Ok Google Cara Membuat Kotak Pensil dari Kardus yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kalian merasa kesulitan untuk merapikan pensil-pensil di meja belajar atau di kantong sekolah? Jangan khawatir, kali ini kita akan belajar cara membuat kotak pensil dari kardus yang sederhana dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kita memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kardus bekas
2. Penggaris
2. Lem tembak
3. Pensil
3. Kain flanel

Panduan Membuat Kotak Pensil dari Kardus

Berikut langkah-langkah pembuatan kotak pensil dari kardus:

1. Mengukur dan Memotong Kardus

Pertama, kita perlu mengukur kardus yang akan digunakan. Ukur dan potong kardus sesuai ukuran yang diinginkan dengan menggunakan penggaris dan gunting.

2. Membuat Pola Kotak Pensil

Jika kardus sudah terpotong, selanjutnya kita akan membuat pola kotak pensil di atas kardus yang telah dipotong. Gambar pola kotak pensil dengan menggunakan pensil di atas kardus, kemudian potong kardus mengikuti pola tersebut.

3. Melipat Kardus Sesuai dengan Pola

Selanjutnya, kita akan melipat kardus sesuai dengan pola yang telah dibuat. Lipat kardus sesuai dengan bentuk kotak pensil yang diinginkan dan gunakan lem tembak untuk merekatkan bagian-bagian yang dilipat.

4. Memasang Kain Flanel pada Kotak Pensil

Setelah kotak sudah terbentuk, selanjutnya kita akan memasang kain flanel pada bagian dalam kotak. Kain flanel berguna untuk melindungi pensil agar tidak bergesekan dengan kardus dan menggoresnya. Potong kain flanel sedikit lebih kecil dari ukuran kotak pensil dan rekatkan menggunakan lem tembak.

5. Kotak Pensil Siap Digunakan

Kotak pensil dari kardus yang sederhana sudah selesai dibuat! Kita bisa menambahkan dekorasi sesuai dengan selera. Sekarang kita dapat merapikan pensil-pensil kita di dalam kotak pensil yang kita buat sendiri.

TRENDING 🔥  Cara Menelusuri Dokumen Paten Sederhana

FAQ

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak pensil dari kardus?

Beberapa bahan yang diperlukan adalah kardus bekas, lem tembak, kain flanel, gunting, dan penggaris.

2. Apa manfaat dari membuat kotak pensil sendiri?

Tidak hanya lebih hemat, membuat kotak pensil sendiri juga dapat memperlihatkan kreativitas kita, serta mengurangi sampah kardus di rumah.

3. Bagaimana cara merawat kotak pensil dari kardus?

Kita bisa membersihkan kotak pensil dengan lap bersih, serta menjauhkannya dari tempat yang lembab dan terkena sinar matahari langsung.

4. Apa saja keuntungan dari menggunakan kotak pensil dari kardus?

Beberapa keuntungan dari menggunakan kotak pensil dari kardus adalah lebih hemat, lingkungan terjaga dari sampah kardus, serta dapat menunjukkan kreativitas kita dalam membuat kotak pensil yang unik dan personal.

5. Apa tips untuk meningkatkan ketrampilan dalam membuat kotak pensil dari kardus?

Kita bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber di internet, mencoba variasi pola dan dekorasi, serta meluangkan waktu untuk berlatih membuat kotak pensil dari kardus secara berkala.

Sekian langkah-langkah membuat kotak pensil dari kardus yang sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Ok Google Cara Membuat Kotak Pensil dari Kardus yang Sederhana