Cara Sederhana Menyimpan Cabe Supaya Jangan Busuk

Salam hangat Sobat Sederhana! Tahukah kamu bahwa cabe merupakan bahan masakan yang tak bisa lepas dari hidangan di Indonesia? Mulai dari sambal, sayur, hingga nasi goreng, cabe selalu ada di setiap hidangan. Namun, seringkali kita kesulitan menyimpan cabe agar tak cepat busuk. Nah, kali ini kita akan membahas cara sederhana menyimpan cabe supaya tidak cepat busuk. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Kenapa Cabe Cepat Busuk?

Sebelum membahas cara menyimpan cabe, ada baiknya kita mengetahui dulu mengapa cabe cepat busuk. Cabe busuk disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaannya. Hal ini biasanya terjadi ketika cabe disimpan dalam kondisi yang lembab dan panas. Jamur dan bakteri ini dapat menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyimpan cabe dengan benar.

Bagaimana Cara Sederhana Menyimpan Cabe?

Berikut ini adalah cara sederhana menyimpan cabe agar tidak cepat busuk:

1. Pilih Cabe yang Segar

Pilih cabe yang masih segar dan matang untuk disimpan. Jangan memilih cabe yang sudah lembek atau berlubang, karena cabe tersebut lebih mudah busuk.

2. Bersihkan Cabe dengan Bersih

Sebelum disimpan, pastikan cabe sudah bersih dari kotoran atau debu. Cuci cabe dengan air mengalir hingga bersih, kemudian keringkan menggunakan lap bersih atau tissue.

3. Potong Cabe Sesuai Kebutuhan

Jika kamu hanya membutuhkan sedikit cabe, lebih baik potong cabe sesuai kebutuhan. Hal ini akan menghindari cabe dari kontak dengan udara yang berlebih dan mempercepat proses pembusukan.

4. Simpan Cabe di Tempat yang Sejuk dan Kering

Cabe sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti dalam kulkas pada suhu 4-10 derajat Celsius. Hindari menyimpan cabe di tempat yang lembab, seperti dalam wadah tertutup atau plastik. Udara yang lembab dapat mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri pada cabe.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Pempek Palembang Sederhana

5. Gunakan Wadah yang Tepat

Pilih wadah yang sesuai untuk menyimpan cabe. Jangan menyimpan cabe dalam wadah yang terbuat dari logam atau besi, karena dapat merusak cabe. Lebih baik menggunakan wadah yang terbuat dari plastik atau kaca yang kedap udara.

6. Jangan Mencuci Cabe Sebelum Disimpan di Kulkas

Ketika akan menyimpan cabe di kulkas, jangan mencuci cabe terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat cabe mudah busuk karena kulkas tidak dapat mengeringkan cabe dengan baik.

7. Jangan Memotong Cabe Sebelum Disimpan di Kulkas

Jangan memotong cabe terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Potong cabe sesuai kebutuhan setelah diambil dari kulkas. Hal ini dapat menghindari cabe dari kontak dengan udara yang berlebih dan mempercepat proses pembusukan.

8. Simpan Cabe Setelah Dicelupkan dalam Air Mendidih

Salah satu cara untuk membuat cabe tahan lama adalah dengan mencelupkannya dalam air mendidih selama 3-5 detik. Setelah itu, angkat cabe dan tiriskan. Cabe yang sudah dicelupkan dalam air mendidih dapat bertahan lebih lama.

9. Simpan Cabe dalam Wadah Berlubang

Untuk menghindari kelembaban pada cabe, kamu dapat menyimpan cabe dalam wadah yang berlubang. Hal ini dapat membuat udara di sekitar cabe tetap bergerak dan mengurangi risiko jamur dan bakteri berkembang biak.

10. Jangan Menyimpan Cabe dalam Jumlah Banyak

Lebih baik menyimpan cabe dalam jumlah sedikit, daripada dalam jumlah banyak. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengambil cabe yang diinginkan tanpa harus membuka wadah secara keseluruhan. Selain itu, penyimpanan cabe dalam jumlah banyak juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada cabe.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah cabe perlu disimpan di kulkas?
Ya, cabe sebaiknya disimpan di kulkas untuk membuatnya tahan lama.
Berapa lama cabe dapat bertahan di dalam kulkas?
Cabe dapat bertahan di dalam kulkas selama 1-2 minggu.
Apakah cabe harus dicuci sebelum disimpan di kulkas?
Tidak, cabe sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas.
Apakah cabe yang sudah busuk masih bisa disimpan?
Tidak, cabe yang sudah busuk sebaiknya segera dibuang karena dapat berbahaya bagi kesehatan.
TRENDING 🔥  Cara Buat Kembang Goyang Sederhana

Kesimpulan

Nah, itu dia cara sederhana menyimpan cabe agar tidak cepat busuk. Ingatlah untuk selalu memilih cabe yang segar, menjaga kebersihan cabe, menyimpan cabe di tempat yang sejuk dan kering, serta menggunakan wadah yang tepat. Dengan cara ini, kamu bisa menyimpan cabe lebih lama dan tetap aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Menyimpan Cabe Supaya Jangan Busuk