Cara Bikin Game Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu senang bermain game? Gimana kalau kita coba membuat game sederhana sendiri? Tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu menjadi programmer yang piawai untuk membuat game. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara bikin game sederhana untuk kamu yang masih pemula. Yuk, kita mulai!

Persiapan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai langkah-langkah cara bikin game sederhana, ada beberapa persiapan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu:

  1. PC atau laptop
  2. Software pembuat game seperti Construct 2 atau Stencyl
  3. Koneksi internet untuk mencari sumber dan referensi

Setelah kamu menyiapkan alat-alat tersebut, kita bisa langsung ke langkah-langkah selanjutnya.

Membuat Konsep Game

Sebelum kita mulai membuat game, ada baiknya kita membuat konsep game terlebih dahulu. Konsep game adalah ide dasar dari game yang akan kita buat. Di dalam konsep ini kita menentukan genre game, cerita, karakter, dan gameplay yang akan kita gunakan. Untuk membuat konsep game kamu bisa mencari inspirasi dari game yang sudah ada atau membuat konsep game dari nol.

Sebagai contoh, misalnya kita ingin membuat game puzzle sederhana dengan karakter kucing sebagai tokoh utama. Kucing harus menyelesaikan teka-teki untuk bisa naik ke level berikutnya. Gameplay yang digunakan adalah dengan menyusun gambar dari potongan-potongan yang telah disediakan.

Membuat Asset Game

Asset game adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat game seperti karakter, latar, musik, dan suara. Jika kamu tidak bisa membuat karakter maupun latar sendiri, maka kamu bisa mencari bantuan dari internet. Dalam mencari asset game, pastikan kamu menggunakan asset yang bebas hak cipta atau kamu membuatnya sendiri.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Udang yang Enak dan Sederhana

Ada banyak situs yang menyediakan asset game gratis seperti opengameart.org dan freepik.com. Kamu bisa mencari asset latar atau karakter yang sesuai dengan konsep game yang kamu buat.

Membuat Level dan Kontrol Game

Setelah kita menentukan konsep game dan memiliki asset game, saatnya kita mulai membuat game sederhana. Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah membuat level dan kontrol game.

Level game adalah bagian dari game yang berisi tantangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh pemain. Dalam membuat level game ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Level game harus memiliki kesulitan yang bertahap
  • Level game harus sesuai dengan konsep game
  • Level game harus menarik dan tidak membosankan

Setelah level game terbuat, langkah selanjutnya adalah membuat kontrol game. Kontrol game adalah cara berinteraksi pemain dengan game. Dalam membuat kontrol game, pastikan kontrolnya mudah digunakan dan mudah dimengerti.

Membuat Game Over dan Game Win

Saat kita membuat game, pastikan kita tidak lupa membuat game over dan game win. Game over adalah saat pemain kalah dalam bermain dan harus mengulang level dari awal. Sedangkan, game win adalah saat pemain berhasil menyelesaikan level dan bisa melanjutkan ke level berikutnya.

Dalam membuat game over dan game win, pastikan kamu membuat efek suara dan animasi yang menarik. Hal ini akan membuat pemain semakin betah bermain game yang kamu buat.

Menguji Game

Setelah semua tahap pembuatan game selesai, saatnya kita menguji game yang sudah kita buat. Mintalah teman atau keluarga untuk mencoba game yang kamu buat. Hal ini akan membantu kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari game yang kamu buat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Insert Update Delete Search

Memperbaiki Game

Setelah menguji game, kamu akan menemukan kekurangan atau bugs pada game yang kamu buat. Kamu perlu memperbaiki semua kekurangan dan bugs pada game yang kamu buat agar game kamu bisa berjalan dengan baik.

Dalam memperbaiki game, pastikan kamu melakukan pengujian secara intensif. Jangan lupa, setiap perbaikan yang dilakukan kamu harus mencatatnya agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama di lain waktu.

Menambahkan Fitur Baru

Setelah kamu melakukan perbaikan pada game, kamu bisa menambahkan fitur baru yang akan membuat gamemu semakin menarik dan tidak membosankan. Fitur baru yang kamu tambahkan harus sesuai dengan konsep game yang kamu buat dan harus menarik minat pemain.

Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan fitur leaderboard atau fitur multiplayer agar pemain bisa bermain dengan orang lain yang ada di seluruh dunia.

Memasarkan Game

Setelah game kamu selesai dibuat dan diperbaiki, saatnya kamu memasarkan game yang kamu buat. Kamu bisa memasarkan game yang kamu buat melalui beberapa platform seperti Google Play Store, Apple Store, atau Steam.

Pastikan kamu memberikan deskripsi game yang jelas dan menarik agar orang tertarik untuk memainkan game yang kamu buat.

Melacak Kinerja Game

Setelah game kamu terbit, pastikan kamu melacak kinerja game yang kamu buat. Hal ini akan membantu kamu mengetahui seberapa banyak orang yang memainkan game kamu dan seberapa baik kinerja game kamu di pasaran.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Analytics untuk melacak kinerja game yang kamu buat.

Mempromosikan Game

Selain memasarkan game, pastikan kamu juga mempromosikan game kamu agar semakin banyak orang yang tahu dan tertarik memainkan game yang kamu buat. Kamu bisa mempromosikan game kamu melalui media sosial atau platform game lainnya

TRENDING 🔥  Cara Buat Pengaduk Semen Sederhana

Sebagai contoh, kamu bisa membuat akun Facebook atau Twitter khusus untuk mempromosikan game yang kamu buat. Kamu juga bisa mengirimkan game yang kamu buat ke reviewer game agar game kamu bisa terkenal lebih cepat.

Menjaga dan Memperbarui Game

Setelah kamu berhasil membuat dan memasarkan game yang kamu buat, pastikan kamu juga menjaga dan memperbarui game kamu. Hal ini akan membuat pemain semakin betah bermain game yang kamu buat.

Dalam menjaga dan memperbarui game, kamu bisa melakukan update pada game yang kamu buat. Kamu juga bisa menambahkan fitur baru atau menyelesaikan bug pada game yang kamu buat.

FAQ Cara Bikin Game Sederhana

Pertanyaan
Jawaban
Apakah saya harus mempunyai kemampuan pemrograman untuk membuat game?
Tidak perlu. Kamu bisa menggunakan software pembuat game untuk membuat game tanpa harus mempunyai kemampuan pemrograman.
Apakah membuat game sederhana membutuhkan biaya?
Tidak perlu. Kamu bisa mencari asset game gratis atau menggunakan software pembuat game yang gratis.
Apakah saya bisa menghasilkan uang dari game sederhana yang saya buat?
Bisa. Jika kamu memasarkan dan menjual game yang kamu buat, maka kamu bisa menghasilkan uang dari game tersebut.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Game Sederhana untuk Sobat Sederhana