Tutorial Cara Membuat Web Statis Sederhana dengan HTML

Halo Sobat Sederhana, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat web statis sederhana dengan HTML. Dalam tutorial ini, kita akan membahas langkah-langkah dasar dalam membuat website statis menggunakan HTML, dari membuat struktur dasar website hingga menambahkan konten dan mempublikasikannya. Mari simak tutorialnya!

Persiapan

Sebelum memulai membuat website, pastikan kamu sudah memiliki teks editor yang akan digunakan untuk menulis kode HTML. Beberapa teks editor yang populer digunakan antara lain Notepad++, Sublime Text, dan Visual Studio Code.

Kamu juga perlu memahami dasar-dasar HTML, seperti tag, atribut, dan struktur dokumen HTML. Jika kamu belum familiar dengan HTML, kamu bisa pelajari dasar-dasarnya di w3schools.com.

Setelah kamu siap, mari kita mulai membuat website!

Membuat Struktur Dasar HTML

Langkah pertama dalam membuat website adalah membuat struktur dasar dokumen HTML. Dokumen HTML diawali dengan tag <!DOCTYPE html> yang menandakan jenis dokumen HTML yang digunakan. Selanjutnya, buat tag <html> yang menandakan awal dan akhir dari dokumen HTML.

Di dalam tag <html>, kita perlu menambahkan tag <head> dan <body>. Tag <head> digunakan untuk menambahkan informasi tentang dokumen HTML, seperti judul dokumen, meta tag, dan script. Sedangkan tag <body> digunakan untuk menambahkan konten dokumen HTML, seperti teks, gambar, dan video.

Berikut contoh struktur dasar dokumen HTML:

Kode
Hasil
Judul Dokumen

Selamat Datang di Website Saya

Ini adalah website saya yang dibuat dengan HTML

Judul Dokumen

Ini adalah website saya yang dibuat dengan HTML

Membuat Header dan Footer

Bagian header dan footer adalah bagian penting dalam website, karena di dalamnya terdapat informasi tentang website tersebut dan link ke halaman terkait.

Untuk membuat header, tambahkan tag <header> di dalam tag <body>. Di dalam tag <header>, kita bisa menambahkan gambar, judul, dan deskripsi website.

Untuk membuat footer, tambahkan tag <footer> di dalam tag <body>. Di dalam tag <footer>, kita bisa menambahkan informasi tentang pembuat website dan link terkait.

Berikut contoh kode untuk membuat header dan footer:

Kode
Hasil
Judul Dokumen
Logo

Website Saya

Website tentang tutorial HTML

Isi konten website

Judul Dokumen

Website tentang tutorial HTML

Isi konten website

Membuat Navigation Bar

Navigation bar atau menu navigasi adalah bagian penting dalam website, karena memudahkan pengunjung untuk berpindah halaman. Untuk membuat navigation bar, kita bisa menggunakan tag <nav> di dalam tag <header>, dan menambahkan link menu di dalam tag <ul>.

Berikut contoh kode untuk membuat navigation bar:

Kode
Hasil
Judul Dokumen
Logo

Website Saya

Isi konten website

Judul Dokumen

Isi konten website

Membuat Halaman Kontak

Halaman kontak adalah halaman penting dalam website, karena memudahkan pengunjung untuk menghubungi pembuat website. Untuk membuat halaman kontak, kita bisa membuat form kontak menggunakan tag <form>, dan menambahkan input form seperti nama, email, dan pesan menggunakan tag <input>.

Berikut contoh kode untuk membuat halaman kontak:

Kode
Hasil
Judul Dokumen
Logo

Website Saya

Kontak Saya

Silahkan isi form di bawah ini untuk menghubungi saya:

Judul Dokumen

Kontak Saya

Silahkan isi form di bawah ini untuk menghubungi saya:

Publish Website

Setelah selesai membuat website, kamu bisa mempublikasikan website tersebut ke internet. Ada beberapa cara untuk mempublikasikan website, antara lain:

  • Menyimpan website di folder public_html pada server hosting
  • Mengupload website ke penyedia layanan hosting gratis seperti GitHub Pages atau Netlify
  • Menjalankan website di komputer lokal menggunakan server seperti Apache atau XAMPP

Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

FAQ

Apa itu website statis?

Website statis adalah jenis website yang kontennya disediakan di dalam file HTML, tanpa memerlukan database atau halaman dinamis. Website statis sangat cocok digunakan untuk membuat website sederhana dengan konten yang tidak terlalu banyak atau kompleks.

Apa bedanya website statis dan dinamis?

Website statis adalah jenis website yang kontennya disediakan di dalam file HTML, tanpa memerlukan database atau halaman dinamis. Sedangkan website dinamis adalah jenis website yang menggunakan database dan memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan website, seperti mengisi form atau melakukan transaksi.

Apa itu HTML?

HTML atau Hyper Text Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur dan konten pada dokumen web. HTML terdiri dari berbagai tag yang menandakan jenis konten yang digunakan, seperti teks, gambar, dan video.

Apa itu tag?

Tag adalah kode yang digunakan dalam HTML untuk menandakan jenis konten yang digunakan. Tag terdiri dari tag pembuka dan tag penutup, dan di antara tag tersebut terdapat konten atau atribut yang digunakan untuk memberi informasi tambahan tentang konten.

Apa itu atribut?

Atribut adalah kode dalam HTML yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang konten atau tag. Contoh atribut yang sering digunakan adalah src untuk menentukan sumber gambar, href untuk menentukan link halaman, dan alt untuk memberikan deskripsi alternatif pada gambar.

Apa itu meta tag?

Meta tag adalah tag dalam HTML yang digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen HTML, seperti judul, deskripsi, dan keyword. Meta tag biasanya digunakan untuk SEO dan optimasi halaman web.

Apa itu teks editor?

Teks editor atau text editor adalah software yang digunakan untuk menulis kode HTML. Beberapa teks editor yang populer digunakan antara lain Notepad++, Sublime Text, dan Visual Studio Code.

Apa itu server hosting?

Server hosting adalah tempat penyimpanan website dan data terkait di internet. Server hosting biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting dan memiliki berbagai pilihan paket dan harga sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Tutorial Cara Membuat Web Statis Sederhana dengan HTML

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sambal Terasi Sederhana