Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini, kita akan membahas tentang resep cara membuat manisan kedondong segar yang sederhana. Manisan kedondong merupakan salah satu jenis makanan ringan yang sangat enak dan menyegarkan, terutama di musim panas. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui caranya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat manisan kedondong, Sobat Sederhana harus menyiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kedondong
500 gram
Gula pasir
300 gram
Air
500 ml
Daun pandan
2 lembar

Setelah semua bahan sudah disiapkan, Sobat Sederhana bisa langsung memulai membuat manisan kedondong segar ini.

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat manisan kedondong segar yang sederhana:

Langkah 1: Memotong Kedondong

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong kedondong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, buang bijinya dan sisihkan kedondong yang sudah dipotong.

Langkah 2: Membuat Sirup Gula

Selanjutnya, masukkan gula pasir ke dalam panci dan tambahkan air. Aduk rata dan tambahkan daun pandan. Panaskan panci dengan api sedang dan terus aduk hingga gula larut.

Langkah 3: Memasukkan Kedondong

Setelah gula larut, masukkan kedondong ke dalam panci. Aduk rata dan masak dengan api kecil selama sekitar 30 menit. Jangan lupa untuk terus aduk agar manisan tidak gosong dan merata.

Langkah 4: Menunggu Dingin

Setelah manisan kedondong sudah matang, angkat panci dari kompor dan biarkan dingin. Setelah dingin, manisan kedondong siap disajikan atau disimpan di lemari es.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang resep cara membuat manisan kedondong segar sederhana:

TRENDING 🔥  Skrip Cara Membuat Website Sederhana 3 Halaman

1. Apakah manisan kedondong bisa disimpan lama?

Ya, manisan kedondong bisa disimpan di lemari es selama beberapa hari atau bahkan minggu. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.

2. Apakah bisa menggunakan kedondong yang sudah matang?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan kedondong yang digunakan masih segar dan tidak terlalu matang agar rasanya lebih enak.

3. Bisakah manisan kedondong dibuat tanpa gula?

Bisa, Sobat Sederhana bisa mengganti gula dengan pemanis lain seperti madu atau sirup maple. Namun, rasanya mungkin akan sedikit berbeda.

Kelebihan Membuat Manisan Kedondong Segar

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, membuat manisan kedondong segar juga memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1. Kaya akan Kandungan Gizi

Kedondong mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C dan serat. Dengan membuat manisan kedondong segar sendiri, Sobat Sederhana bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih banyak.

2. Terhindar dari Bahan Pengawet Berbahaya

Banyak manisan yang dijual di pasaran mengandung bahan pengawet berbahaya yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Dengan membuat manisan kedondong segar sendiri, Sobat Sederhana bisa terhindar dari bahan-bahan tersebut.

3. Hemat Biaya

Membuat manisan kedondong segar sendiri tentu lebih hemat biaya dibandingkan membeli manisan yang sudah jadi di pasar atau toko.

Kesimpulan

Itulah resep cara membuat manisan kedondong segar sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selain enak dan menyegarkan, manisan kedondong juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuatnya sendiri ya!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Resep Cara Membuat Manisan Kedondong Segar Sederhana