Cara Membuat Aplikasi Penghitungan Sederhana dengan PHP

Hello Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi penghitungan sederhana dengan PHP. PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang sering digunakan untuk membuat website dinamis. Salah satu tugas yang sering dilakukan dalam membuat website adalah membuat aplikasi penghitungan sederhana. Misalnya, menghitung jumlah barang atau menghitung harga total belanjaan. Selamat membaca!

Apa itu Aplikasi Penghitungan Sederhana?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas dulu apa itu aplikasi penghitungan sederhana. Aplikasi penghitungan sederhana adalah program yang dibuat untuk melakukan perhitungan sederhana. Contohnya, menghitung jumlah barang, menghitung total belanjaan, atau menghitung nilai rata-rata. Aplikasi ini biasanya dibuat untuk mempermudah pekerjaan. Sederhana bukan?

Kapan Aplikasi Penghitungan Sederhana Digunakan?

Aplikasi penghitungan sederhana digunakan ketika kita ingin melakukan perhitungan sederhana. Contohnya, ketika kita ingin menghitung jumlah barang yang dibeli, atau ketika kita ingin menghitung total harga belanjaan. Aplikasi ini juga sering digunakan di toko online untuk menghitung total harga produk yang dibeli oleh pelanggan. Dengan aplikasi penghitungan sederhana, kita dapat mempercepat pekerjaan kita dan menghindari kesalahan perhitungan.

Persiapan sebelum Membuat Aplikasi Penghitungan Sederhana

Sebelum kita mulai membuat aplikasi penghitungan sederhana dengan PHP, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut adalah persiapannya:

1. Install XAMPP

XAMPP adalah paket software yang berisi Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP dibutuhkan untuk menjalankan PHP di komputer kita. Untuk menginstall XAMPP, kita dapat mengunduhnya dari website resminya dan mengikuti petunjuk installasinya. Setelah berhasil diinstall, kita dapat menjalankan Apache dan MySQL melalui panel control XAMPP.

2. Menggunakan Text Editor

Menggunakan text editor sangatlah penting dalam membuat aplikasi penghitungan sederhana. Dalam text editor, kita dapat menulis kode program PHP dan menyimpannya dalam format .php. Beberapa text editor yang dapat digunakan adalah Visual Studio Code, Sublime Text, atau Notepad++. Pilihlah text editor yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

TRENDING 🔥  Caption Ig Bahasa Inggris : Visitpare.Com

3. Menggunakan Browser

Kita juga memerlukan browser untuk menjalankan aplikasi penghitungan sederhana yang telah kita buat. Beberapa browser yang dapat digunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge. Pastikan browser yang Anda gunakan mendukung PHP.

Membuat Aplikasi Penghitungan Sederhana dengan PHP

Setelah kita melakukan persiapan, saatnya kita mulai membuat aplikasi penghitungan sederhana dengan PHP. Untuk membuat aplikasi ini, Anda memerlukan pengetahuan dasar tentang sintaks PHP.

1. Membuat Formulir

Langkah pertama dalam membuat aplikasi penghitungan sederhana adalah dengan membuat formulir. Formulir digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk melakukan perhitungan. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat formulir :

Input
Description
Nilai 1 :
Nilai 2 :
Operator :

2. Menerima Inputan dari Formulir

Setelah membuat formulir, kita perlu menerima inputan dari formulir. Kita menggunakan metode POST untuk mengirimkan data formulir ke file PHP. Berikut adalah contoh kode PHP untuk menerima inputan dari formulir :

3. Melakukan Perhitungan

Setelah menerima inputan dari formulir, kita dapat melakukan perhitungan. Kita menggunakan operator switch case untuk melakukan perhitungan berdasarkan operator yang dipilih oleh pengguna. Berikut adalah contoh kode PHP untuk melakukan perhitungan :

4. Menampilkan Hasil Perhitungan

Setelah melakukan perhitungan, kita perlu menampilkan hasil perhitungan kepada pengguna. Berikut adalah contoh kode PHP untuk menampilkan hasil perhitungan :

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan PHP?

PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang sering digunakan untuk membuat website dinamis. PHP dapat berinteraksi dengan database dan menghasilkan output HTML.

2. Apa itu aplikasi penghitungan sederhana?

Aplikasi penghitungan sederhana adalah program yang dibuat untuk melakukan perhitungan sederhana. Contohnya, menghitung jumlah barang, menghitung total belanjaan, atau menghitung nilai rata-rata.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghubungi DHL Call Center : IndonesiaX

3. Apakah PHP sulit dipelajari?

PHP sangatlah mudah dipelajari, terutama untuk pemula. Ada banyak tutorial dan sumber belajar yang tersedia di internet tentang PHP.

4. Apa kegunaan XAMPP?

XAMPP adalah paket software yang berisi Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP dibutuhkan untuk menjalankan PHP di komputer kita.

5. Apa saja browser yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi penghitungan sederhana?

Beberapa browser yang dapat digunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge. Pastikan browser yang Anda gunakan mendukung PHP.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara membuat aplikasi penghitungan sederhana dengan PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat aplikasi penghitungan sederhana dan mempermudah pekerjaan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Aplikasi Penghitungan Sederhana dengan PHP

https://youtube.com/watch?v=v0fM7X4RMy0