Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara ternak jangkrik sederhana. Bagi kalian yang masih awam atau baru hendak terjun ke dunia budidaya jangkrik, mungkin artikel ini bisa menjadi panduan awal yang bermanfaat. Yuk, langsung saja kita mulai!

Persiapan Sebelum Ternak Jangkrik

Sebelum memulai budi daya jangkrik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain:

1. Menentukan Lokasi

Lokasi bisa menjadi faktor penting dalam keberhasilan budi daya jangkrik. Pilihlah tempat yang tidak terlalu lembab, terkena sinar matahari langsung serta ventilasi yang baik. Pastikan juga lokasi mudah dijangkau dan tidak terlalu berisik, agar jangkrik tidak terganggu.

2. Menyiapkan Kandang

Kandang merupakan tempat budi daya jangkrik. Kandang jangkrik bisa berupa kotak atau wadah yang terbuat dari kardus, plastik atau bahan lain yang mudah didapat. Kandang jangkrik harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:

  1. Ukuran kandang minimal 20 x 20 x 30 cm
  2. Dilengkapi dengan wadah air minum dan tempat pakan
  3. Memiliki bagian atas yang terbuat dari kasa atau paralon untuk sirkulasi udara

3. Membeli Bibit Jangkrik

Selanjutnya, kita perlu membeli bibit jangkrik. Bibit jangkrik bisa diperoleh di peternakan hewan atau toko hewan peliharaan. Saat membeli bibit, pilih bibit yang sehat dan aktif bergerak.

4. Menyiapkan Pakan dan Minuman

Untuk memelihara jangkrik, kita perlu menyiapkan pakan dan minuman yang cukup. Pakan jangkrik bisa berupa pelet, tepung ikan atau dedak, sedangkan minuman bisa berupa air atau jus buah yang dicampur dengan air.

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Berikut ini adalah cara ternak jangkrik sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rumah Stik Sederhana

1. Persiapan Kandang

Pertama-tama, siapkan kandang yang sudah dilengkapi dengan wadah air minum dan tempat pakan. Jangan lupa pasang bagian atas kandang yang terbuat dari kasa atau paralon untuk sirkulasi udara.

2. Menempatkan Bibit Jangkrik

Masukkan bibit jangkrik ke dalam kandang. Jangan terlalu banyak memasukkan bibit agar kandang tidak terlalu penuh dan jangkrik bisa bergerak dengan leluasa.

3. Pemberian Pakan dan Minuman

Berikan pakan dan minuman yang cukup pada jangkrik. Pastikan wadah pakan dan minuman selalu terisi.

4. Penjemuran

Jangkrik membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang. Sebaiknya kandang ditempatkan di tempat yang dapat terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap harinya.

5. Perawatan Rutin

Periksa kandang dan kondisi jangkrik setiap hari. Bersihkan kandang secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan kandang.

Tabel Kebutuhan Pakan dan Minuman

Jenis Pakan/Minuman
Jumlah
Pelet Jangkrik
5 gram/hari
Tepung Ikan/Dedak
10 gram/hari
Air
1 botol/hari
Jus Buah+Cairan
1 botol/hari

FAQ Ternak Jangkrik

1. Apakah jangkrik mudah dipelihara?

Ya, jangkrik termasuk hewan yang mudah dipelihara. Cukup sediakan kandang, pakan dan minuman yang cukup, serta berikan perawatan rutin setiap hari.

2. Berapa lama jangkrik bisa dibiakkan?

Jangkrik bisa dibiakkan sejak kecil sampai dewasa. Masa pengeraman telur jangkrik hanya memerlukan waktu 5-7 hari saja.

3. Apakah jangkrik bisa dijual untuk dikonsumsi?

Ya, jangkrik bisa dijual sebagai makanan konsumsi manusia atau sebagai pakan burung dan reptil. Namun pastikan jangkrik yang dijual sudah steril dan bebas dari zat kimia berbahaya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara ternak jangkrik sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba budi daya jangkrik di rumah. Jangan lupa perhatikan persiapan kandang, pemberian pakan dan minuman, serta lakukan perawatan rutin setiap hari. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Laporan Praktikum Cara Perkolasi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana