Zakat Fitrah untuk Golongan Tertentu : donasi.id

 

Halo semuanya! Selamat datang di artikel jurnal ini yang akan membahas tentang “Zakat Fitrah untuk Golongan Tertentu”. Zakat Fitrah merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang harus dikeluarkan saat menjelang Idul Fitri sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu zakat fitrah dan siapa saja golongan tertentu yang berhak menerimanya.

Apa Itu Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang telah mencapai usia baligh, berakal, dan memiliki harta yang mencukupi. Zakat ini dikeluarkan sebagai bentuk kebersamaan dan memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang beruntung untuk merasakan kebahagiaan Idul Fitri.

Menurut hukum fiqih Islam, zakat fitrah harus dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok atau nilai uang yang setara dengan makanan pokok. Besaran zakat fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang umum dikonsumsi di daerah masing-masing.

Zakat fitrah memiliki peran penting dalam memperbaiki maslahat sosial dan ekonomi umat Muslim. Selain itu, zakat fitrah juga menjadi salah satu bentuk amal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap Muslim di bulan Ramadan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 20 golongan tertentu yang berhak menerima zakat fitrah:

Golongan Tertentu yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

No
Golongan Tertentu
1
Fakir
2
Miskin
3
Orang yang berhutang
4
Orang yang terikat dalam perjalanan
5
Mu’allaf
6
Budak yang ingin memerdekakan diri
7
Orang yang terlibat dalam jihad fi sabilillah
8
Amil zakat
9
Mualaf
10
Gholibun
11
Fisabilillah
12
Ibnus sabil
13
Amil
14
Mu’allafatul qulub
15
Riqab
16
Gharimin
17
Fakir miskin
18
Abdurrahman
19
Ibnus sabil
20
Gholibun fi Amwalihim
TRENDING 🔥  Cara Sederhana Daftar Kartu Telkomsel : LaguMp3

FAQ tentang Zakat Fitrah untuk Golongan Tertentu

Apa itu zakat fitrah?

Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim saat menjelang Idul Fitri sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Siapa saja golongan tertentu yang berhak menerima zakat fitrah?

Golongan tertentu yang berhak menerima zakat fitrah antara lain fakir, miskin, orang yang berhutang, orang yang terikat dalam perjalanan, mu’allaf, budak yang ingin memerdekakan diri, orang yang terlibat dalam jihad fi sabilillah, amil zakat, mualaf, gholibun, fisabilillah, ibnus sabil, amil, mu’allafatul qulub, riqab, gharimin, fakir miskin, Abdurrahman, ibnus sabil, dan gholibun fi amwalihim.

Apa tujuan dari zakat fitrah untuk golongan tertentu?

Tujuan dari zakat fitrah untuk golongan tertentu adalah memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan dalam rangka memperbaiki maslahat sosial dan ekonomi umat Muslim.

Bagaimana cara menghitung besaran zakat fitrah?

Besaran zakat fitrah dapat dihitung berdasarkan jenis makanan pokok yang umum dikonsumsi di daerah masing-masing.

Apa saja manfaat memberikan zakat fitrah?

Memberikan zakat fitrah memiliki manfaat sosial dan spiritual. Selain membantu mereka yang membutuhkan, memberikan zakat fitrah juga dapat membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sumber :