Makalah Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat perangkap nyamuk sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika biasanya kamu menggunakan obat nyamuk atau alat pengusir nyamuk, kali ini kamu bisa mencoba cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara membuatnya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan perangkap nyamuk, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang harus kamu siapkan:

Alat
Bahan
Botol plastik bekas
Gula pasir atau gula merah
Cutter atau gunting
Air
Pisau atau gunting
Ragi tape atau ragi roti
Spidol atau marker
Gunting atau pisau

Pastikan semua alat dan bahan yang kamu persiapkan sudah lengkap. Jika sudah siap, mari kita lanjut ke langkah-langkah pembuatan perangkap nyamuk sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

1. Gunting Botol Plastik Bekas

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan botol plastik bekas. Gunting bagian atas botol dengan melintang sekitar 15 cm dari tutup botol. Kemudian buang bagian atas botol yang sudah di potong.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Selanjutnya, campurkan gula pasir atau gula merah dengan air hangat. Aduk sampai larut. Setelah itu, tambahkan ragi tape atau ragi roti ke dalam campuran gula dan air. Aduk kembali sampai merata.

3. Buat Pelet

Setelah campuran gula, air dan ragi merata, buat pelet kecil-kecil seukuran kelereng. Letakkan pelet-pelet tersebut di dalam botol plastik bekas.

4. Pasang Tutup Botol yang Sudah Dipotong

Pasang kembali tutup botol yang sudah di potong. Namun, pasang dengan cara terbalik, sehingga tutup botol akan menjadi corong.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kostum Mermaid Sederhana

5. Beri Wadah

Agar pelet-pelet tersebut tidak jatuh ke bawah, kamu bisa memberikan wadah pada bagian bawahnya. Kamu bisa menggunakan potongan botol plastik bekas atau benda lain yang cocok untuk menjadi wadah.

6. Tempatkan di Tempat yang Tepat

Letakkan perangkap nyamuk sederhana yang sudah kamu buat di tempat yang strategis, seperti di dekat jendela atau pintu. Hindari meletakkannya di tempat yang terlalu terang atau terlalu gelap.

FAQ tentang Perangkap Nyamuk Sederhana

1. Kenapa Harus Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana?

Karena perangkap nyamuk sederhana bisa menjadi alternatif pengusir nyamuk yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. Selain itu, perangkap nyamuk sederhana juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

2. Apakah Perangkap Nyamuk Sederhana Efektif Mengusir Nyamuk?

Ya, perangkap nyamuk sederhana bisa efektif mengusir nyamuk. Namun, perlu diingat bahwa perangkap nyamuk sederhana hanya efektif untuk mengusir nyamuk jenis tertentu.

3. Apakah Perangkap Nyamuk Sederhana Aman?

Perangkap nyamuk sederhana aman untuk digunakan karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi manusia atau lingkungan. Namun, tetap jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

4. Berapa Lama Perangkap Nyamuk Sederhana Harus Diganti?

Perangkap nyamuk sederhana harus diganti setiap 2-3 minggu sekali atau jika sudah terlihat kotor atau berbau tidak sedap.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Perangkap Nyamuk Sederhana Sudah Tidak Efektif?

Jika perangkap nyamuk sederhana sudah tidak efektif, kamu bisa mencoba membuat yang baru. Namun, pastikan kamu sudah membersihkan dan membuang perangkap nyamuk yang sudah tidak digunakan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat perangkap nyamuk sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Meskipun terlihat sederhana, namun perangkap nyamuk sederhana bisa efektif mengusir nyamuk serta ramah lingkungan dan hemat biaya. Jika ingin mencoba cara yang berbeda untuk mengusir nyamuk, maka perangkap nyamuk sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sambal Pecel Ayam Sederhana

Makalah Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana