Resep dan Cara Membuat Cake Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makan kue? Kue adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan dan sering menjadi teman saat bersantai. Salah satu jenis kue yang cukup populer adalah cake. Namun, seringkali kita merasa sulit untuk membuat cake sendiri. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan resep dan cara membuat cake sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat cake, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
250 gram
telur
4 butir
Mentega
150 gram
Essens vanila
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Susu cair
100 ml

Pastikan semua bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik agar hasilnya juga enak.

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat cake sederhana:

1. Siapkan loyang dan alat yang dibutuhkan

Pertama-tama, siapkan loyang berukuran sedang dan olesi dengan mentega. Kamu juga membutuhkan mixer dan mangkuk besar untuk mencampur bahan-bahan.

2. Kocok telur dan gula pasir

Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih. Hal ini bisa memakan waktu sekitar 10-15 menit dengan kecepatan tinggi.

3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder

Tambahkan tepung terigu dan baking powder sedikit-sedikit sambil terus diaduk dengan mixer dengan kecepatan rendah.

4. Tambahkan susu cair dan mentega cair

Tambahkan susu cair sedikit-sedikit dan mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan. Aduk kembali dengan mixer hingga tercampur rata.

5. Tambahkan essens vanila

Tambahkan essens vanila ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Air Mancur Abadi Tanpa Pompa Air Sederhana

6. Tuang ke dalam loyang dan panggang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ratakan permukaannya. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 40-45 menit atau hingga matang. Kamu bisa mengecek kematangan cake dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah-tengah cake. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti cake sudah matang.

7. Dinginkan dan sajikan

Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin di atas rak cooling. Setelah dingin, cake siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang salah jika cake saya tidak naik?

Biasanya cake tidak naik karena adonan tidak dikocok dengan baik, atau karena baking powder yang digunakan sudah kadaluwarsa. Pastikan adonan tercampur rata dengan kecepatan yang tepat dan gunakan baking powder yang masih dalam masa berlaku.

2. Menggunakan tepung protein rendah dan tinggi, mana yang lebih baik untuk membuat cake?

Untuk membuat cake, sebaiknya menggunakan tepung protein sedang agar hasilnya lebih lembut dan tidak mengembang terlalu banyak.

3. Apakah susu cair bisa diganti dengan susu bubuk?

Tentu saja bisa. Namun, cukup susu bubuk yang dilarutkan di dalam air agar adonan tidak terlalu kental. Pastikan susu bubuk tercampur rata sebelum ditambahkan ke adonan.

4. Apa yang harus saya lakukan jika cake saya terlalu kering?

Jika cake terlalu kering, ada beberapa faktor yang harus diperiksa, seperti suhu oven yang terlalu tinggi atau waktu memanggang yang terlalu lama. Pastikan suhu dan waktu memanggang sudah sesuai dan jangan terlalu sering membuka oven selama proses memanggang.

5. Bolehkah mengganti mentega dengan margarin?

Tentu saja bisa. Namun, mentega memberikan rasa yang lebih enak dan kaya dibandingkan margarin. Jika ingin mengganti dengan margarin, pastikan margarin yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pirates Roulette Sederhana

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu resep dan cara membuat cake sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah. Jangan lupa untuk mencoba dan berkreasi dengan topping yang berbeda untuk menghasilkan cake yang lebih lezat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Resep dan Cara Membuat Cake Sederhana