Cara Buat Catalytic Converter Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mendengar tentang catalytic converter? Catalytic converter adalah salah satu komponen penting pada sistem knalpot mobil yang bertugas untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya. Namun, harga dari catalytic converter yang sudah jadi cukup mahal. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat catalytic converter sederhana sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Simak terus ya Sobat Sederhana!

Apa itu Catalytic Converter?

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang cara membuat catalytic converter sederhana, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu catalytic converter. Catalytic converter adalah komponen pada sistem knalpot mobil yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya seperti CO (carbon monoxide), NOx (nitrogen oxide), dan HC (hydrocarbon). Catalytic converter bekerja dengan cara mengubah gas buang yang berbahaya menjadi gas yang lebih aman dan tidak berbahaya melalui reaksi kimia yang terjadi di dalamnya.

Komponen-komponen pada Catalytic Converter

Catalytic converter tidak hanya terdiri dari satu komponen saja, melainkan terdiri dari beberapa komponen. Berikut ini adalah beberapa komponen yang terdapat pada catalytic converter:

Komponen
Fungsi
Substrat
Merupakan media tempat reaksi kimia terjadi
Katalis
Merupakan zat yang membantu mempercepat reaksi kimia
Pelindung
Merupakan lapisan pelindung pada substrat agar tidak terkontaminasi oleh zat-zat lain

Cara Membuat Catalytic Converter Sederhana

Setelah mengetahui apa itu catalytic converter dan komponen-komponennya, kini saatnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat catalytic converter sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat catalytic converter sederhana antara lain adalah:

  • Plat stainless steel
  • Katalis
  • Substrat
  • Pelindung
  • Las
  • Pasir
  • Gergaji besi
  • Penggaris
  • Alat pemotong
  • Alat pengukur
TRENDING 🔥  Cara Membuat Cooler Bag Sederhana

Pastikan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan catalytic converter.

2. Potong Plat Stainless Steel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong plat stainless steel dengan bentuk yang sudah disesuaikan dengan ukuran dari substrat yang akan digunakan. Potong plat stainless steel dengan menggunakan gergaji besi atau alat pemotong yang lain.

3. Desain dan Potong Substrat

Jika plat stainless steel sudah dipotong dengan bentuk yang sesuai, selanjutnya adalah desain dan potong substrat. Substrat yang digunakan dapat berupa keramik atau logam yang berpori. Sesuaikan ukuran substrat dengan plat stainless steel yang sudah dipotong sebelumnya.

4. Tempelkan Substrat pada Plat Stainless Steel

Setelah substrat sudah dipotong dengan ukuran yang sesuai, tempelkan substrat pada plat stainless steel menggunakan bahan perekat. Pastikan substrat sudah benar-benar menempel dengan baik pada plat stainless steel.

5. Potong Pelindung

Langkah selanjutnya adalah memotong pelindung dengan ukuran yang sama dengan plat stainless steel yang sudah dipotong sebelumnya. Potong pelindung menggunakan gergaji besi atau alat pemotong yang lain.

6. Tempelkan Pelindung pada Substrat

Setelah pelindung sudah dipotong dengan ukuran yang sesuai, tempelkan pelindung pada substrat yang sudah ditempelkan pada plat stainless steel. Pastikan pelindung sudah menempel dengan baik dan rapat.

7. Masukkan Katalis

Langkah terakhir adalah memasukkan katalis ke dalam catalytic converter yang sudah dibuat. Masukkan katalis pada bagian tengah dari substrat.

Tips Membuat Catalytic Converter Sederhana

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam membuat catalytic converter sederhana:

  • Gunakan plat stainless steel dengan ketebalan yang cukup agar bisa menahan suhu yang tinggi
  • Pilih substrat yang berkualitas agar proses reaksi kimia berjalan dengan baik
  • Gunakan bahan perekat yang kuat agar substrat dan pelindung bisa menempel dengan baik pada plat stainless steel
  • Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan keselamatan seperti masker dan sarung tangan ketika membuat catalytic converter
TRENDING 🔥  Cara Bikin Makaroni Rebus Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahaya yang ditimbulkan oleh gas buang mobil?

Gas buang mobil mengandung berbagai zat yang berbahaya seperti CO (carbon monoxide), NOx (nitrogen oxide), dan HC (hydrocarbon). Jika terhirup dalam jumlah banyak, zat-zat tersebut dapat menyebabkan keracunan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Apakah catalytic converter wajib dipasang pada mobil?

Ya, catalytic converter wajib dipasang pada mobil karena berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya dan menjaga lingkungan tetap sehat.

3. Apakah catalytic converter bisa dirusak?

Ya, catalytic converter bisa dirusak oleh berbagai faktor seperti penggunaan bahan bakar yang tidak cocok, kerusakan pada mesin mobil, atau adanya bahan-bahan asing yang masuk ke dalam sistem knalpot.

Kesimpulan

Itulah Sobat Sederhana, cara membuat catalytic converter sederhana yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan perlengkapan keselamatan yang memadai agar proses pembuatan catalytic converter bisa berjalan dengan aman dan sukses. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Catalytic Converter Sederhana