Cara Bikin Perangkap Tupai Sederhana Menggunakan Botol

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu sering mengalami masalah dengan tupai yang suka mampir di rumah atau tamanmu? Jika kamu ingin membasmi atau menangkap tupai secara alami, kamu bisa membuat perangkap tupai sederhana menggunakan botol bekas yang bisa kamu temukan di sekitarmu. Simak tutorial berikut untuk cara membuatnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat perangkap tupai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Botol bekas ukuran 1 liter
Gunting
Kawat atau benang
Stik kayu
Ranting kecil
Biji kacang tanah atau kacang hijau
Alat pemotong
Tali rafia
Paku atau peniti

Langkah-Langkah Membuat Perangkap Tupai

Setelah menyiapkan bahan-bahan diatas, langkah-langkah membuat perangkap tupai sederhana menggunakan botol adalah sebagai berikut:

1. Potong Botol Bekas Menjadi 3 Bagian

Gunakan gunting atau alat pemotong untuk memotong botol bekas menjadi 3 bagian, yaitu bagian atas, bagian tengah, dan bagian bawah. Potong bagian atas dan bagian tengah dengan ukuran yang sama, sedangkan bagian bawah lebih panjang dan digunakan sebagai tempat makanan atau umpan.

2. Buat Lubang-Lubang di Bagian Atas Botol

Buat lubang-lubang seukuran stik kayu pada bagian atas botol. Lubang-lubang ini nantinya akan digunakan sebagai jalan masuk dan jalan keluar tupai.

3. Buat Jembatan Menuju Bagian Tengah Botol

Gunakan ranting kecil untuk membuat jembatan atau tangga menuju bagian tengah botol. Pasang ranting tersebut pada bagian atas botol dan bagian tengah botol. Ranting ini dapat digunakan sebagai jalur yang ditempuh oleh tupai menuju ke umpan.

4. Siapkan Umpan atau Makanan

Siapkan biji kacang tanah atau kacang hijau sebagai umpan atau makanan bagi tupai. Letakkan umpan ini pada bagian bawah botol yang berfungsi sebagai tempat makanan atau umpan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Filter Air Tanpa Listrik Sederhana

5. Pasang Kawat atau Benang Sebagai Penahan Bagian Atas Botol

Pasang kawat atau benang pada bagian atas botol (yang berlubang) dan pada bagian tengah botol. Kawat atau benang ini akan digunakan sebagai penahan agar bagian atas botol tidak terlepas dari bagian tengah botol ketika dijebak oleh tupai.

6. Pasang Penahan pada Bagian Tengah Botol

Pasang paku atau peniti pada bagian tengah botol. Peniti ini berfungsi sebagai penahan kawat atau benang pada bagian atas botol.

7. Pasang Tali Rafia Sebagai Pegangan

Pasang tali rafia pada bagian atas botol sebagai pegangan. Pegangan ini nantinya akan digunakan untuk membuka perangkap ketika tupai sudah tertangkap.

Cara Menggunakan Perangkap Tupai

Setelah selesai membuat perangkat tupai, langkah selanjutnya adalah memasangnya di tempat yang strategis. Tempatkan perangkap ini di tempat yang sering dilewati oleh tupai atau di tempat yang dekat dengan tempat tinggal tupai.

Letakkan umpan pada tempat makanan atau umpan yang ada di dalam perangkap. Ketika tupai masuk ke dalam perangkap, bagian atas botol akan melepaskan dari bagian tengah botol dan tupai akan terjebak di dalamnya.

Untuk membuka perangkap, tarik tali rafia yang terpasang sebagai pegangan dan lepaskan tupai di tempat yang jauh dari rumahmu. Jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan perangkap secara berkala agar tetap dapat digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menangkap tupai?

Waktu yang dibutuhkan untuk menangkap tupai tidak dapat dipastikan. Hal ini tergantung pada seberapa sering tupai melintas di area yang dipasang perangkap dan seberapa cepat tupai tertarik dengan umpan yang sudah disediakan.

2. Apakah perangkap tupai aman digunakan?

Perangkap tupai yang dibuat dengan benar dan digunakan dengan bijak adalah aman untuk digunakan. Tetapi, pastikan untuk melepaskan tupai yang tertangkap di tempat yang jauh dari lingkunganmu dan tempat tinggal tupai agar tidak mengganggu aktivitas mereka.

TRENDING 🔥  Cara Praktikum Sederhana Pencemar Lingkungan Menggunakan Kunyit

3. Bisakah perangkap tupai digunakan untuk hewan lain?

Perangkap tupai ini dirancang khusus untuk menangkap tupai. Tidak disarankan menggunakan perangkap ini untuk menangkap hewan lain karena dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian pada hewan yang tertangkap.

4. Apakah perangkap tupai ramah lingkungan?

Perangkap tupai yang dibuat menggunakan bahan-bahan bekas merupakan salah satu alternatif ramah lingkungan untuk menangkap tupai. Namun, pastikan untuk tidak membuang perangkap yang sudah rusak atau tidak digunakan dengan sembarangan agar tidak mencemari lingkungan.

5. Apakah perangkap tupai dapat digunakan di semua daerah?

Penanganan tupai atau hewan lain yang dianggap sebagai hama dapat berbeda-beda di setiap daerah. Pastikan untuk memeriksa peraturan atau aturan yang berlaku di daerahmu sebelum menggunakan perangkap ini.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Perangkap Tupai Sederhana Menggunakan Botol

https://youtube.com/watch?v=0nALADwGGJQ