Cara Sederhana Menseting Mikrotik untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara sederhana menyeting menseting mikrotik. Bagi Sobat Sederhana yang belum terbiasa dengan perangkat mikrotik, jangan khawatir karena kita akan membahasnya secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk, simak pembahasannya!

Apa itu Mikrotik?

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih jauh tentang cara menyeting mikrotik, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu mikrotik. Mikrotik merupakan sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengatur dan mengelola jaringan internet pada sebuah perusahaan atau organisasi. Dengan menggunakan mikrotik, kita dapat membatasi akses internet, memantau penggunaan bandwidth, serta mengoptimalkan performa jaringan.

Kenapa Harus Menseting Mikrotik?

Mengapa kita harus menyeting mikrotik? Ada beberapa alasan mengapa kita harus menseting mikrotik, diantaranya:

  1. Memastikan keamanan jaringan internet
  2. Mengoptimalkan performa jaringan
  3. Membatasi akses internet
  4. Meningkatkan efisiensi penggunaan bandwidth

Cara Sederhana Menseting Mikrotik

Perangkat yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai proses menseting mikrotik, ada beberapa perangkat yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah perangkat yang dibutuhkan:

Perangkat
Jumlah
Mikrotik
1 buah
Kabel LAN
Sesuai kebutuhan
Modem
Sesuai kebutuhan

Langkah-langkah Menseting Mikrotik

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menyeting mikrotik:

1. Koneksi Mikrotik ke PC/Laptop

Pertama-tama, kita harus melakukan koneksi antara mikrotik dengan PC/laptop. Caranya, hubungkan salah satu port ethernet pada mikrotik ke port ethernet pada PC/laptop menggunakan kabel LAN.

2. Setting IP Address pada Laptop/PC

Selanjutnya, kita harus mensetting IP Address pada laptop/PC agar bisa terhubung dengan mikrotik. Caranya, klik kanan pada ikon jaringan pada taskbar dan pilih “Open Network & Internet Settings”. Lalu, pilih “Change Adapter Options” dan klik kanan pada koneksi yang digunakan. Pilih “Properties” dan pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”. Masukkan IP Address yang sesuai dengan jaringan mikrotik.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Rumah Sederhana Pakai Preceest

3. Login ke Mikrotik

Setelah IP Address sudah diatur, buka web browser dan ketikkan IP Address pada Address bar. Kemudian, masukkan username dan password untuk mengakses mikrotik.

4. Setting Dasar Mikrotik

Setelah berhasil login, kita harus melakukan setting dasar pada mikrotik. Caranya, klik pada menu “IP” dan pilih sub-menu “Addresses”. Lalu, klik tombol “+” untuk menambahkan IP Address pada mikrotik.

5. Setting NAT

NAT (Network Address Translation) digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Untuk mengaktifkan NAT, klik pada menu “IP” dan pilih sub-menu “Firewall”. Selanjutnya, pilih tab “NAT” dan klik tombol “+” untuk

Cara Sederhana Menseting Mikrotik untuk Sobat Sederhana