Membuat CPO Cara Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Sudah tahu belum, bahwa membuat CPO atau crude palm oil bisa dilakukan dengan cara sederhana di rumah? Selain bisa menjadi hobi yang menguntungkan, membuat CPO sendiri juga bisa menjadi alternatif penghasilan tambahan. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian CPO

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat CPO, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu CPO. CPO atau crude palm oil adalah minyak nabati hasil olahan dari buah kelapa sawit. Minyak ini memiliki warna yang kemerahan dan sering digunakan dalam berbagai industri seperti kosmetik, makanan, dan bahan bakar.

Indonesia merupakan salah satu produsen CPO terbesar di dunia, sehingga membuat CPO menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat CPO secara sederhana di rumah, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan dan peralatan sebagai berikut:

1. Buah kelapa sawit yang sudah matang sebanyak 10 kg
2. Alat pemasak atau panci besar yang cukup kuat untuk menampung 10 kg buah sawit
3. Gunting atau pisau untuk memotong buah sawit
4. Ember atau wadah besar untuk menyimpan buah sawit yang sudah dipotong
5. Alat pengocok untuk menggiling buah sawit yang sudah dipotong
6. Kain atau saringan kain untuk menyaring minyak sawit yang sudah diambil
7. Wadah atau botol kaca untuk menyimpan minyak sawit yang sudah jadi

Cara Membuat CPO

1. Persiapan Buah Sawit

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan buah sawit yang sudah matang. Sobat Sederhana bisa membeli buah kelapa sawit di pasar atau memetiknya langsung dari pohon kelapa sawit. Pastikan buah sawit yang dipilih sudah matang dan memiliki warna kehitaman yang cukup pekat.

TRENDING 🔥  Cara Buat Rumah Walet Sederhana

Lalu, Sobat Sederhana bisa memotong buah sawit menjadi beberapa bagian menggunakan gunting atau pisau. Setelah itu, masukkan buah sawit yang sudah dipotong ke dalam ember atau wadah besar.

2. Menggiling Buah Sawit

Setelah buah sawit siap, langkah berikutnya adalah menggiling buah sawit menggunakan alat pengocok. Tuangkan air secukupnya ke dalam panci besar atau alat pemasak, lalu masukkan buah sawit yang sudah dipotong ke dalamnya.

Kemudian, Sobat Sederhana bisa menggunakan alat pengocok untuk menggiling buah sawit yang sudah ada di dalam panci atau alat pemasak. Lakukan pengocokan hingga buah sawit tergiling dengan baik dan tercampur dengan air.

3. Memisahkan Minyak dan Ampas

Setelah buah sawit tergiling dengan baik, langkah selanjutnya adalah memisahkan minyak dan ampas. Caranya yaitu dengan menggunakan kain atau saringan kain untuk menyaring campuran buah sawit dan air tersebut.

Sobat Sederhana bisa menampung campuran tersebut ke dalam wadah atau ember besar, lalu menyaringnya menggunakan kain atau saringan kain hingga ampas terpisah dari minyak.

4. Memasak Minyak Sawit

Setelah berhasil memisahkan minyak dan ampas, Sobat Sederhana bisa memasak minyak sawit yang sudah didapat. Tuangkan minyak sawit yang sudah disaring ke dalam panci atau alat penggorengan, lalu panaskan hingga minyak tersebut matang.

Pastikan untuk terus mengaduk dan memantau minyak yang sedang dimasak agar tidak terjadi kebocoran atau bahaya lainnya.

5. Mendinginkan Minyak Sawit

Setelah minyak sawit matang, Sobat Sederhana bisa mematikan kompor atau alat yang digunakan untuk memasak. Lalu, biarkan minyak sawit tersebut mendingin hingga suhu ruangan.

Setelah itu, minyak sawit sudah siap dipindahkan ke dalam wadah atau botol kaca yang sudah disiapkan sebelumnya. Simpan minyak sawit tersebut di tempat yang kering dan sejuk agar tidak cepat rusak.

TRENDING 🔥  Cara Buat Termometer Sederhana

FAQ

Apa yang harus dilakukan apabila minyak sawit yang dihasilkan memiliki bau yang tidak sedap?

Jika minyak sawit yang dihasilkan memiliki bau yang tidak sedap, Sobat Sederhana bisa menambahkan beberapa helai daun pandan saat memasak minyak sawit. Daun pandan akan memberi aroma yang sedap pada minyak sawit.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak minyak sawit?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak minyak sawit tergantung pada jumlah buah sawit yang diproses dan alat yang digunakan. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam.

Berapa banyak minyak sawit yang bisa dihasilkan dari 10 kg buah sawit?

Dari 10 kg buah sawit, bisa dihasilkan sekitar 2-3 liter minyak sawit.

Conclusion

Demikianlah cara sederhana membuat CPO di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa memproduksi CPO sendiri untuk kebutuhan pribadi atau sebagai bahan usaha. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Membuat CPO Cara Sederhana