Cara Bikin Sablon Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara bikin sablon sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Sablon memang sering digunakan sebagai cara untuk mencetak gambar atau tulisan pada berbagai benda seperti kaos, tote bag, ataupun kanvas. Namun, mungkin kamu masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara membuat sablon yang sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat sablon, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan nantinya. Berikut beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan:

Alat
Bahan
Screen printing frame
Sablon kertas
Spidol permanen
Emulsion remover
Emulsion sensitizer
Emulsion cleaner
Emulsion
Plastik binder/cling wrap
Ink/ cat sablon
Tinta sablon
Squeegee/rakel sablon
Minyak goreng
Heat gun/ dryer
Media yang ingin disablon

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, sekarang kita bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu membuat sablon.

Proses Pembuatan Sablon Sederhana

Berikut langkah-langkah cara bikin sablon sederhana:

1. Membuat Desain Sablon

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat desain sablon yang ingin dicetak pada media yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan software atau aplikasi desain grafis seperti Photoshop atau CorelDRAW untuk membuat desain tersebut.

2. Mencetak Desain Sablon

Setelah desain sablon sudah dibuat, sekarang kamu bisa mencetaknya menggunakan sablon kertas. Kamu bisa mencetak desain tersebut menggunakan printer inkjet atau laser printer.

3. Menyiapkan Screen Printing Frame

Setelah desain sablon sudah dicetak, selanjutnya kamu harus menyiapkan screen printing frame. Screen printing frame adalah bingkai dengan tali atau kawat yang ditarik yang akan digunakan sebagai media untuk menempatkan sablon kertas. Pastikan bingkai tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.

4. Memasang Sablon Kertas Pada Screen Printing Frame

Setelah screen printing frame sudah siap, sekarang kamu bisa memasang sablon kertas pada bingkai tersebut. Pastikan sablon kertas tersebut rata dan tidak ada kusut atau keriput pada permukaannya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Efek Gitar Sederhana

5. Menyiapkan Emulsion Sensitizer

Emulsion sensitizer adalah bahan kimia yang akan digunakan untuk melapisi screen printing frame. Kamu bisa mencampurkan emulsion sensitizer dengan air sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Pastikan campuran tersebut tercampur dengan baik.

6. Melapisi Screen Printing Frame dengan Emulsion Sensitizer

Selanjutnya, kamu bisa melapisi screen printing frame dengan campuran emulsion sensitizer menggunakan squeegee/rakel sablon secara merata. Pastikan tebalnya lapisan emulsion sensitizer sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

7. Menempatkan Sablon Kertas pada Screen Printing Frame

Setelah screen printing frame sudah dilapisi dengan emulsion sensitizer, kamu bisa menempatkan sablon kertas pada frame tersebut. Pastikan permukaan sablon kertas yang akan dicetak menempel rapat pada frame.

8. Membuat Desain pada Screen Printing Frame

Setelah sablon kertas ditempatkan pada screen printing frame, sekarang kamu bisa membuat desain pada frame tersebut dengan menggunakan spidol permanen. Desain ini biasa dikenal dengan sebutan “burning” atau pembakaran. Pastikan desain tersebut dibuat dekat dengan permukaan sablon kertas.

9. Menyiapkan Tempat untuk Drying

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan tempat untuk drying atau pengeringan. Pastikan tempat tersebut bersih dan bebas debu agar hasil sablon nantinya tidak rusak.

10. Menempatkan Screen Printing Frame pada Tempat Drying

Setelah selesai membuat desain pada screen printing frame, sekarang kamu bisa menempatkan frame tersebut pada tempat drying yang sudah disiapkan. Biarkan frame tersebut mengering selama kurang lebih 2 jam.

11. Memasang Cling Wrap pada Screen Printing Frame

Setelah frame tersebut sudah kering, kamu bisa memasang cling wrap/plastik binder pada bagian belakang frame. Hal ini bertujuan untuk melindungi bagian belakang frame agar tidak terkena sinar matahari atau cahaya lampu yang dapat merusak hasil sablon.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Roti Brownies Kukus Sederhana

12. Menempatkan Media yang Ingin Disablon

Selanjutnya, kamu bisa menempatkan media yang ingin disablon pada tempat yang sudah disiapkan. Pastikan media tersebut datar dan tidak bergerak saat proses sablon berlangsung.

13. Menyiapkan Ink/Cat Sablon

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, kamu bisa menyiapkan ink/cat sablon yang akan digunakan untuk mencetak desain pada media. Ink/cat sablon tersedia dalam berbagai macam warna dan bisa dipilih sesuai dengan keinginanmu.

14. Menyiapkan Squeegee/Rakel Sablon

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan squeegee/rakel sablon untuk mengaplikasikan ink/cat sablon pada media yang ingin disablon. Pastikan squeegee/rakel tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.

15. Menempatkan Screen Printing Frame pada Media yang Ingin Disablon

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, sekarang kamu bisa menempatkan screen printing frame pada media yang ingin disablon. Pastikan posisi frame tersebut tepat di atas media dan tidak bergerak saat proses sablon berlangsung.

16. Mengaplikasikan Ink/Cat Sablon pada Screen Printing Frame

Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan ink/cat sablon pada screen printing frame dengan menggunakan squeegee/rakel sablon secara merata. Lakukan aplikasi ink/cat sablon sebanyak dua atau tiga kali untuk hasil yang lebih baik.

17. Mengangkat Screen Printing Frame dari Media

Setelah ink/cat sablon sudah diaplikasikan pada media, kamu harus mengangkat screen printing frame dari media dengan hati-hati agar tidak merusak desain yang sudah dicetak.

18. Menjemur Media yang Sudah Disablon

Setelah proses sablon selesai, kamu bisa menjemur media yang sudah disablon selama kurang lebih 1-2 jam untuk mengeringkan ink/cat sablon yang sudah dicetak.

19. Membersihkan Screen Printing Frame

Setelah proses sablon selesai, jangan lupa untuk membersihkan screen printing frame dengan menggunakan emulsion remover dan emulsion cleaner agar bisa digunakan kembali untuk sablon berikutnya.

TRENDING 🔥  Jelaskan Prinsip 3 Cara Pengolahan Limbah Secara Sederhana

20. Selesai

Itulah beberapa langkah cara bikin sablon sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang harus dilakukan jika sablon tidak keluar sempurna pada media?

Jika sablon tidak keluar sempurna pada media, kamu bisa mencoba mengaplikasikan ink/cat sablon sebanyak dua atau tiga kali untuk hasil yang lebih baik. Kamu juga bisa memeriksa posisi screen printing frame apakah sudah tepat di atas media atau tidak.

2. Apa yang harus dilakukan jika ink/cat sablon sudah kering di atas screen printing frame?

Jika ink/cat sablon sudah kering di atas screen printing frame, kamu bisa mencoba menggunakan heat gun atau dryer untuk mencairkan ink/cat sablon tersebut agar bisa dicetak pada media dengan sempurna.

3. Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki screen printing frame?

Jika tidak memiliki screen printing frame, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan menggunakan tali atau kawat dan bahan lainnya yang bisa kamu temukan di toko alat sablon atau toko kain.

4. Apa yang harus dilakukan jika sablon kertas rusak?

Jika sablon kertas rusak, kamu bisa mencoba mencetak desain pada kertas lain yang masih bagus atau membuat desain kembali dari awal.

5. Apa yang harus dilakukan jika ink/cat sablon tidak mencetak dengan sempurna pada media?

Jika ink/cat sablon tidak mencetak dengan sempurna pada media, kamu bisa mencoba menekan squeegee/rakel sablon lebih kuat saat mengaplikasikan ink/cat sablon pada media. Kamu juga bisa mencoba menggunakan ink/cat sablon yang lebih kental.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Sablon Sederhana untuk Sobat Sederhana