Cara Bikin Rendang Sapi Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Hari ini kita akan membahas salah satu masakan paling populer di Indonesia yaitu rendang sapi. Rendang sapi adalah masakan tradisional Padang yang terkenal dengan rasa yang kaya dan pedas yang membuat siapa pun ketagihan. Namun, membuat rendang sapi bisa menjadi sulit dan memakan waktu. Di artikel ini, kita akan membahas cara bikin rendang sapi sederhana yang mudah diikuti oleh siapa saja.

Bahan-Bahan

Sebelum kita mulai memasak, ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan:

Bahan Utama
Bahan Tambahan
1 kilogram daging sapi
3 lembar daun jeruk
2 liter kelapa parut yang sudah disaring
5 lembar daun salam
10 buah cabai merah
2 batang serai
5 buah cabai rawit
5 butir kemiri
10 siung bawang merah
2 cm jahe, memarkan
5 siung bawang putih
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan garam
1 sendok makan gula merah, serut

Langkah Pertama: Menyiapkan Bahan

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Potong-potong daging sapi menjadi ukuran kecil dan sisihkan. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Haluskan cabai rawit, kemiri, jahe, dan lengkuas. Jangan lupa juga memarkan serai agar aromanya keluar dan daun jeruk serta daun salam.

Langkah Kedua: Membuat Bumbu Rendang

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu rendang. Panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Aduk-aduk hingga bahan-bahan tercampur dan harum.

Langkah Ketiga: Memasak Daging Sapi

Sekarang kita akan memasak daging sapi. Masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan dan aduk hingga daging tercampur dengan bumbu yang sudah dimasak. Tuangkan kelapa parut yang sudah disaring dan aduk kembali hingga rata. Tambahkan garam dan gula merah, lalu aduk kembali hingga merata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Vape Bahan Sederhana

Langkah Keempat: Memasak Rendang Sapi

Setelah semua bahan dicampur, masak rendang sapi selama 2-3 jam dengan api kecil. Pastikan sesekali diaduk-aduk supaya bumbunya meresap sempurna dan tidak gosong di bagian bawah wajan. Jika perlu, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga daging sapi empuk dan bumbu meresap ke dalamnya.

Langkah Kelima: Penyajian Rendang Sapi

Setelah rendang sapi matang, angkat dan tiriskan. Sajikan rendang sapi dengan nasi putih hangat dan pelengkap seperti acar mentimun atau kerupuk. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang sapi sederhana?

Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain daging sapi, kelapa parut yang sudah disaring, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, dan gula merah.

2. Apa rahasia agar rendang sapi mudah diolah?

Untuk membuat rendang sapi sederhana, penting untuk memotong daging sapi menjadi ukuran kecil supaya mudah dimasak. Selain itu, jangan lupa memarkan serai, daun jeruk, dan daun salam untuk mengeluarkan aroma yang khas. Terakhir, masak rendang sapi dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna dan tidak gosong di bagian bawah wajan.

3. Berapa lama rendang sapi harus dimasak?

Rendang sapi harus dimasak selama 2-3 jam dengan api kecil hingga daging sapi empuk dan bumbu meresap ke dalamnya. Jangan lupa sesekali diaduk-aduk supaya bumbunya meresap sempurna dan tidak gosong di bagian bawah wajan.

4. Apa yang bisa dijadikan pelengkap rendang sapi?

Beberapa pelengkap yang cocok untuk rendang sapi adalah nasi putih, acar mentimun, kerupuk, atau sayur lodeh.

5. Bisakah rendang sapi disimpan dalam kulkas?

Ya, rendang sapi bisa disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari jika sudah dimasak. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi.

TRENDING 🔥  Cara Merencanakan Pernikahan Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Rendang Sapi Sederhana