Cara Membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya

Cara Membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya – Jurnal Ilmiah

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini?

Apa itu Alat Praktikum Sederhana Tata Surya?

Sebelum memulai pembahasan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Alat Praktikum Sederhana Tata Surya. Alat ini merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam pelajaran sains di sekolah. Dengan menggunakan alat ini, siswa dapat mempelajari tentang sistem tata surya secara langsung dan lebih mendalam.

Alat Praktikum Sederhana Tata Surya biasanya terdiri dari beberapa model planet, matahari, dan bulan. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan sistem elektronik yang memungkinkan siswa melihat pergerakan planet dan posisi suatu planet pada waktu tertentu.

Manfaat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya

Alat Praktikum Sederhana Tata Surya memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Siswa dapat mempelajari sistem tata surya secara lebih mudah dan menyenangkan
  • Menjelaskan fenomena gerakan planet dan perbedaan waktu rotasi dan revolusi planet
  • Mempermudah siswa dalam memahami hubungan antara matahari dan planet

Bagaimana Cara Membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya?

Untuk membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

No
Bahan yang dibutuhkan
Jumlah
1
Kardus bekas
1 buah
2
Kresek hitam
1 buah
3
Pelastik bening
1 lembar
4
Lem tembak
secukupnya
5
Spidol warna
beberapa warna
6
Motor DC
1 buah
7
Baterai 9V
1 buah
8
Kabel listrik
secukupnya

Berikut langkah-langkah cara membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya:

Langkah 1: Membuat bola matahari

Sobat Sederhana dapat menggunakan kardus bekas untuk membuat bola matahari. Caranya, potong kardus menjadi lingkaran yang besar dan berikan warna kuning pada seluruh permukaannya menggunakan spidol. Setelah itu, beri garis-garis merah pada bagian atas bola agar terlihat seperti matahari.

TRENDING 🔥  Cara Pengaturan Sederhana pada Print

Langkah 2: Membuat planet

Untuk membuat planet, Sobat Sederhana dapat menggunakan kresek hitam dan mengguntingnya menjadi lingkaran kecil. Kemudian, beri warna pada masing-masing planet menggunakan spidol. Sobat Sederhana dapat menggunakan warna yang berbeda-beda untuk membedakan planet satu dengan yang lain.

Langkah 3: Menyusun planet dan matahari

Susun bola matahari dan planet pada kardus bekas yang telah Sobat Sederhana siapkan. Susun planet sesuai dengan jarak sebenarnya dari matahari dan pastikan posisi planet sesuai dengan urutan planet sesungguhnya di tata surya.

Langkah 4: Membuat sistem elektronik

Untuk membuat sistem elektronik, Sobat Sederhana perlu memasang motor DC pada kardus bekas. Pasang baterai 9V pada motor DC dan hubungkan motor DC dengan kabel listrik. Kemudian, tempelkan kabel listrik pada tiap planet dan pastikan planet dapat bergerak secara otomatis.

Langkah 5: Menutup dengan plastik bening

Terakhir, tutuplah alat dengan plastik bening agar planet dan matahari tetap terlihat jelas dan terhindar dari debu dan kerusakan.

FAQ Seputar Alat Praktikum Sederhana Tata Surya

1. Apakah Alat Praktikum Sederhana Tata Surya sulit untuk dibuat?

Tidak, Alat Praktikum Sederhana Tata Surya cukup mudah untuk dibuat asalkan Sobat Sederhana memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan. Sobat Sederhana dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

2. Apa manfaat dari menggunakan Alat Praktikum Sederhana Tata Surya?

Manfaat dari menggunakan Alat Praktikum Sederhana Tata Surya antara lain mempermudah siswa dalam memahami sistem tata surya, menjelaskan fenomena gerakan planet, dan memahami hubungan antara matahari dan planet.

3. Apakah Alat Praktikum Sederhana Tata Surya dapat digunakan untuk semua tingkat sekolah?

Ya, Alat Praktikum Sederhana Tata Surya dapat digunakan untuk semua tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Namun, tingkat kesulitan pembuatan dan penggunaan alat ini dapat disesuaikan dengan tingkat kelas siswa.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Multimeter Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Apakah Alat Praktikum Sederhana Tata Surya dapat digunakan untuk mengajar online?

Ya, Alat Praktikum Sederhana Tata Surya dapat digunakan untuk mengajar online dengan menunjukkan alat tersebut melalui kamera secara langsung atau dengan merekam video penggunaan alat dan membagikannya kepada siswa.

5. Apakah ada alternatif bahan yang dapat digunakan untuk membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya?

Ya, selain bahan yang telah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana juga dapat menggunakan bahan-bahan lain yang mudah ditemukan di sekitar rumah seperti gelas kaca, foam, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai Cara Membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya. Dengan menggunakan alat ini, siswa dapat mempelajari tentang sistem tata surya secara langsung dan lebih mendalam. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Praktikum Sederhana Tata Surya