Cara Uji Regresi Sederhana SPSS

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara uji regresi sederhana SPSS. Untuk memulai pembahasan ini kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu regresi sederhana. Regresi sederhana adalah metode statistik yang digunakan untuk menentukan hubungan antara satu variabel bebas (X) dengan satu variabel terikat (Y).

Apa itu Uji Regresi Sederhana?

Uji regresi sederhana adalah metode statistik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dalam uji regresi sederhana, kita mencari persamaan garis lurus yang terbaik untuk merepresentasikan hubungan antara kedua variabel tersebut.

Uji regresi sederhana pada SPSS adalah salah satu teknik analisis data yang paling umum digunakan untuk menguji hubungan antara dua variabel. Dalam SPSS, uji regresi sederhana dapat dilakukan menggunakan perintah “Regression”.

1. Langkah Pertama: Memilih Data

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam uji regresi sederhana adalah memilih data yang akan digunakan. Data yang akan digunakan harus terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y).

Contoh: Misalkan kita ingin menguji hubungan antara pendapatan (X) dengan pengeluaran (Y) pada sekelompok orang. Maka, data yang digunakan adalah data pendapatan dan pengeluaran dari sekelompok orang tersebut.

2. Langkah Kedua: Menentukan Model Regresi

Langkah kedua dalam uji regresi sederhana adalah menentukan model regresi yang akan digunakan. Terdapat dua jenis model regresi, yaitu model linier dan model non-linier.

Model regresi linier merupakan model yang menggunakan persamaan garis lurus untuk merepresentasikan hubungan antara kedua variabel. Sedangkan, model regresi non-linier merupakan model yang menggunakan persamaan kurva untuk merepresentasikan hubungan antara kedua variabel.

TRENDING 🔥  Cara Buat Dompet Sederhana - Sobat Sederhana

3. Langkah Ketiga: Melakukan Uji Regresi Sederhana pada SPSS

Langkah ketiga dalam uji regresi sederhana adalah melakukan uji regresi pada SPSS. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan uji regresi sederhana pada SPSS:

4. Langkah Keempat: Interpretasi Hasil Uji Regresi

Langkah terakhir dalam uji regresi sederhana adalah interpretasi hasil uji regresi. Pada hasil uji regresi, terdapat beberapa informasi yang perlu diperhatikan, yaitu koefisien determinasi (R-squared), koefisien regresi, dan uji signifikansi.

Tabel Contoh

Pendapatan (X)
Pengeluaran (Y)
2000000
1000000
3000000
1500000
4000000
2000000

FAQ

Apa itu Regresi Sederhana?

Regresi sederhana adalah metode statistik yang digunakan untuk menentukan hubungan antara satu variabel bebas (X) dengan satu variabel terikat (Y).

Apa itu Uji Regresi Sederhana?

Uji regresi sederhana adalah metode statistik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

Apa saja Langkah-Langkah dalam Uji Regresi Sederhana pada SPSS?

Langkah-langkah dalam uji regresi sederhana pada SPSS adalah memilih data, menentukan model regresi, melakukan uji regresi pada SPSS, dan interpretasi hasil uji regresi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Uji Regresi Sederhana SPSS