20 Fakta Menarik Tentang Arema FC : seputarbola.id

Halo semua, kali ini kita akan membahas tentang klub sepak bola terkenal di Indonesia, yaitu Arema FC. Klub ini merupakan salah satu klub terbaik di Indonesia dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Berikut adalah 20 fakta menarik tentang Arema FC yang perlu kamu ketahui.

1. Sejarah Pendirian Arema FC

Arema FC didirikan pada tahun 1987 oleh sekelompok pemuda yang bernama Arek Malang. Klub ini bermula dari sebuah klub amatir bernama Arema yang berbasis di Kota Malang, Jawa Timur. Arema FC pertama kali bergabung dalam kompetisi Liga Indonesia pada tahun 1994.

Setelah berbagai perubahan nama, akhirnya klub ini resmi menggunakan nama Arema FC pada tahun 2010. Nama Arema sendiri merupakan singkatan dari Arem-Arem, makanan khas Malang yang terbuat dari ketan dan kelapa.

Arema FC memiliki warna kebanggaan yang unik yaitu oranye dan biru, warna yang melambangkan semangat juang serta keberanian.

2. Prestasi Arema FC di Kompetisi Liga Indonesia

Arema FC telah mengikuti kompetisi Liga Indonesia sejak tahun 1994. Klub ini memiliki prestasi yang sangat membanggakan, di antaranya:

No.
Prestasi
1.
Juara Liga Indonesia: 2009/2010, 2013
2.
Juara Piala Indonesia: 2005, 2014
3.
Juara Community Shield: 2009, 2010, 2014

Selain itu, Arema FC juga pernah menjadi runner-up Liga Indonesia sebanyak 4 kali, yaitu pada tahun 2004, 2006, 2010/2011, dan 2014. Klub ini juga pernah menjadi runner-up Piala Indonesia pada tahun 2007 dan 2010.

3. Arema FC dan Persaingan dengan Klub Rival

Setiap klub sepak bola pasti memiliki rivalitas dengan klub lainnya. Bagaimana dengan Arema FC? Klub ini memiliki rivalitas yang sangat kuat dengan klub Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Perseteruan antara Arema FC dan Persib Bandung bahkan sudah terjadi sejak tahun 1995. Sementara rivalitas Arema FC dan Persebaya Surabaya berkobar setelah keduanya bertemu di final Liga Indonesia tahun 2004.

Rivalitas antara klub-klub ini sering kali berujung pada kerusuhan antar pendukung dan harus diwaspadai oleh pihak keamanan.

4. Kebiasaan Unik Suporter Arema FC

Para suporter Arema FC memiliki kebiasaan unik yaitu mengenakan kerudung oranye atau biru saat menonton pertandingan. Kebiasaan ini dimulai sejak tahun 2004 dan sekarang menjadi ciri khas suporter Arema FC.

TRENDING 🔥  GB Whatsapp: Aplikasi Chatting Hanya Terlihat di Device Tertentu : Florespos

Selain itu, para suporter Arema FC juga dikenal dengan julukan Aremania. Para Aremania selalu memadati tribun stadion dengan yel-yel dan sorakan untuk mendukung tim kesayangan mereka.

5. Legenda-Legenda Arema FC

Arema FC memiliki banyak legenda yang pernah memperkuat klub ini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bambang Pamungkas: Pemain sepak bola legendaris Indonesia ini pernah bergabung dengan Arema FC pada tahun 2014.
  • Syamsul Chaerudin: Pemain asal Malang ini menjadi salah satu pemain terbaik Arema FC sepanjang masa. Ia memperkuat klub ini sejak tahun 1997 hingga 2009.
  • Cristian Gonzales: Pemain asal Uruguay ini pernah menjadi top skor Liga Indonesia saat memperkuat Arema FC pada musim 2007/2008.

6. Arema FC dan Pembinaan Pemain Muda

Arema FC juga memiliki program pembinaan pemain muda yang cukup sukses. Beberapa pemain muda yang berhasil naik ke tim senior adalah:

  • Sunarto: Pemain asal Malang ini berhasil naik ke tim senior pada tahun 2015 dan menjadi andalan di lini pertahanan.
  • Bagus Kahfi: Pemain muda yang berasal dari Sidoarjo ini berhasil naik ke tim senior pada tahun 2019 dan langsung menjadi bintang baru Arema FC.
  • Hendro Siswanto: Pemain muda yang berasal dari Kota Batu ini berhasil naik ke tim senior pada tahun 2017 dan menjadi andalan di lini tengah.

7. Arema FC dan Keterlibatan di Kompetisi Asia

Arema FC pernah berpartisipasi di kompetisi Asia yaitu Liga Champions Asia pada tahun 2010. Namun, Arema FC hanya mampu mencatatkan 1 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 4 kekalahan dari 6 pertandingan yang dimainkan.

8. Arema FC dan Kemitraan dengan Klub Luar Negeri

Arema FC pernah menjalin kemitraan dengan klub luar negeri yaitu klub Jepang, Ventforet Kofu pada tahun 2015. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Indonesia serta memperkenalkan Arema FC dan Ventforet Kofu di pasar masing-masing.

9. Arema FC dan Kontribusi di Timnas Indonesia

Banyak pemain Arema FC yang pernah menjadi andalan timnas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bambang Pamungkas: Pemain ini pernah menjadi kapten timnas Indonesia dan mencetak banyak gol penting untuk timnas.
  • Kurniawan Dwi Yulianto: Pemain ini pernah menjadi andalan timnas Indonesia di era tahun 90-an.
  • Nasrul Koto: Pemain ini juga pernah menjadi andalan timnas Indonesia dan membawa Indonesia lolos ke Piala Asia pada tahun 2004.
TRENDING 🔥  Bengkel Ban Mobil Terdekat dan Terbersih di Daerah : wartaoto.com

10. Arema FC dan Kepemilikan Klub

Arema FC saat ini dimiliki oleh PT Liga Indonesia Baru. Sebelumnya, klub ini dimiliki oleh PT Arema Indonesia yang didirikan oleh Nurdin Halid pada tahun 1987. Namun, PT Arema Indonesia mengalami kebangkrutan pada tahun 2017 sehingga kepemilikan klub beralih ke PT Liga Indonesia Baru.

11. Arema FC dan Nama-Nama Panggilan Pemain

Setiap pemain Arema FC memiliki nama panggilan yang unik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Ridwan Tawainella: Di panggil “Kodok” karena postur tubuhnya yang pendek.
  • Syahrizal: Di panggil “Coboy” karena penampilannya yang mirip dengan artis sinetron Indonesia, Rizky Nazar.
  • Bagus Kahfi: Di panggil “Kepiting” karena suka mengenakan kaos dengan gambar kepiting.

12. Arema FC dan Sponsor Utama

Sponsor utama Arema FC saat ini adalah Indofood. Sebelumnya, Arema FC pernah menjalin kerjasama dengan beberapa sponsor utama seperti Bank Jatim, Bentoel, dan Astra International.

13. Arema FC dan Stadion Kandang

Arema FC memiliki stadion kandang yang bernama Stadion Kanjuruhan. Stadion ini berlokasi di Kota Malang dan memiliki kapasitas 35.000 penonton. Selain Stadion Kanjuruhan, Arema FC juga pernah menggunakan Stadion Gajayana sebagai stadion kandang pada beberapa pertandingan penting.

14. Arema FC dan Kepelatihan

Arema FC saat ini dilatih oleh seorang pelatih asal Brasil yaitu Mario Gomez. Mario Gomez pernah membawa Arema FC menjadi juara Liga Indonesia pada tahun 2013. Selain itu, Arema FC juga pernah dilatih oleh beberapa pelatih asal Indonesia seperti Benny Dollo dan Milomir Seslija.

15. Arema FC dan Pemain Asing

Arema FC sering kali merekrut pemain asing untuk memperkuat timnya. Beberapa pemain asing yang pernah memperkuat Arema FC adalah:

  • Cristian Gonzales: Pemain asal Uruguay ini pernah menjadi top skor Liga Indonesia saat memperkuat Arema FC pada musim 2007/2008.
  • Fabiano Beltrame: Pemain asal Brasil ini pernah memperkuat Arema FC pada musim 2016 dan berhasil membawa klub ini meraih kemenangan di berbagai pertandingan penting.
  • Arthur Cunha: Pemain asal Brasil ini juga pernah memperkuat Arema FC pada musim 2018 dan berhasil mencetak banyak gol penting untuk klub ini.
TRENDING 🔥  Tiktok 18 Mod Apk: Biar Video Kamu Makin Keren dan Kece : Sultranesia

16. Arema FC dan Sponsor Jersey

Arema FC saat ini menggunakan jersey yang disponsori oleh Cap Gajah. Sebelumnya, klub ini pernah menggunakan jersey yang disponsori oleh beberapa merek seperti Lotto, Mitre, dan Specs.

17. Arema FC dan Kehadiran Pendukung di Stadion

Arema FC mempunyai basis pendukung yang sangat fanatik dan selalu setia mendukung klub ini di setiap pertandingan. Hal ini terbukti dari tingginya jumlah penonton yang selalu memadati Stadion Kanjuruhan setiap kali Arema FC bermain di kandang.

Selain itu, Aremania juga sering kali mengikuti Arema FC ke luar kota untuk mendukung klub ini di setiap pertandingan penting.

18. Arema FC dan Jersey Away

Arema FC memiliki jersey away yang berwarna putih dengan aksen oranye dan biru. Jersey ini dirancang oleh produsen jersey lokal yaitu Specs.

19. Arema FC dan Lagu Kebangsaan

Arema FC memiliki lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh para suporter Arema FC. Lagu ini berjudul “Salam Satu Jiwa” dan menjadi semacam lagu kebangsaan bagi Arema FC.

20. FAQ Tentang Arema FC

1. Apakah Arema FC pernah juara Liga Indonesia?

Ya, Arema FC pernah menjadi juara Liga Indonesia sebanyak 2 kali yaitu pada musim 2009/2010 dan 2013.

2. Siapa pelatih Arema FC saat ini?

Pelatih Arema FC saat ini adalah Mario Gomez, seorang pelatih asal Brasil.

3. Siapa pemain terbaik Arema FC sepanjang masa?

Ada banyak pemain terbaik Arema FC sepanjang masa, namun Syamsul Chaerudin menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah memperkuat klub ini.

4. Apa keunggulan Arema FC dari klub lainnya?

Arema FC memiliki keunggulan dalam hal keberanian dan semangat juang yang tinggi. Selain itu, klub ini juga memiliki basis pendukung yang sangat fanatik dan selalu setia mendukung klub ini di setiap pertandingan.

5. Siapa rival Arema FC?

Arema FC memiliki rivalitas yang sangat kuat dengan klub Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Sumber :