Tata Cara Serah Terima Pengantin Pria Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pernikahan merupakan momen yang paling diinginkan oleh setiap pasangan yang ingin melekatkan cinta dan komitmen mereka di depan umum. Bagi pengantin pria, serah terima pengantin sangat penting karena ia berarti memulai perjalanan baru bersama pasangan hidupnya. Dalam artikel ini, akan diberikan tata cara serah terima pengantin pria sederhana agar acara pernikahan berjalan lancar dan sukses.

1. Persiapan Sebelum Serah Terima Pengantin

Sebelum acara serah terima pengantin dimulai, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pengantin pria. Hal ini termasuk memilih pakaian yang sesuai, mempersiapkan hantaran untuk calon istri, dan membuat list tamu undangan. Selain itu, pengantin pria juga harus memastikan bahwa semua peralatan dan perlengkapan sudah tersedia seperti busana, sepatu, aksesoris dan lain-lain.

Setelah itu, sebaiknya pengantin pria melakukan latihan untuk serah terima pengantin agar dapat melakukannya dengan lancar dan menyenangkan. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi rasa gugup dan canggung saat acara berlangsung.

Selain itu, pengantin pria juga perlu memastikan bahwa mereka tidur dengan cukup dan makan dengan baik pada hari serah terima pengantin. Hal ini sangat penting agar pengantin pria merasa segar dan energik saat menjalankan acara.

2. Acara Serah Terima Pengantin

Pada saat acara serah terima pengantin, pengantin pria harus siap dengan posisinya dan menunggu kedatangan calon istrinya. Saat calon istri tiba, pengantin pria harus memberikan salam dan ucapan selamat datang, selanjutnya membuka mukena atau hijab yang menutupi calon istrinya.

Dalam acara serah terima pengantin, pengantin pria harus menunjukkan kebahagiaannya dan memberikan sentuhan personal kepada calon istrinya. Hal ini bisa dilakukan dengan memegang tangan calon istri, memberikan ciuman ringan pada pipi atau pelukan hangat.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Penyebaran Data di SPSS Hasil Penelitian

Setelah itu, pengantin pria perlu memberikan hadiah atau hantaran untuk calon istri sebagai simbol cinta dan penghormatan kepada keluarga calon istri. Hadiah ini perlu dipilih sebelumnya dan disesuaikan dengan kebiasaan atau tradisi keluarga calon istri.

3. Tindak Lanjut Setelah Serah Terima Pengantin

Setelah serah terima pengantin selesai, pengantin pria harus merencanakan tindak lanjut selanjutnya bersama calon istrinya. Hal ini termasuk mempersiapkan berbagai kebutuhan setelah pernikahan seperti bulan madu, tempat tinggal dan lain-lain.

Disamping itu, pengantin pria juga perlu mendaftarkan pernikahannya ke Kantor Urusan Agama dan mengikuti proses hukum yang diatur oleh Negara. Hal ini sangat penting untuk melindungi hak dan kewajiban pasangan setelah menikah.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan
Jawaban
Apa yang harus dikenakan oleh pengantin pria saat serah terima?
Pengantin pria sebaiknya mengenakan pakaian yang formal atau tradisional tergantung pada tema pernikahan. Pakaian pengantin biasanya terdiri dari setelan jas dengan warna netral seperti hitam, putih atau abu-abu.
Bagaimana jika pengantin pria merasa gugup saat serah terima pengantin?
Pengantin pria sebaiknya melakukan latihan sebelum acara serah terima pengantin agar dapat melakukannya dengan lancar dan menyenangkan. Pengantin pria juga bisa meminta bantuan dari teman atau keluarga untuk membantunya mengurangi rasa gugup.
Apa yang harus dilakukan pengantin pria setelah serah terima pengantin?
Pengantin pria perlu merencanakan tindak lanjut selanjutnya bersama calon istrinya. Hal ini termasuk mempersiapkan berbagai kebutuhan setelah pernikahan seperti bulan madu, tempat tinggal, dan lain-lain. Selain itu, pengantin pria juga perlu mendaftarkan pernikahannya ke Kantor Urusan Agama dan mengikuti proses hukum yang diatur oleh Negara.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dijelaskan tata cara serah terima pengantin pria sederhana. Persiapan sebelum serah terima pengantin, acara serah terima pengantin dan tindak lanjut setelah serah terima pengantin sangat penting untuk membuat acara pernikahan berjalan lancar dan sukses. Dengan memahami tata cara serah terima pengantin pria, pengantin pria dapat menjalankan perannya dengan percaya diri dan penuh cinta. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Sorot Panggung Sederhana

Tata Cara Serah Terima Pengantin Pria Sederhana