Cara Tumis Cumi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak cumi yang sederhana dan mudah. Cumi merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki tekstur kenyal dan enak untuk diolah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara tumis cumi dengan cara yang mudah dan cepat. Yuk, kita mulai!

Persiapan Bahan

Sebelum memulai cara memasak cumi, kita harus menyediakan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Cumi
500 gram
Bawang putih
4 siung
Bawang merah
5 butir
Cabai merah
3 buah
Cabai hijau
2 buah
Tomat
1 buah
Garam
secukupnya
Gula
1 sendok teh
Air
100 ml
Minyak goreng
3 sendok makan

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai langkah-langkah selanjutnya untuk memasak cumi tumis sederhana ini.

Langkah-langkah Memasak Cumi Tumis

Berikut ini adalah langkah-langkah memasak cumi tumis sederhana:

1. Membersihkan Cumi

Cuci bersih cumi dan potong menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan selera. Buang semua kotoran dan bagian dalam cumi seperti tulang belakang, tinta, dan organ dalam lainnya. Kita hanya membutuhkan daging cumi untuk diolah.

2. Membuat Bumbu Tumis

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau yang sudah diiris tipis. Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk rata.

3. Memasak Cumi

Masukkan cumi ke dalam bumbu tumis dan aduk rata. Tambahkan air dan masak hingga cumi matang dan empuk. Jangan terlalu lama memasak cumi agar tidak menjadi keras.

4. Sajikan

Cumi tumis sederhana siap disajikan. Hidangkan bersama nasi putih hangat. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah cumi harus dicuci dengan air jeruk nipis terlebih dahulu?

Tidak perlu. Cumi bisa dicuci dengan air biasa dan garam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ote-Ote Sosis Sederhana Maknyus

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak cumi tumis?

Waktu memasak cumi tumis tergantung dari jumlah dan ukuran cumi yang digunakan. Namun, pada umumnya waktu masaknya hanya sekitar 10-15 menit.

3. Bisakah bumbu tumis diganti dengan bumbu yang lain?

Tentu saja bisa. Kita bisa mencoba variasi bumbu tumis yang lain sesuai dengan selera. Namun, pada dasarnya bumbu tumis yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat sudah sangat pas untuk cumi tumis yang sederhana.

4. Apa saja bahan yang bisa ditambahkan ke dalam cumi tumis?

Kita bisa menambahkan sayuran seperti paprika, wortel, atau kacang polong. Selain itu, bahan lain yang bisa ditambahkan adalah saus tiram, kecap manis, atau minyak wijen.

5. Apakah cumi bisa disimpan dalam freezer?

Bisa. Cumi bisa disimpan dalam freezer untuk menjaga kesegarannya. Namun, sebaiknya cumi langsung dimasak setelah dibeli agar lebih segar dan lezat.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi cara tumis cumi sederhana yang bisa kita coba di rumah. Dengan panduan yang mudah ini, kita bisa membuat masakan cumi yang lezat dan tentunya sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Tumis Cumi Sederhana