Cara Sederhana Meruqyah Keluarga

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara sederhana meruqyah keluarga. Meruqyah adalah suatu tindakan untuk membersihkan diri dari gangguan makhluk halus seperti jin atau sihir. Sebagai keluarga muslim, meruqyah sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari pengaruh negatif makhluk halus.

Apa itu Meruqyah?

Meruqyah adalah tindakan untuk membersihkan diri dari pengaruh negatif makhluk halus seperti jin atau sihir. Meruqyah dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang ini, yaitu seorang ustadz atau kyai. Namun, meruqyah juga dapat dilakukan oleh keluarga sendiri dengan syarat harus memahami tata cara melakukan meruqyah yang benar.

Meruqyah merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Nabi juga pernah meruqyah diri sendiri dan umatnya dari gangguan makhluk halus. Dalam hadits disebutkan, “Aku meminta perlindungan atas diriku, keluargaku, dan harta benda yang ada di tanganku dari setiap setan yang terkutuk, dan penyakit yang merajalela” (HR Muslim).

Kenapa Meruqyah Penting untuk Keluarga?

Meruqyah sangat penting untuk keluarga muslim, karena keluarga merupakan salah satu sasaran utama jin dan setan untuk menyebarkan keburukan. Selain itu, sebagai orang tua yang bertanggung jawab atas keluarga, kita harus melindungi keluarga dari pengaruh negatif makhluk halus.

Meruqyah juga dapat meningkatkan keimanan dan taqwa keluarga. Dalam proses meruqyah, biasanya juga dibacakan beberapa doa-doa dan ayat-ayat suci Al-Quran yang dapat membantu memperkuat iman dan taqwa keluarga.

Siapa yang Boleh Melakukan Meruqyah?

Meruqyah sebaiknya dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang ini, yaitu seorang ustadz atau kyai. Namun, jika tidak ada ustadz atau kyai yang dapat menghadiri rumah kita, maka meruqyah dapat dilakukan oleh keluarga sendiri dengan syarat harus memahami tata cara melakukan meruqyah yang benar.

TRENDING ๐Ÿ”ฅ  Cara Membuat Sayur Sop Sederhana dan Mudah

Sebelum melakukan meruqyah, kita juga harus memastikan bahwa gangguan yang dialami memang berasal dari makhluk halus, bukan karena suatu penyakit fisik atau psikologis. Jika gangguan berasal dari penyakit fisik atau psikologis, maka perlu konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Tata Cara Meruqyah Keluarga

1. Membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi adalah salah satu ayat suci Al-Quran yang dapat membantu menjaga kita dari gangguan makhluk halus. Sebelum memulai meruqyah, bacalah Ayat Kursi sebanyak 7 kali atau lebih, kemudian tiupkan ke seluruh tubuh.

2. Membaca Surah Al-Falaq dan An-Naas

Surah Al-Falaq dan An-Naas merupakan surah-surah pendek yang juga dapat membantu menjaga kita dari gangguan makhluk halus. Bacalah surah ini sebanyak 7 kali atau lebih, kemudian tiupkan ke seluruh tubuh.

3. Membaca Doa Perlindungan

Selain Ayat Kursi dan Surah Al-Falaq dan An-Naas, kita juga dapat membaca doa perlindungan sebelum memulai meruqyah. Salah satu doa perlindungan yang dapat dibaca adalah:

Arab
Latin
Arti
ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ููŠุนู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู…ู
Aโ€™udzu billahi al-sami al-โ€˜alimi
Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui

4. Membacakan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

Setelah membaca Ayat Kursi, Surah Al-Falaq dan An-Naas, serta doa perlindungan, selanjutnya bacakanlah ayat-ayat suci Al-Quran yang relevan dengan kasus yang dialami. Ada beberapa ayat suci Al-Quran yang sering dibacakan dalam proses meruqyah, antara lain:

Ayat
Arti
Al-Baqarah: 255
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Maha Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluknya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaโ€™at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
Al-Baqarah: 285-286
โ€ฆ Kami tidak membeda-bedakan antara salah seorang dari rasul-rasul-Nya. Dan mereka berkata, โ€œKami dengar dan kami taat.โ€ (mereka berdoa), โ€œAmpunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.โ€ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa), โ€œYa Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.โ€
Al-Muโ€™minun: 97-98
Dan katakanlah: โ€œYa Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari godaan-godaan syaitan. Dan aku berlindung kepada-Mu ya Tuhanku, dari kehadiran mereka di sisiku.โ€
TRENDING ๐Ÿ”ฅ  Cara Kerja Balon Udara Sederhana

5. Membacakan Doa Akhir Meruqyah

Setelah membacakan ayat-ayat suci Al-Quran yang relevan, akhiri proses meruqyah dengan membaca doa akhir meruqyah. Salah satu doa akhir meruqyah yang dapat dibaca adalah:

Arab
Latin
Arti
ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุงู…ู‘ูŽุงุชู ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ
Aโ€™udzu bikalimatillahi al-tammati min syarri ma khalaq
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.

FAQ

1. Apakah Meruqyah Diperbolehkan dalam Islam?

Ya, meruqyah diperbolehkan dalam Islam. Meruqyah merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

2. Apakah Meruqyah Hanya Dilakukan Oleh Ustadz atau Kyai?

Sebaiknya meruqyah dilakukan oleh seorang yang ahli dalam bidang ini, yaitu seorang ustadz atau kyai. Namun, jika tidak ada ustadz atau kyai yang dapat menghadiri rumah kita, maka meruqyah dapat dilakukan oleh keluarga sendiri dengan syarat harus memahami tata cara melakukan meruqyah yang benar.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Gangguan Tidak Hilang Setelah Meruqyah?

Jika gangguan tidak hilang setelah meruqyah, sebaiknya mencari bantuan dari orang yang ahli dalam bidang ini, yaitu seorang ustadz atau kyai. Gangguan yang tidak hilang dapat disebabkan karena kelalaian dalam melakukan meruqyah atau kasus yang lebih kompleks yang memerlukan bantuan dari ahli.

4. Apakah Meruqyah Berbahaya?

Tidak, meruqyah tidak berbahaya jika dilakukan dengan benar. Namun, sebaiknya melakukan meruqyah dengan hati-hati dan mengikuti tata cara yang benar agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

5. Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Makhluk Halus?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan makhluk halus antara lain:

  • Meningkatkan keimanan dan taqwa
  • Membaca Ayat Kursi, Surah Al-Falaq dan An-Naas secara rutin
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
  • Meningkatkan kerukunan dalam keluarga
TRENDING ๐Ÿ”ฅ  Makalah Cara Kerja dan Diagram Mesin Uap Sederhana

Kesimpulan

Berkeluarga merupakan suatu amanah dan tanggung jawab besar bagi setiap orang tua. Selain menjaga keharmonisan keluarga, kita juga harus melindungi keluarga dari pengaruh negatif makhluk halus. Meruqyah merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk membersihkan diri dari gangguan makhluk halus. Namun, sebaiknya melakukannya dengan hati-hati dan mengikuti tata cara yang benar. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Meruqyah Keluarga