Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana di Magic Com

Selamat datang, Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nasi liwet yang sederhana dan praktis di magic com. Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu rempah yang nikmat. Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar, tahu, tempe, dan sambal. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai memasak, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Nasi 2 gelas
Air 3 gelas
Santan kental 1/2 liter
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe 1 ruas jari
Lengkuas 1 ruas jari
Daun salam 3 lembar
Daun pandan 2 lembar
Garam secukupnya
Minyak goreng 2 sendok makan

Langkah-Langkah

1. Membuat Bumbu Halus

Langkah pertama adalah membuat bumbu halus. Sobat Sederhana bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air jika diperlukan saat menghaluskan bumbu agar lebih mudah.

2. Menanak Nasi

Selanjutnya, cuci bersih beras dan tiriskan. Masukan beras ke dalam magic com. Tambahkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak karena nanti nasi akan terlalu lembek. Kemudian tambahkan bumbu halus, daun salam, dan daun pandan. Aduk rata.

3. Menanak Santan

Sementara itu, panaskan santan kental di dalam panci. Tambahkan garam secukupnya dan aduk rata. Jangan sampai santan pecah ya, Sobat Sederhana.

4. Mencampur Nasi dan Santan

Saat nasi hampir matang, masukan santan ke dalam magic com. Aduk rata nasi dan santan. Tutup magic com dan biarkan nasi matang hingga empuk dan wangi.

5. Menyajikan Nasi Liwet

Nasi liwet siap disajikan, Sobat Sederhana! Tambahkan lauk pauk sesuai selera, seperti ayam goreng, telur dadar, tahu, tempe, dan sambal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Vacuum Cleaner Sederhana Kelas Fisika

FAQ

1. Apa bedanya nasi liwet dengan nasi biasa?

Nasi liwet memiliki rasa yang lebih gurih karena dimasak dengan santan dan bumbu rempah yang beragam. Nasi liwet juga biasanya disajikan dengan lauk pauk sehingga lebih enak dinikmati sebagai hidangan utama.

2. Apakah nasi liwet sulit untuk dimasak?

Tidak sulit, kok, Sobat Sederhana. Dengan resep yang sederhana seperti ini, Sobat Sederhana bisa dengan mudah membuat nasi liwet di rumah.

3. Apakah saya bisa menggunakan rice cooker untuk membuat nasi liwet?

Bisa, tetapi hasilnya mungkin tidak sama seperti menggunakan magic com. Magic com dapat membuat nasi lebih empuk dan wangi karena memasak dengan suhu dan waktu yang tepat.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Nasi Liwet Sederhana di Magic Com