Dua Cara Membuat Slime dengan Gom Muda dan Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka mainan slime? Selain bisa mengasah kreativitas, mainan slime juga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Namun, terkadang harga slime di pasaran cukup mahal. Nah, di artikel kali ini, kita akan belajar dua cara membuat slime dengan bahan yang mudah didapatkan, yaitu gom muda. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Pertama: Membuat Slime dengan Gom Muda dan Sabun Cuci

Untuk membuat slime dengan cara ini, Sobat Sederhana membutuhkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Gom muda
50 gram
Sabun cuci
1 sendok makan
Air
200 ml
Pewarna makanan
secukupnya
Essential oil (opsional)
1-2 tetes

Setelah semua bahan terkumpul, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapkan Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana siapkan gom muda sebanyak 50 gram, sabun cuci sebanyak 1 sendok makan, air sebanyak 200 ml, pewarna makanan secukupnya, dan essential oil (jika ingin menggunakan) sebanyak 1-2 tetes.

2. Campurkan Bahan

Kemudian, Sobat Sederhana campurkan gom muda, sabun cuci, dan air ke dalam wadah. Aduk rata hingga tercampur semua. Jangan lupa tambahkan pewarna makanan dan essential oil jika ingin digunakan. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.

3. Microwaving

Jika Sobat Sederhana memiliki microwave, bisa memasukkan adonan slime ke dalam microwave selama 1-2 menit dengan interval 30 detik dan diaduk setiap kali interval. Ini berguna untuk membantu proses pengembangan slime dan membuatnya lebih kenyal.

4. Diamkan dan Aduk

Kemudian, diamkan adonan beberapa saat hingga agak dingin dan mudah dipegang. Setelah itu, aduk adonan hingga terlihat kenyal.

5. Siap Digunakan

Slime sudah siap digunakan! Sobat Sederhana bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara agar bisa digunakan kembali nanti.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Smart Home Sederhana dengan Jarvis

Cara Kedua: Membuat Slime dengan Gom Muda dan Susu

Selain dengan sabun cuci, Sobat Sederhana juga bisa membuat slime dengan gom muda dan susu. Berikut bahan-bahannya:

Bahan
Jumlah
Gom muda
50 gram
Susu cair
50 ml
Pewarna makanan
secukupnya
Essential oil (opsional)
1-2 tetes

Langkah-langkahnya hampir sama dengan yang pertama:

1. Persiapkan Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana siapkan gom muda sebanyak 50 gram, susu cair sebanyak 50 ml, pewarna makanan secukupnya, dan essential oil (jika ingin menggunakan) sebanyak 1-2 tetes.

2. Campurkan Bahan

Kemudian, Sobat Sederhana campurkan gom muda dan susu cair ke dalam wadah. Aduk rata hingga tercampur semua. Jangan lupa tambahkan pewarna makanan dan essential oil jika ingin digunakan. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.

3. Microwaving dan Aduk

Setelah itu, Sobat Sederhana bisa memasukkan adonan slime ke dalam microwave selama 1-2 menit dengan interval 30 detik dan diaduk setiap kali interval. Ini juga berguna untuk membantu proses pengembangan slime dan membuatnya lebih kenyal. Diamkan adonan beberapa saat hingga agak dingin dan mudah dipegang. Setelah itu, aduk adonan hingga terlihat kenyal.

4. Siap Digunakan

Slime sudah siap digunakan! Sobat Sederhana bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara agar bisa digunakan kembali nanti.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang membuat slime:

1. Apakah gom muda bisa diganti dengan lem PVA?

Bisa, namun lem PVA memiliki tekstur yang lebih cair dan lebih sulit diatur kekenyalannya.

2. Apakah bisa menambahkan glitter ke dalam slime?

Tentu saja! Sobat Sederhana bisa menambahkan glitter atau bahan lainnya ke dalam slime agar lebih menarik.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan 0 59 ke Bilangan

3. Apakah slime bisa dicuci?

Jangan mencuci slime dengan air, karena akan membuat slime hancur. Namun, jika terkena kotoran, Sobat Sederhana bisa membersihkannya dengan tisu basah.

4. Apakah slime aman untuk dimainkan oleh anak-anak?

Slime yang dibuat dengan bahan-bahan yang aman dan dijamin kebersihannya, serta dimainkan dengan pengawasan orang dewasa, aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

5. Apakah slime bisa disimpan lama?

Slime bisa disimpan selama beberapa hari, selama disimpan di dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering.

Itulah dua cara membuat slime dengan gom muda yang mudah dan sederhana. Sobat Sederhana bisa mencoba salah satunya atau bahkan kedua cara sekaligus! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Dua Cara Membuat Slime dengan Gom Muda dan Sederhana