Cara Sederhana Setting Klep Motor untuk Yamaha Scorpio Z

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu memiliki Yamaha Scorpio Z yang butuh perawatan secara rutin? Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah setting klep motor. Meski terkesan sepele, setting klep motor yang tepat dapat meningkatkan performa motor dan mencegah kerusakan mesin yang lebih serius. Yuk simak cara sederhana setting klep motor untuk Yamaha Scorpio Z berikut ini!

1. Persiapan Alat

Sebelum mulai setting klep motor, pastikan kamu sudah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti kunci pas, kunci ring, feeler gauge, penjepit klep, dan spanner. Jangan lupa juga siapkan oli mesin dan kain lap untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor.

Feeler Gauge

Feeler gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur jarak antara klep dan rocker arm. Kamu bisa membeli feeler gauge di toko aksesoris motor terdekat atau melalui marketplace online.

2. Membuka Tutup Klep Motor

Setelah semua alat sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuka tutup klep motor dengan menggunakan kunci pas. Pastikan mesin dalam keadaan dingin sebelum membuka tutup klep.

Memeriksa Kondisi Pegas Klep

Saat membuka tutup klep, periksa kondisi pegas klep. Pastikan tidak ada pegas yang rusak atau retak. Jika ada, segera ganti dengan yang baru.

3. Menentukan Titik Transmisi dan Setting Klep Motor

Setelah tutup klep terbuka, putar kruk as hingga memasuki titik transmisi. Kemudian, letakkan feeler gauge antara klep dan rocker arm. Pastikan jarak antara keduanya sesuai dengan ukuran yang dianjurkan oleh pabrik motor.

Periksa Kembali Settingan Klep

Setelah setting klep motor dipastikan sudah tepat, coba putar kruk as hingga maju satu putaran penuh. Periksa kembali settingan klep, pastikan tidak ada yang bergeser atau terlepas dari posisinya.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membersihkan Blok Mesin Motor

4. Mengganti Oli Mesin

Setelah semua proses setting klep motor selesai, jangan lupa untuk mengganti oli mesin. Oli yang sudah digunakan terlalu lama dapat menyebabkan mesin cepat rusak dan kurang optimal saat digunakan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah setting klep motor penting untuk dilakukan secara rutin?
Iya, setting klep motor penting untuk meningkatkan performa motor dan mencegah kerusakan mesin yang lebih serius.
Bagaimana cara menentukan ukuran yang tepat untuk jarak antara klep dan rocker arm?
Kamu bisa menemukan ukuran yang tepat pada buku manual atau panduan dari pabrik motor.
Apakah feeler gauge harus diganti secara rutin?
Tidak, kamu bisa menggunakan feeler gauge yang sama selama masih dalam kondisi baik dan tidak rusak.

5. Menutup Tutup Klep Motor

Setelah semua proses selesai, rapatkan kembali tutup klep motor dengan kunci pas. Pastikan sudah tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran oli atau kotoran masuk ke mesin.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Setting Klep Motor untuk Yamaha Scorpio Z