Cara Membuat Saringan Air Kran Sederhana

Sobat Sederhana, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat saringan air kran sederhana. Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti membutuhkan air bersih untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci piring, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua air yang kita gunakan selalu bersih dan bebas dari kotoran. Oleh karena itu, saringan air kran yang sederhana namun efektif tidak hanya bisa membantu membersihkan air yang digunakan, tetapi juga membantu menghemat pengeluaran biaya air bersih.

1. Membuat Saringan Air Kran dari Bahan Bekas

Sobat Sederhana, jangan terburu-buru membuang barang bekas di rumah Anda seperti botol plastik atau kain perca. Barang-barang tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membuat saringan air kran yang sederhana, seperti berikut ini:

Bahan
Cara Membuat
Botol plastik bekas
  1. Potong bagian bawah botol
  2. Lepaskan tutup botol
  3. Isi botol dengan kapas atau spon
  4. Pasang kembali tutup botol
  5. Saringan air kran siap digunakan
Kain perca bekas
  1. Potong kain perca menjadi ukuran yang sesuai dengan saringan air kran
  2. Lipat kain perca beberapa kali sesuai dengan ketebalan yang diinginkan
  3. Tempelkan kain perca pada ujung keran, kemudian kencangkan dengan karet gelang
  4. Saringan air kran siap digunakan

Dua bahan bekas tersebut merupakan pilihan yang mudah dan murah untuk membuat saringan air kran sederhana. Namun, bahan bekas lain seperti paralon bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat saringan air kran yang lebih efektif.

2. Membuat Saringan Air Kran dari Paralon Bekas

Sobat Sederhana, selain menggunakan bahan bekas yang mudah didapat, kita juga bisa membuat saringan air kran sederhana dari paralon bekas. Berikut ini cara membuatnya:

TRENDING 🔥  Script Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML5
Bahan
Cara Membuat
Paralon bekas
  1. Potong paralon menjadi panjang sekitar 20 cm
  2. Potong paralon menjadi dua bagian secara vertikal
  3. Buka salah satu bagian paralon, kemudian bersihkan dari kotoran
  4. Rekatkan kain saring pada bagian dalam paralon yang sudah dibuka
  5. Rekatkan kembali bagian paralon yang sudah dibuka sebelumnya
  6. Saringan air kran siap digunakan

Saringan air kran dari paralon bekas ini lebih efektif dalam menyaring kotoran dan benda-benda kecil dari air, sehingga air yang digunakan menjadi lebih bersih.

3. FAQ

Apakah saringan air kran sederhana bisa digunakan untuk semua jenis keran air?

Tidak semua jenis keran air cocok untuk digunakan dengan saringan air kran sederhana. Pilihlah keran air dengan bentuk yang sederhana dan tidak terlalu besar, sehingga saringan air bisa dipasang dengan stabil dan efektif.

Seberapa sering saringan air kran harus diganti?

Saringan air kran sederhana sebaiknya diganti setiap 2-3 minggu sekali, terutama jika air yang digunakan memiliki kotoran yang cukup banyak. Jika saringan air sudah terlihat kotor atau bau, segera ganti dengan saringan yang baru.

Apakah saringan air kran sederhana bisa digunakan untuk menghilangkan kandungan logam berat dalam air?

Tidak, saringan air kran sederhana hanya berfungsi untuk menyaring kotoran dan benda-benda kecil dari air. Untuk menghilangkan kandungan logam berat dalam air, diperlukan teknologi yang lebih canggih seperti reverse osmosis atau penjernih air alami.

4. Kesimpulan

Sobat Sederhana, membuat saringan air kran sederhana sangat mudah dilakukan dengan bahan yang sederhana dan proses yang tidak rumit. Dengan saringan air kran sederhana, air yang digunakan menjadi lebih bersih dan hemat biaya. Jangan lupa untuk melakukan penggantian saringan secara berkala agar hasilnya lebih maksimal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Jelaskan Bagaimana Cara Pencatatan Keuangan Sederhana

Cara Membuat Saringan Air Kran Sederhana