Cara Sederhana Mengatasi BAB

Hello, Sobat Sederhana!

BAB atau Buang Air Besar adalah proses alamiah yang sangat penting bagi tubuh kita. Ketika BAB tidak teratur atau sulit, itu bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. BAB yang tidak lancar atau sembelit bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pola makan yang buruk, minum kurang air, kurang bergerak, dan banyak lagi. Di artikel ini, kita akan membahas 20 cara sederhana mengatasi BAB.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Salah satu penyebab utama sembelit adalah kurangnya konsumsi air putih. Jika tubuh kekurangan air, feses bisa menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Untuk mengatasi ini, pastikan Anda minum setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari.

Idealnya, minum air putih sepanjang hari dan hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh, karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan memperparah sembelit.

Jika Anda tidak terbiasa minum banyak air putih, cobalah mulai dengan jumlah yang sedikit dan perlahan-lahan tingkatkan jumlahnya setiap harinya.

Manfaat Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup
Membantu melancarkan BAB
Mencegah dehidrasi
Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

2. Makan Banyak Serat

Makanan yang kaya serat dapat membantu melancarkan BAB. Serat yang terdapat di dalam sayuran, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu membentuk feses yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

American Dietetic Association merekomendasikan mengonsumsi 20-35 gram serat per hari untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya serat:

  • Buah-buahan seperti apel, jeruk, pir, dan buah ara.
  • Sayuran seperti brokoli, bayam, kol, dan wortel.
  • Biji-bijian seperti beras coklat, quinoa, barley, dan oat.
  • Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kedelai, dan almond.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu melancarkan BAB. Olahraga meningkatkan pergerakan usus dan membantu mengurangi risiko sembelit.

Satu studi menemukan bahwa orang yang rutin berolahraga lebih jarang menderita sembelit dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga secara teratur.

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

TRENDING 🔥  Cara Buat Risol Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam usus. Konsumsi probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan BAB.

Probiotik dapat ditemukan dalam makanan seperti yoghurt, kefir, dan kimchi. Anda juga dapat mengambil suplemen probiotik jika Anda merasa sulit untuk mengonsumsi makanan probiotik sehari-hari.

5. Istirahat Cukup

Kurang tidur atau stres berkepanjangan dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda dan menyebabkan sembelit. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam dan cari cara untuk mengurangi stres dalam hidup Anda.

Ada beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu mengurangi stres, seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam-dalam.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan atau makanan cepat saji seringkali mengandung sedikit serat dan banyak lemak dan sodium. Konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan sembelit dan berdampak negatif pada kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan.

Coba untuk memasak makanan sendiri di rumah dan hindari makanan olahan atau makanan cepat saji. Tetapkan tujuan untuk makan makanan segar dan sehat setiap hari.

7. Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Konsumsi alkohol dan merokok dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Alkohol dapat mengganggu fungsi usus, sementara merokok dapat menyebabkan sembelit.

Coba untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok, atau setidaknya batasi konsumsi Anda jika Anda tidak dapat menghindarinya sepenuhnya.

8. Minum Kopi atau Teh Hangat

Kopi dan teh hangat dapat merangsang gerakan usus dan membantu melancarkan BAB. Namun, jangan minum terlalu banyak kopi atau teh, karena kafein dapat mengganggu keseimbangan cairan tubuh Anda dan memperparah sembelit.

9. Beristirahat di Kamar Mandi

Beristirahat di kamar mandi selama beberapa menit setelah makan dapat membantu meningkatkan gerakan usus. Ini juga bisa membantu Anda merasa lebih santai dan nyaman selama BAB.

Cobalah untuk memasang tisu atau buku di kamar mandi Anda, sehingga Anda dapat duduk dengan nyaman selama Anda ingin beristirahat.

TRENDING 🔥  Cara Mengukur Salinitas dengan Alat Sederhana

10. Hindari Obat Sembelit

Obat sembelit dapat membantu melancarkan BAB, tetapi jika digunakan secara terus menerus, dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda secara negatif.

Cobalah untuk mengatasi sembelit dengan cara alami terlebih dahulu. Jika sembelit Anda parah atau berlangsung lebih dari beberapa hari, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran medis.

11. Makan dalam Porsi yang Kecil

Makan dalam porsi yang besar dapat menyebabkan sembelit karena usus tidak dapat menangani terlalu banyak makanan sekaligus. Cobalah makan dalam porsi yang lebih kecil dengan frekuensi yang lebih sering, seperti 5-6 kali sehari.

12. Makan Banyak Buah-buahan yang Menyegarkan

Buah-buahan yang menyegarkan seperti semangka, melon, dan anggur mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu melancarkan BAB. Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan segar setiap hari sebagai camilan atau sebagai bagian dari makanan utama Anda.

13. Mengonsumsi Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang sangat sehat dan dapat membantu melancarkan BAB. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang, yang mudah dicerna oleh tubuh dan dapat membantu melunakkan feses.

Cobalah untuk menambahkan minyak kelapa ke makanan dan minuman Anda sebagai bahan masakan atau sebagai pengganti mentega atau minyak sayur.

14. Mengonsumsi Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu melancarkan BAB karena mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Teh jahe juga dapat membantu meningkatkan pergerakan usus.

Cobalah untuk minum teh jahe setiap hari atau menambahkan jahe ke makanan dan minuman Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

15. Makan Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan BAB. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt setiap hari sebagai camilan sehat atau sebagai bagian dari makanan utama Anda.

16. Mengonsumsi Suplemen Magnesium

Magnesium adalah mineral yang penting untuk fungsi pencernaan yang sehat. Jika Anda kekurangan magnesium, ini dapat menyebabkan sembelit.

Cobalah untuk mengonsumsi suplemen magnesium setiap hari atau makan makanan yang kaya magnesium seperti bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Risoles Sederhana dan Enak untuk Sobat Sederhana

17. Makan Pisang

Pisang mengandung serat dan kalium yang dapat membantu melancarkan BAB. Pisang juga mengandung pektin, serat yang membantu mengikat air dalam feses dan menjaganya tetap lembut.

Cobalah untuk mengonsumsi pisang setiap hari sebagai camilan sehat atau sebagai bagian dari makanan utama Anda.

18. Hindari Makanan yang Memicu Peradangan

Makanan tertentu dapat memicu peradangan dalam tubuh dan menyebabkan sembelit. Makanan yang umumnya menyebabkan peradangan termasuk makanan yang digoreng, makanan olahan, dan makanan yang mengandung gula tambahan.

Cobalah untuk menghindari makanan-makanan ini sebisa mungkin dan fokus pada makanan segar dan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

19. Makan Keju Kefir

Keju kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Anda dapat menemukan keju kefir di toko makanan kesehatan atau membuatnya sendiri di rumah.

Cobalah minum keju kefir setiap hari untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan melancarkan BAB.

20. Mengonsumsi Biji Chia

Biji chia mengandung banyak serat dan omega-3 asam lemak, yang dapat membantu melancarkan BAB. Biji chia juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Cobalah menambahkan biji chia ke makanan atau minuman Anda sebagai sumber protein yang sehat dan alami.

FAQ

1. Berapa banyak air yang harus saya minum setiap hari?

Anda harus minum setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

2. Apa makanan yang dapat membantu melancarkan BAB?

Makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat membantu melancarkan BAB.

3. Apa yang harus saya hindari makanan agar tidak terkena sembelit?

Hindari konsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang mengandung gula tambahan. Makan makanan yang segar dan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Mengatasi BAB

https://youtube.com/watch?v=KkPdC11jQ30