Mengapa Alat Musik Sederhana pada Umumnya Dibunyikan dengan Cara Dipukul

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas mengenai alat musik sederhana yang biasanya dibunyikan dengan cara dipukul. Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu alat musik sederhana.

Apa itu alat musik sederhana?

Alat musik sederhana adalah alat musik yang terbuat dari bahan dan peralatan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Biasanya, alat musik sederhana ini dibuat dengan cara yang tidak terlalu rumit dan memerlukan skill dan teknik yang tidak terlalu tinggi untuk menghasilkan bunyi yang enak didengar.

Sekarang, mengapa alat musik sederhana pada umumnya dibunyikan dengan cara dipukul? ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Mengapa alat musik sederhana dibunyikan dengan cara dipukul?

1. Bahan pembuat alat musik

Alat musik sederhana biasanya terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti kayu, bambu, dan kulit hewan. Bahannya yang mudah didapat dan murah membuat alat musik ini lebih efisien dan murah. Namun, bahan-bahan ini biasanya tidak akan menghasilkan bunyi yang enak didengar jika tidak dipukul dengan keras.

2. Teknik pembuatan

Teknik pembuatan yang sederhana membuat bunyi yang dihasilkan juga tidak terlalu rumit. Pada umumnya, alat musik sederhana hanya dibuat dengan mengikuti bentuk aslinya, kemudian diberi lubang-lubang dan dipukul. Hal ini membuat cara memainkannya cukup mudah dan tidak memerlukan teknik yang rumit.

3. Kebutuhan bunyi yang keras

Banyak alat musik sederhana digunakan untuk acara-acara tertentu, seperti upacara keagamaan, pertunjukan kesenian, atau acara musik. Kebutuhan untuk menghasilkan bunyi yang keras menjadi faktor penting dalam memilih alat musik yang digunakan. Alat musik sederhana yang dibunyikan dengan cara dipukul bisa menghasilkan bunyi yang lebih keras dibandingkan alat musik sederhana lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Karikatur Sederhana

Contoh Alat Musik Sederhana yang Dibunyikan dengan Cara Dipukul

Berikut adalah contoh beberapa alat musik sederhana yang biasanya dibunyikan dengan cara dipukul.

Nama Alat Musik
Asal Daerah
Angklung
Indonesia
Saron
Jawa
Genderang
Sulawesi
Kendang
Jawa
Bedug
Sumatera

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan alat musik sederhana?

Alat musik sederhana adalah alat musik yang terbuat dari bahan dan peralatan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Biasanya, alat musik sederhana ini dibuat dengan cara yang tidak terlalu rumit dan memerlukan skill dan teknik yang tidak terlalu tinggi untuk menghasilkan bunyi yang enak didengar.

2. Mengapa alat musik sederhana pada umumnya dibunyikan dengan cara dipukul?

Ada beberapa alasan mengapa alat musik sederhana pada umumnya dibunyikan dengan cara dipukul, di antaranya karena bahan pembuat alat musik yang tidak cukup mampu menghasilkan bunyi yang jernih tanpa dipukul, teknik pembuatan yang sederhana, serta kebutuhan akan bunyi yang keras dalam acara-acara tertentu.

3. Apa saja contoh alat musik sederhana yang dibunyikan dengan cara dipukul?

Beberapa contoh alat musik sederhana yang biasanya dibunyikan dengan cara dipukul antara lain angklung, saron, genderang, kendang, dan bedug.

Pembahasan Lebih Lanjut

1. Angklung

Angklung adalah alat musik sederhana yang berasal dari Indonesia. Alat musik ini biasanya terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Bunyi yang dihasilkan oleh angklung sangat khas dan enak didengar, sehingga sering dimainkan pada acara-acara penting seperti upacara adat atau acara musik.

Angklung memiliki beberapa jenis, di antaranya angklung gubrag, angklung deung, dan angklung caruk. Setiap jenis angklung memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghasilkan bunyi.

2. Saron

Saron adalah alat musik sederhana yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu. Bunyi yang dihasilkan oleh saron sangat halus dan enak didengar.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Penyakit Maag dengan Cara Sederhana

Saron biasanya dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya dalam pertunjukan kesenian atau acara musik. Saron juga memiliki beberapa jenis, di antaranya saron barung, saron demung, dan saron panerus.

3. Genderang

Genderang adalah alat musik sederhana yang berasal dari Sulawesi. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit hewan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau alat pemukul yang terbuat dari kayu. Bunyi yang dihasilkan oleh genderang sangat keras dan memukau.

Genderang biasanya dimainkan pada acara-acara adat Sulawesi seperti upacara kematian atau upacara adat lainnya. Genderang juga memiliki beberapa jenis, di antaranya genderang bola, genderang bumbung, dan genderang kayu.

4. Kendang

Kendang adalah alat musik sederhana yang berasal dari Jawa. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit hewan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Bunyi yang dihasilkan oleh kendang sangat khas dan sering digunakan dalam musik tradisional Jawa.

Kendang juga digunakan dalam berbagai acara seperti upacara keagamaan, acara adat, atau acara musik modern. Kendang memiliki beberapa jenis, di antaranya kendang ketipung, kendang ciblon, dan kendang gendang.

5. Bedug

Bedug adalah alat musik sederhana yang berasal dari Sumatera. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit hewan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau alat pemukul yang terbuat dari kayu. Bunyi yang dihasilkan oleh bedug sangat keras dan memukau.

Bedug biasanya dimainkan pada acara-acara adat Sumatera seperti upacara pernikahan atau upacara adat lainnya. Bedug juga memiliki beberapa jenis, di antaranya bedug besar, bedug kecil, dan bedug komering.

Kesimpulan

Mengapa alat musik sederhana pada umumnya dibunyikan dengan cara dipukul? Banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi, di antaranya karena bahan pembuat alat musik yang tidak cukup mampu menghasilkan bunyi yang jernih tanpa dipukul, teknik pembuatan yang sederhana, serta kebutuhan akan bunyi yang keras dalam acara-acara tertentu. Alat musik sederhana yang dibunyikan dengan cara dipukul memiliki bunyi yang khas dan enak didengar, sehingga sering digunakan dalam berbagai acara seperti upacara keagamaan, acara adat, atau acara musik modern.

TRENDING 🔥  Cara Buat Cilok Enak dan Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Mengapa Alat Musik Sederhana pada Umumnya Dibunyikan dengan Cara Dipukul

https://youtube.com/watch?v=tmL_TXmGrMc