Cara Bikin Pizza Rumahan Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka pizza? Sepertinya hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Kini, dengan tutorial sederhana ini, Sobat Sederhana dapat membuat pizza rumahan dengan mudah. Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara bikin pizza rumahan sederhana yang enak dan lezat.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza rumahan sederhana ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
300 gram
Ragi
1 sachet
Gula Pasir
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Air Hangat
150 ml
Topping
Sesuai selera

Tepung Terigu

Untuk membuat adonan pizza, Sobat Sederhana memerlukan tepung terigu sebanyak 300 gram. Tepung terigu ini bisa dibeli di toko-toko bahan makanan atau di supermarket terdekat. Pastikan memilih tepung terigu yang tepat agar pizza yang dihasilkan empuk dan lezat.

Ragi

Ragi merupakan bahan penting dalam pembuatan adonan pizza. Ragi ini berfungsi menambahkan rasa yang unik pada pizza dan membuat adonan menjadi lebih empuk. Sobat Sederhana bisa membeli ragi di toko bahan makanan atau di supermarket terdekat.

Gula Pasir

Gula pasir digunakan dalam adonan untuk memberikan rasa manis yang lembut pada pizza. Gunakan gula pasir secukupnya agar tidak terlalu manis.

Garam

Garam digunakan untuk menyesuaikan rasa pada adonan pizza. Jangan terlalu banyak menggunakan garam karena nanti akan membuat pizza terlalu asin.

Air Hangat

Air hangat digunakan untuk melarutkan ragi dan menggumpalkan adonan. Pastikan air yang digunakan cukup hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Topping

Topping pizza bisa disesuaikan dengan selera. Beberapa topping yang umumnya digunakan antara lain keju, sosis, jamur, paprika, dan daging sapi. Pastikan topping yang digunakan sudah dipotong-potong dan siap digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saung Bambu Sederhana

Cara Membuat Adonan Pizza

Setelah semua bahan terkumpul, Sobat Sederhana dapat mulai membuat adonan untuk pizza rumahan sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat adonan pizza:

Langkah 1: Campurkan Tepung Terigu, Ragi, Gula Pasir, dan Garam

Campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, ragi, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 2: Tambahkan Air Hangat

Tambahkan air hangat secara perlahan-lahan sambal terus diaduk. Pastikan air yang ditambahkan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tujuan dari penambahan air hangat adalah untuk membuat adonan menjadi lembut dan empuk.

Langkah 3: Aduk Adonan Hingga Kalis

Aduk adonan dengan tangan hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Lakukan pengulangan hingga adonan terasa lembut dan elastis.

Langkah 4: Diamkan Adonan Selama 1 Jam

Diamkan adonan selama 1 jam dengan menutupnya menggunakan serbet atau kain. Letakkan adonan di tempat yang hangat dan terhindar dari angin. Setelah 1 jam, adonan akan mengembang dan siap untuk digunakan.

Cara Membuat Pizza Rumahan Sederhana

Setelah adonan siap, Sobat Sederhana dapat mulai membuat pizza rumahan sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pizza rumahan sederhana:

Langkah 1: Siapkan Adonan Pizza

Ambil adonan pizza yang sudah mengembang dan letakkan di atas loyang pizza. Tekan-tekan adonan hingga rata dan tipis.

Langkah 2: Tambahkan Saus Tomat

Tambahkan saus tomat pada adonan pizza yang sudah ditipiskan. Ratakan saus tomat menggunakan sendok atau spatula.

Langkah 3: Tambahkan Topping Sesuai Selera

Tambahkan topping sesuai selera pada adonan pizza. Beri topping dengan rapi agar terlihat lebih menarik. Pastikan topping tidak terlalu tebal agar pizza tidak berat dan sulit matang.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Rumah dan Pohon yang Sederhana

Langkah 4: Panggang Pizza Rumahan Sederhana

Panggang pizza rumahan sederhana di dalam oven selama 15-20 menit dengan suhu 200 derajat Celsius. Pantau pizza selama pemanggangan untuk memastikan pizza matang secara merata.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tepung terigu yang harus digunakan?

Sobat Sederhana bisa menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat pizza yang empuk dan lembut.

2. Apakah ragi wajib digunakan dalam pembuatan pizza?

Ragi berfungsi untuk membuat adonan lebih empuk dan memberikan rasa khas pada pizza. Tapi, jika Sobat Sederhana tidak ingin menggunakan ragi, maka bisa menggunakan baking powder sebagai pengganti.

3. Apakah saus tomat harus digunakan pada pizza?

Saus tomat adalah bahan utama pada pizza, tetapi jika Sobat Sederhana tidak suka dengan saus tomat, bisa menggunakan saus pesto atau saus keju sebagai pengganti.

4. Berapa lama adonan harus diistirahatkan?

Adonan harus diistirahatkan selama 1 jam agar bisa mengembang dan lembut.

5. Apakah pizza bisa disimpan dalam kulkas?

Pizza bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari, tetapi pastikan pizza sudah dingin sebelum disimpan. Untuk menghangatkan pizza, Sobat Sederhana bisa memanaskan di dalam oven atau microwave.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah tutorial cara bikin pizza rumahan sederhana yang enak dan lezat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pizza di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep-resep menarik lainnya di situs kami. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Pizza Rumahan Sederhana

https://youtube.com/watch?v=bFRO5IYbUFs