Cara Buat Aplikasi Sederhana Penjualan

Hello Sobat Sederhana! Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat aplikasi penjualan sederhana? Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, dari artikel ini Anda akan mendapatkan langkah-langkah mudah untuk membuat aplikasi penjualan sendiri. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Sebelum memulai membuat aplikasi penjualan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Yang pertama adalah menentukan platform yang akan digunakan. Saat ini ada beberapa platform pembuatan aplikasi, seperti Android, iOS, dan web. Untuk aplikasi penjualan sederhana kita akan menggunakan platform web.

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah pemahaman tentang bahasa pemrograman. Untuk membuat aplikasi penjualan web sederhana, kita akan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jika Anda belum pernah belajar PHP sebelumnya, jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami.

Langkah-langkah Membuat Aplikasi Penjualan

Langkah 1: Persiapan Aplikasi

Langkah pertama adalah mempersiapkan aplikasi yang akan dibuat. Anda dapat menggunakan text editor seperti Sublime Text atau Visual Studio Code untuk menulis kode. Pastikan Anda telah menyiapkan server web lokal, seperti XAMPP atau WAMP.

Langkah 2: Desain Database

Sebelum membuat aplikasi penjualan, kita perlu merancang dan membuat database terlebih dahulu. Berikut adalah tabel yang akan kita buat:

Field
Tipe Data
Keterangan
id
INT
Primary Key, Auto Increment
nama_barang
VARCHAR
Nama barang yang dijual
harga
INT
Harga barang yang dijual
jumlah
INT
Jumlah barang yang dijual

Langkah 3: Membuat Koneksi Database

Setelah tabel dibuat, kita perlu membuat koneksi ke database. Berikut adalah contoh kode untuk membuat koneksi dengan PHP:

<?php$host = "localhost";$username = "root";$password = "";$database = "db_penjualan";$koneksi = mysqli_connect($host, $username, $password, $database);if (!$koneksi) {die("Koneksi gagal: " . mysqli_connect_error());}?>

Langkah 4: Membuat Halaman Tampilan

Selanjutnya, buatlah halaman tampilan untuk aplikasi penjualan. Halaman tampilan terdiri dari beberapa bagian, seperti header, form, dan tabel.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tas Selempang dari Kain Kanvas Sederhana

Langkah 5: Membuat Form Input

Setelah membuat halaman tampilan, buatlah form input untuk memasukkan data barang yang dijual. Form input terdiri dari beberapa field, seperti nama barang, harga, dan jumlah. Berikut adalah contoh kode untuk membuat form input:

<form method="post" action="proses.php"><label for="nama_barang">Nama Barang:</label><input type="text" name="nama_barang" id="nama_barang" required><br><label for="harga">Harga Barang:</label><input type="number" name="harga" id="harga" required><br><label for="jumlah">Jumlah Barang:</label><input type="number" name="jumlah" id="jumlah" required><br><input type="submit" name="submit" value="Tambah Data"></form>

Langkah 6: Memproses Data

Setelah form input dibuat, selanjutnya kita perlu memproses data yang diinputkan oleh pengguna. Berikut adalah contoh kode untuk memproses data:

<?phpinclude "koneksi.php";if (isset($_POST['submit'])) {$nama_barang = $_POST['nama_barang'];$harga = $_POST['harga'];$jumlah = $_POST['jumlah'];$query = "INSERT INTO tabel_barang(nama_barang, harga, jumlah) VALUES ('$nama_barang', '$harga', '$jumlah')";if (mysqli_query($koneksi, $query)) {echo "Data berhasil ditambahkan";} else {echo "Data gagal ditambahkan: " . mysqli_error($koneksi);}mysqli_close($koneksi);}?>

Langkah 7: Menampilkan Data

Setelah data berhasil disimpan ke database, selanjutnya kita perlu menampilkan data yang telah diinputkan. Berikut adalah contoh kode untuk menampilkan data:

<?phpinclude "koneksi.php";$query = "SELECT * FROM tabel_barang";$result = mysqli_query($koneksi, $query);if (mysqli_num_rows($result) > 0) {echo "<table>";echo "<tr><th>ID</th><th>Nama Barang</th><th>Harga</th><th>Jumlah</th></tr>";while ($row = mysqli_fetch_assoc($result)) {echo "<tr><td>". $row['id'] ."</td><td>". $row['nama_barang'] ."</td><td>". $row['harga'] ."</td><td>". $row['jumlah'] ."</td></tr>";}echo "</table>";} else {echo "Tidak ada data";}mysqli_close($koneksi);?>

FAQ

1. Apa itu aplikasi penjualan sederhana?

Aplikasi penjualan sederhana adalah sebuah program atau aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengelola penjualan barang atau jasa.

2. Apa platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi penjualan?

Ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi penjualan, seperti Android, iOS, dan web. Pada artikel ini, kita akan menggunakan platform web.

3. Apa bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi penjualan web sederhana?

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi penjualan web sederhana adalah PHP.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Subwoofer Sederhana

4. Apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat aplikasi penjualan sederhana?

Sebelum membuat aplikasi penjualan sederhana, perlu dipersiapkan platform yang akan digunakan dan pemahaman tentang bahasa pemrograman. Selain itu, juga perlu dipersiapkan server web lokal.

5. Bagaimana cara membuat database untuk aplikasi penjualan sederhana?

Untuk membuat database aplikasi penjualan sederhana, pertama-tama buat tabel dengan field-field yang dibutuhkan, seperti nama barang, harga, dan jumlah. Setelah itu, buatlah koneksi antara aplikasi dengan database tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan langkah-langkah yang mudah dipahami untuk membuat aplikasi penjualan sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat aplikasi penjualan sederhana sendiri dan mengelola penjualan barang atau jasa dengan lebih efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Aplikasi Sederhana Penjualan