Cara Bikin Tahu Batagor Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang suka dengan tahu batagor? Makanan khas Bandung ini memang menjadi favorit banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuatnya. Jangan khawatir, di artikel kali ini kita akan membahas cara membuat tahu batagor sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Apa itu Tahu Batagor?

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara membuat tahu batagor, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu tahu batagor. Tahu batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini berupa tahu yang diisi dengan adonan baso ikan dan kemudian digoreng hingga matang. Biasanya tahu batagor disajikan dengan saus kacang dan saus pedas. Rasanya yang gurih dan renyah membuat tahu batagor menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

Asal Usul Tahu Batagor

Asal usul tahu batagor memang berasal dari Kota Bandung. Konon, makanan ini pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang bernama Adang Darajatun pada sekitar tahun 1960-an. Awalnya, Adang hanya menjual baso ikan goreng yang biasa. Namun, karena kecintaannya pada tahu, ia mencoba mengganti kulit pangsit dengan tahu dan menciptakan tahu baso goreng yang kemudian dikenal dengan nama tahu batagor. Sejak saat itu, tahu batagor menjadi semakin populer dan banyak dijual di warung-warung makan di Bandung.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai membuat tahu batagor, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tahu Putih
1 kotak
Bawang Putih (haluskan)
3 siung
Garam
secukupnya
Merica Bubuk
secukupnya
Bawang Merah (haluskan)
3 siung
Tepung Terigu
100 gram
Daun Bawang (iris halus)
secukupnya
Baso Ikan (siap pakai)
200 gram
Air Es
secukupnya
Minyak Goreng
secukupnya
TRENDING 🔥  Cara Membuat Aquascape Sederhana

Cara Membuat Tahu Batagor

Sudah siap untuk membuat tahu batagor? Berikut ini adalah cara membuat tahu batagor sederhana yang bisa kamu coba di rumah:

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Langkah 2: Buat Adonan Baso Ikan

Aduk baso ikan dengan tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan merica bubuk hingga tercampur rata.

Langkah 3: Isi Tahu dengan Adonan Baso Ikan

Iris tahu menjadi beberapa bagian, sehingga bagian atas tahu dapat diisi dengan adonan baso ikan.

Langkah 4: Goreng Tahu Batagor

Goreng tahu batagor yang sudah diisi dengan adonan baso ikan di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang. Gunakan api kecil saat menggoreng supaya tahu tidak cepat gosong. Angkat tahu batagor dan tiriskan.

Langkah 5: Sajikan dengan Saus Kacang dan Saus Pedas

Tahu batagor siap disajikan dengan saus kacang dan saus pedas. Tahu batagor sederhana yang kamu buat sudah siap dihidangkan!

Tips Membuat Tahu Batagor Sederhana

Meskipun terlihat sederhana, membuat tahu batagor agar enak dan renyah tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tahu batagor yang kamu buat menjadi enak dan renyah:

1. Pilih Tahu yang Tepat

Pilih tahu putih yang cukup besar dan berkualitas. Tahu yang buruk dan kecil dapat merusak cita rasa dari tahu batagor yang kamu buat.

2. Gunakan Adonan Baso Ikan yang Pas

Adonan baso ikan yang baik adalah adonan yang tidak terlalu padat dan tidak terlalu kental. Hal ini akan membuat tahu batagor yang kamu buat menjadi lebih lezat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penetas Telur dari Kardus yang Sederhana

3. Jangan Menggoreng Tahu Batagor Terlalu Banyak

Jangan menggoreng tahu batagor terlalu banyak sekaligus karena hal itu dapat membuat minyak yang digunakan terlalu panas dan tahu tak merata matangnya.

4. Gunakan Api Kecil Saat Menggoreng

Gunakan api kecil saat menggoreng supaya tahu tidak cepat gosong. Hal ini akan membuat tahu batagor yang kamu buat menjadi lebih renyah dan matang dengan sempurna.

FAQ

1. Apa itu tahu batagor?

Tahu batagor adalah makanan khas Bandung yang terdiri dari tahu yang diisi dengan adonan baso ikan dan kemudian digoreng hingga matang. Biasanya tahu batagor disajikan dengan saus kacang dan saus pedas.

2. Bagaimana cara membuat tahu batagor sederhana?

Berikut ini adalah cara membuat tahu batagor sederhana:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan.
  2. Aduk baso ikan dengan tepung terigu, bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan merica bubuk hingga tercampur rata.
  3. Iris tahu menjadi beberapa bagian, sehingga bagian atas tahu dapat diisi dengan adonan baso ikan.
  4. Goreng tahu batagor yang sudah diisi dengan adonan baso ikan di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang. Angkat tahu batagor dan tiriskan.
  5. Sajikan tahu batagor dengan saus kacang dan saus pedas.

3. Apa saja tips untuk membuat tahu batagor yang enak dan renyah?

Berikut ini adalah tips untuk membuat tahu batagor yang enak dan renyah:

  • Pilih tahu yang berkualitas.
  • Gunakan adonan baso ikan yang pas.
  • Jangan menggoreng tahu batagor terlalu banyak sekaligus.
  • Gunakan api kecil saat menggoreng.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Tahu Batagor Sederhana