atau 1001fonts.

1.1. Mengunduh dan Memasang Font

Jika kamu sudah memilih font yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengunduh dan memasang font tersebut di komputer atau laptopmu. Caranya juga sangat mudah:

  1. Unduh file font yang berformat .ttf atau .otf
  2. Klik kanan pada file font dan pilih “Install” atau “Pasang” (tergantung versi Windows yang kamu gunakan)

Sekarang kamu sudah siap menggunakan font yang diinginkan untuk desain tipografi.

2. Mengatur Ukuran dan Warna Font

Setelah memilih font yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran dan warna font untuk desain tipografi. Berikut adalah caranya:

2.1. Mengatur Ukuran Font

Pilihlah alat Type Tool di toolbar Photoshop dan klik di area kerja untuk memulai membuat teks. Kemudian pilihlah ukuran font yang sesuai di panel Character atau di bilah opsi atas.

Kamu juga bisa mengubah ukuran font dengan menekan tombol Ctrl (di Mac, Cmd) dan T untuk melihat kotak transformasi. Lalu, tarik salah satu sisi kotak transformasi untuk mengubah ukuran font.

2.2. Mengatur Warna Font

Untuk mengatur warna font, kamu bisa memilih alat Color Picker di toolbar Photoshop dan memilih warna yang diinginkan. Kemudian, gunakan alat Type Tool untuk mengklik teks yang akan diubah warnanya, lalu klik ikon Foreground Color di panel Tools untuk mengisi warna font sesuai yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Teropong Sederhana Fisika: Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

3. Menambahkan Efek pada Tipografi

Agar desain tipografi terlihat lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa efek sederhana. Berikut adalah cara menambahkan efek-efek tersebut:

3.1. Menambahkan Bayangan dan Outline

Untuk menambahkan bayangan (shadow) pada tipografi, pilihlah layer teks yang ingin ditambahkan efek bayangan. Kemudian klik ikon Layer Style di bawah panel layer dan pilihlah Drop Shadow. Setelah itu, atur warna, ukuran, dan posisi bayangan sesuai dengan keinginanmu.

Sedangkan untuk menambahkan outline pada tipografi, caranya hampir sama dengan menambahkan bayangan. Pilihlah layer teks yang ingin ditambahkan efek outline dan masuk ke panel Layer Style. Lalu, pilihlah Stroke dan atur ukuran dan warna stroke sesuai dengan keinginanmu.

3.2. Mengubah Efek Teks

Kamu juga bisa mengubah efek dasar pada teks, seperti mengubah warna, opacity, dan blending. Untuk mengubah efek dasar ini, pilihlah layer teks dan masuk ke bilah opsi di bagian atas. Kemudian, pilihlah opsi yang diinginkan.

4. Menyimpan Desain Tipografi

Setelah selesai membuat desain tipografi, jangan lupa untuk menyimpannya. Untuk menyimpan desain tipografi di Photoshop, kamu bisa memilih menu File dan pilihlah Save As. Kemudian, pilihlah format file yang diinginkan dan berikan nama pada file yang akan disimpan.

4.1. Menyimpan ke Format JPEG

Jika kamu ingin menyimpan desain tipografi ke dalam format JPEG, pastikan kualitas gambar tidak terlalu rendah agar hasilnya tidak pecah-pecah. Kamu juga bisa memilihlah opsi Progressive pada panel Save As agar gambar yang disimpan dapat di-load secara bertahap saat dibuka di website atau aplikasi.

4.2. Menyimpan ke Format PNG

Format PNG merupakan format yang cocok untuk menyimpan desain tipografi dengan latar belakang transparan. Kamu bisa memilih format PNG di panel Save As dan pilihlah opsi Transparent agar latar belakang pada desain tipografi tidak terlihat.

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Kerja Search Engine Secara Sederhana
Pilihan Format
Kelebihan
Kekurangan
JPEG
Ukuran file kecil, dapat di-load secara cepat
Hasil gambar bisa pecah-pecah jika kualitas rendah
PNG
Latar belakang transparan, hasil gambar tidak pecah-pecah
Ukuran file lebih besar, loading lebih lama jika ukuran terlalu besar

FAQ

Apa itu tipografi?

Tipografi adalah seni dan teknik penyusunan teks atau huruf pada sebuah media visual, seperti poster, iklan, majalah, dan lain sebagainya. Dalam tipografi, pemilihan font, ukuran, warna, dan spasi sangat penting untuk menciptakan efek dan tujuan yang diinginkan.

Apakah Photoshop CC satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuat tipografi?

Tidak, kamu bisa menggunakan software desain lainnya, seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, atau Inkscape. Namun, Photoshop CC memiliki banyak fitur dan alat yang sangat berguna dalam pembuatan desain tipografi.

Apa yang harus saya lakukan jika font yang saya inginkan tidak tersedia?

Kamu bisa mencari font yang serupa atau membeli font tersebut di website penyedia font, seperti MyFonts atau Fontspring.

Apakah saya perlu memiliki kemampuan desain yang tinggi untuk membuat tipografi?

Tidak, asalkan kamu memiliki dasar-dasar desain dan mengikuti tips dan langkah-langkah yang diberikan dalam artikel ini, kamu bisa membuat desain tipografi sederhana dengan mudah.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak puas dengan desain tipografi yang saya buat?

Kamu bisa mencoba merubah ukuran, warna, atau font. Kamu juga bisa mencari inspirasi dari desain tipografi lainnya atau meminta saran dari teman atau desainer profesional.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Tipografi Sederhana dengan Photoshop CC