Resep Cara Membuat Nugget Pisang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan camilan yang satu ini? Nugget pisang adalah salah satu camilan yang paling digemari di Indonesia. Terbuat dari pisang yang dipotong-potong, dicampur dengan bahan lain, dan digoreng hingga kecokelatan, camilan ini sangat mudah dibuat dan rasanya nikmat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Pisang raja, matang
5 buah, ukuran sedang
Tepung terigu
150 gram
Tepung maizena
50 gram
Telur ayam
2 butir
Garam
1/2 sendok teh
Lada bubuk
1/4 sendok teh
Air
200 ml
Mentega
50 gram
Tepung roti
secukupnya

Pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan sebelum memulai proses pembuatan. Yuk, kita mulai membuat nugget pisang sederhana!

Langkah Pertama: Mengolah Pisang

Langkah pertama dalam pembuatan nugget pisang sederhana adalah mengolah pisang terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana cukup mengupas kulit pisang dan memotongnya menjadi potongan yang kecil-kecil. Potongan pisang sebaiknya dipotong dengan ukuran yang sama agar mudah diolah dan matang secara merata.

Setelah dipotong-potong, pisang kemudian dibungkus dengan plastik wrap. Letakkan di dalam freezer selama 2 jam hingga beku. Pisang beku akan lebih mudah untuk diolah dan dipotong-potong dengan rapi.

Setelah 2 jam, keluarkan pisang dari freezer dan biarkan di suhu ruang hingga pisang benar-benar lembut. Setelah lembut, pisang siap diolah menjadi nugget pisang sederhana.

Tips

Untuk hasil yang lebih baik, Sobat Sederhana bisa memilih pisang yang cukup matang. Pisang yang matang akan memberikan rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih lembut pada nugget pisang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hidroponik dari Paralon Sederhana untuk Sobat Sederhana

Langkah Kedua: Membuat Adonan Nugget Pisang

Setelah pisang siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan nugget. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana cukup mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, telur, garam, lada bubuk, air, dan mentega dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.

Setelah itu, masukkan potongan pisang ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk hingga semua potongan pisang terselimuti oleh adonan. Pastikan adonan merata dan tidak ada potongan pisang yang terlebih tidak terlumuri adonan.

Tips

Pada saat menyimpan pisang dalam freezer, pastikan pisang tidak saling menempel. Pisang yang menempel satu sama lain akan sulit dipotong-potong dengan rapi.

Langkah Ketiga: Membentuk Nugget Pisang

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah membentuk nugget. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana cukup mengambil sedikit adonan menggunakan sendok sayur dan membentuknya menjadi bulat pipih. Letakkan adonan tersebut di atas sebuah wadah atau piring yang sudah ditaburi dengan tepung roti.

Ulangi langkah ini sampai semua adonan habis atau sampai Sobat Sederhana merasa cukup. Nugget pisang siap digoreng setelah proses ini selesai.

Tips

Pastikan Sobat Sederhana menaburi tepung roti dengan merata di atas piring atau wadah. Tepung roti akan memberikan tekstur yang lebih renyah pada nugget pisang.

Langkah Keempat: Menggoreng Nugget Pisang

Setelah nugget siap, langkah terakhir adalah menggoreng nugget. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana cukup menggoreng nugget menggunakan minyak yang sudah dipanaskan di dalam wajan anti lengket. Goreng hingga nugget berwarna kecokelatan di kedua sisinya.

Setelah matang, angkat nugget dari wajan dan tiriskan minyaknya di atas kertas tisu. Nugget pisang sederhana siap disajikan!

Tips

Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng nugget pisang. Minyak yang panas akan membuat nugget matang dengan sempurna dan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

TRENDING 🔥  Cara dan Membuat Alat Optik Sederhana

FAQ

1. Berapa banyak nugget yang bisa dibuat dari resep ini?

Dari resep ini, Sobat Sederhana bisa membuat sekitar 15-20 nugget, tergantung dari ukuran yang dibuat.

2. Bisakah bahan-bahan diganti?

Tentu saja, sobat sederhana bisa mengganti bahan-bahan sesuai dengan selera. Misalnya, tepung terigu bisa diganti dengan tepung ketan atau tepung jagung, dan sebagainya.

3. Apakah nugget pisang bisa disimpan?

Ya, nugget pisang bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan nugget sudah dingin sebelum disimpan, dan pastikan nugget disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan tidak cepat basi.

4. Apa yang bisa saya lakukan jika nugget pisang terlalu basah?

Jika nugget pisang terlalu basah, mungkin karena terlalu banyak air dalam adonan. Sobat Sederhana bisa menambahkan tepung terigu atau tepung maizena ke dalam adonan hingga teksturnya lebih kental dan tidak terlalu cair.

5. Apa yang bisa saya lakukan jika nugget pisang terlalu keras?

Jika nugget pisang terlalu keras, mungkin karena adonan terlalu padat atau nugget terlalu lama digoreng. Sobat Sederhana bisa menambahkan air ke dalam adonan untuk membuatnya lebih cair, atau mengurangi waktu penggorengan agar nugget tidak terlalu keras.

Penutup

Nah, itu dia resep cara membuat nugget pisang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang mudah, Sobat Sederhana bisa menikmati camilan yang nikmat dan sehat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Resep Cara Membuat Nugget Pisang Sederhana