Cara Membuat Termometer Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah merasa penasaran dengan suhu di sekitar kita? Baik itu suhu dalam ruangan, suhu tubuh, maupun suhu lingkungan yang berubah-ubah. Nah, kali ini kita akan belajar tentang cara membuat termometer sederhana yang bisa kamu coba di rumah dengan mudah. Simak selengkapnya ya!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai pembuatan termometer, pastikan sobat sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan dan alat yang harus disiapkan:

Bahan
Alat
Alkohol
Termometer biasa
Pewarna makanan
Botol kaca/kaleng tipis
Air
Plastik sedotan
Es batu
Strip kertas

Pastikan juga sobat sudah menyiapkan tempat yang aman dan terbebas dari benda-benda yang mudah terbakar, karena kita akan menggunakan api dalam pembuatan termometer ini.

Langkah-langkah Membuat Termometer Sederhana

Langkah 1: Persiapkan Botol Kaca/Kaleng Tipis

Untuk membuat termometer sederhana ini, kita akan menggunakan botol kaca atau kaleng tipis sebagai tabung. Sobat bisa menggunakan bahan bekas atau membeli yang baru. Pastikan tabung yang digunakan memiliki tutup yang pas dan rapat.

Langkah 2: Buat Skala Termometer

Untuk membuat skala termometer, sobat bisa menggunakan strip kertas. Pastikan strip kertas yang digunakan cukup panjang untuk melingkupi seluruh botol kaca atau kaleng tipis yang digunakan. Setelah itu, sobat bisa melukis skala suhu pada strip kertas tersebut dengan jarak yang sama antara satu angka dengan angka lainnya. Skala suhu yang dibuat bisa menggunakan skala Celcius atau Fahrenheit.

Langkah 3: Masukkan Air ke Dalam Botol

Setelah membuat skala termometer, sobat bisa memasukkan air ke dalam botol kaca atau kaleng tipis tersebut. Pastikan air yang digunakan cukup banyak dan mencukupi panjang skala suhu yang dibuat sebelumnya. Selanjutnya, sobat bisa menutup botol dengan rapat.

TRENDING 🔥  Cara Buat Sop Ayam Sederhana

Langkah 4: Tambahkan Es Batu ke Dalam Botol

Tambahkan es batu ke dalam botol yang sudah diisi dengan air tersebut. Es batu berguna untuk menurunkan suhu air di dalam botol sehingga mudah untuk membuat perubahan suhu pada termometer yang akan dibuat.

Langkah 5: Tambahkan Alkohol ke dalam Botol

Setelah es batu masuk ke dalam botol, sobat bisa menambahkan alkohol ke dalam botol tersebut. Alkohol adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat termometer karena sifatnya yang mudah mengembang dan menyusut sesuai dengan perubahan suhu.

Langkah 6: Tambahkan Pewarna Makanan

Untuk memberikan warna pada termometer yang dibuat, sobat bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam botol tersebut. Pilihlah warna yang sesuai dengan selera sobat.

Langkah 7: Buat Lubang pada Tutup Botol

Setelah semua bahan sudah masuk ke dalam botol, sobat bisa membuat lubang pada tutup botol dengan menggunakan alat yang tajam. Lubang tersebut harus cukup besar untuk memasukkan sedotan nantinya.

Langkah 8: Pasang Sedotan

Pasangkan sedotan pada lubang yang sudah dibuat pada tutup botol tadi. Pastikan sedotan yang digunakan cukup panjang dan mencapai bagian bawah botol. Sedotan berfungsi sebagai alat pengukur suhu pada termometer sederhana yang dibuat.

Cara Menggunakan Termometer Sederhana

Setelah termometer sederhana berhasil dibuat, sobat bisa langsung menggunakannya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan sedotan ke dalam air yang akan diukur suhunya. Setelah itu, sobat bisa menunggu beberapa saat sampai sedotan stabil pada suhu tertentu. Selanjutnya, sobat bisa membaca suhu pada skala termometer yang sudah dibuat.

FAQ

1. Apakah termometer sederhana ini akurat dalam mengukur suhu?

Termometer sederhana yang dibuat dengan cara ini tidak memiliki akurasi yang sama dengan termometer digital atau termometer khusus yang digunakan oleh ahli. Namun, termometer sederhana ini cukup akurat sebagai alat ukur suhu kasar dan bisa digunakan sebagai alat bantu dalam aktivitas sehari-hari.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Microcontroller Sederhana

2. Apakah pembuatan termometer sederhana ini berbahaya?

Pembuatan termometer sederhana ini melibatkan penggunaan api dan bahan-bahan yang mudah terbakar. Oleh karena itu, pastikan sobat selalu berhati-hati dan mempersiapkan tempat yang aman sebelum memulai pembuatan.

3. Apa yang harus dilakukan jika termometer sederhana ini rusak?

Jika termometer sederhana yang dibuat mengalami kerusakan atau tidak berfungsi, pastikan sobat membuangnya dengan benar. Jangan membiarkannya di tempat yang bisa membahayakan orang lain atau lingkungan sekitar.

Penutup

Demikianlah cara membuat termometer sederhana yang bisa sobat coba di rumah. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pembuatan termometer dan membuangnya dengan benar jika sudah tidak digunakan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Termometer Sederhana