Cara Sederhana Pengganti Waterpass

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian ingin merenovasi rumah atau membangun rumah baru? Salah satu alat yang sangat penting dalam proses konstruksi adalah waterpass. Namun, tidak semua orang memiliki akses atau mampu membeli waterpass dengan harga yang cukup mahal. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara sederhana pengganti waterpass. Simak terus ya!

1. Pengertian Waterpass

Sebelum kita mengenal cara sederhana pengganti waterpass, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu waterpass. Waterpass adalah alat ukur yang digunakan untuk menentukan ketinggian suatu benda atau permukaan terhadap permukaan air laut yang datar. Biasanya waterpass digunakan untuk mengukur ketinggian lantai atau kestabilan suatu bangunan.

Waterpass terdiri dari sebuah tabung yang diisi air dan dibagi menjadi dua bagian dengan sebuah garis tembus pandang atau kaca. Ketika alat ini diletakkan pada permukaan datar, maka air akan berada pada level yang sama di kedua sisi alat. Dari sini kita bisa mengetahui ketinggian suatu benda.

2. Harga Waterpass

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga waterpass cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Untuk waterpass kualitas standar, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk waterpass dengan kualitas dan fungsi yang lebih tinggi, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Alternatif Sederhana Pengganti Waterpass

Jika kalian tidak memiliki akses atau tidak ingin membeli waterpass dengan harga yang mahal, kalian bisa menggunakan alternatif sederhana pengganti waterpass. Salah satu alternatif ini adalah penggunaan selang plastik.

Caranya, cukup siapkan selang plastik yang panjangnya lebih dari 1 meter, air, dan wadah untuk air. Letakkan kedua ujung selang pada titik A dan titik B yang akan diukur ketinggiannya. Pastikan selang tidak bocor dan berada pada posisi horizontal. Kemudian isi selang dengan air hingga penuh dan tutup kedua ujung dengan jari. Angkat kedua ujung selang dan periksa apakah air berada pada level yang sama di kedua ujung.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Kekuatan Renggang Putus Secara Sederhana

Jika air berada pada level yang sama, maka ketinggian titik A dan titik B juga sama. Namun, jika air berbeda level, maka kalian harus menambah atau mengurangi jumlah air pada salah satu ujung selang hingga air berada pada level yang sama di kedua ujung.

4. Keuntungan Menggunakan Selang Plastik Sebagai Pengganti Waterpass

Selain lebih murah, penggunaan selang plastik juga memiliki beberapa keuntungan. Pertama, selang plastik lebih fleksibel sehingga mudah dibawa dan digunakan di mana saja. Kedua, selang plastik juga lebih tahan banting dan tidak mudah pecah.

5. Cara Menggunakan Selang Plastik Sebagai Pengganti Waterpass dengan Benar

Agar hasil pengukuran menggunakan selang plastik lebih akurat, kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pilih selang plastik yang berkualitas baik dan panjangnya lebih dari 1 meter.
  2. Pilih titik A dan titik B yang sejajar dan berada di permukaan datar.
  3. Isi selang dengan air hingga penuh dan tutup kedua ujung dengan jari.
  4. Angkat kedua ujung selang secara bersamaan dan pastikan kedua ujung selang berada pada posisi horizontal.
  5. Periksa apakah air berada pada level yang sama di kedua ujung. Jika tidak, tambahkan atau kurangi air pada salah satu ujung hingga air berada pada level yang sama.
  6. Gunakan selang plastik sebagai acuan untuk menandai titik A dan titik B.

6. Kapan Menggunakan Selang Plastik Sebagai Pengganti Waterpass Tidak disarankan

Meskipun penggunaan selang plastik sebagai pengganti waterpass cukup sederhana dan murah, namun ada beberapa kondisi di mana penggunaannya tidak disarankan. Pertama, jika titik A dan titik B terletak pada jarak yang sangat jauh atau berada di area yang sulit dijangkau. Kedua, jika ketelitian pengukuran sangat penting dan sangat sensitif terhadap perbedaan ketinggian dalam satuan milimeter.

TRENDING 🔥  Cara Buat Sederhana Dari Foto

7. Contoh Penggunaan Selang Plastik Sebagai Pengganti Waterpass

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah beberapa contoh penggunaan selang plastik sebagai pengganti waterpass dalam konstruksi rumah:

No.
Titik Ukur
Ketinggian (meter)
Keterangan
1
Tembok A
2,7
2
Tembok B
2,7
3
Lantai 1
3,5
4
Atap
5,5

Dalam tabel di atas, kita bisa melihat ketinggian dari beberapa titik dalam konstruksi rumah yang diukur menggunakan selang plastik sebagai pengganti waterpass.

8. FAQ

1. Apakah selang plastik bisa digunakan untuk mengukur ketinggian yang sangat sensitif?

Tidak disarankan. Selang plastik lebih cocok digunakan untuk pengukuran yang bersifat kasar atau kurang sensitif terhadap perbedaan ketinggian dalam satuan milimeter.

2. Apa saja keuntungan penggunaan selang plastik sebagai pengganti waterpass?

Beberapa keuntungan penggunaan selang plastik antara lain lebih murah, lebih fleksibel, dan lebih tahan banting.

3. Apakan ketelitian dalam pengukuran menggunakan selang plastik bisa dikatakan akurat?

Tergantung pada kondisi yang diukur dan kondisi selang plastik itu sendiri. Namun, penggunaan selang plastik lebih cocok digunakan untuk pengukuran yang bersifat kasar atau kurang sensitif terhadap perbedaan ketinggian dalam satuan milimeter.

9. Kesimpulan

Meskipun waterpass adalah alat yang sangat penting dalam proses konstruksi, namun tidak semua orang mampu membelinya karena harganya yang cukup mahal. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menggunakan alternatif sederhana pengganti waterpass seperti penggunaan selang plastik. Selang plastik lebih murah, lebih fleksibel, dan lebih tahan banting. Namun, penggunaan selang plastik hanya disarankan untuk pengukuran yang bersifat kasar atau kurang sensitif terhadap perbedaan ketinggian dalam satuan milimeter.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Pengganti Waterpass