Cara Sederhana Menanam pada Tanaman Jagung

Sobat Sederhana, selamat datang di artikel kali ini! Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara sederhana menanam pada tanaman jagung. Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang kaya manfaat dan mudah ditanam. Tanaman jagung ini sangat populer di Indonesia, karena digunakan sebagai bahan baku makanan, pakan ternak, bahkan sebagai bahan biofuel. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan Lahan

Sebelum menanam jagung, pertama-tama kita perlu melakukan persiapan lahan terlebih dahulu. Persiapan lahan yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen jagung nantinya. Berikut beberapa langkah persiapan lahan yang perlu Sobat Sederhana lakukan:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih lokasi yang tepat untuk menanam jagung. Pilihlah lahan yang terkena sinar matahari secara langsung dan memiliki ketinggian yang cukup agar air tidak tergenang pada saat hujan turun. Selain itu, pastikan juga bahwa tanahnya subur dan gembur sehingga akar jagung bisa tumbuh dengan baik.

2. Membersihkan Lahan dari Gulma

Setelah menemukan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah membersihkan lahan dari gulma. Gulma merupakan tanaman liar yang tumbuh di lahan kosong, dan dapat menyerap nutrisi yang seharusnya diperuntukkan bagi tanaman jagung. Oleh karena itu, pastikan lahan yang akan digunakan bebas dari gulma sebelum menanam jagung.

3. Olah Tanah

Setelah membersihkan lahan dari gulma, lanjutkan dengan mengolah tanah. Caranya adalah dengan membajak atau menggemburkan tanah dengan cangkul atau garpu tanah. Tujuannya adalah untuk membuat tanah menjadi lunak sehingga akar jagung bisa tumbuh dengan mudah. Selain itu, pengolahan tanah juga dapat memperbaiki struktur tanah sehingga dapat menyerap air dan nutrisi dengan lebih baik.

TRENDING 🔥  Cara Beternak Belut Secara Sederhana Dalam Bak

4. Beri Pupuk Organik

Terakhir, berikan pupuk organik pada tanah yang telah digemburkan. Pupuk organik akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman jagung dan juga dapat memperbaiki kualitas tanah. Pilihlah pupuk organik yang berkualitas dan aplikasikan sesuai dosis yang dianjurkan.

Penanaman Jagung

Selanjutnya, setelah persiapan lahan selesai, saatnya untuk menanam jagung. Berikut langkah-langkah menanam jagung yang perlu Sobat Sederhana lakukan:

1. Buat Lubang Tanam

Pertama, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 50-60 cm. Kedalaman lubang sekitar 3-5 cm.

2. Letakkan Benih Jagung

Letakkan benih jagung di dalam lubang tanam. Pilih benih yang berkualitas dan sehat agar pertumbuhan jagung lebih optimal.

3. Siram Tanah

Siram tanah dengan air secukupnya. Pastikan tanah tetap lembab namun tidak tergenang air.

4. Tunggu Hingga Tumbuh

Tunggu hingga benih jagung tumbuh. Biasanya memakan waktu sekitar 7-10 hari. Setelah tumbuh, Anda dapat memberikan pupuk tambahan untuk mendukung pertumbuhan jagung.

Pemeliharaan Tanaman Jagung

Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, perlu dilakukan pemeliharaan tanaman jagung yang baik. Berikut tips untuk memelihara tanaman jagung:

1. Siram Tanaman Secara Teratur

Siram tanaman secara teratur, terutama pada saat musim kemarau. Pastikan tanah selalu lembab agar tanaman jagung tetap tumbuh dengan baik.

2. Beri Pupuk Tambahan

Beri pupuk tambahan pada tanaman jagung. Pupuk tambahan akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman jagung sehingga pertumbuhannya lebih optimal.

3. Periksa Tanaman Secara Berkala

Periksa tanaman jagung secara berkala. Pastikan tidak ada serangan hama dan penyakit pada tanaman jagung. Jika ditemukan serangan hama atau penyakit, segera atasi dengan insektisida atau fungisida yang tepat.

4. Potong Pucuk yang Tidak Diinginkan

Potong pucuk yang tidak diinginkan. Pemangkasan pucuk bertujuan agar jagung tumbuh dengan lebih subur dan bisa menghasilkan tongkol yang lebih besar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ayam Chicken Sederhana

Panen Jagung

Setelah melakukan pemeliharaan yang baik, tiba saatnya untuk memanen jagung. Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan jagung siap untuk dipanen, yaitu:

1. Waktu Tanam

Jika jagung ditanam pada waktu yang tepat, biasanya waktu panen akan datang sekitar 80-90 hari setelah penanaman. Periksa kalender tanam jagung yang telah tersedia pada internet atau petani terdekat agar tepat dalam mengatur waktu panen.

2. Bentuk dan Warna Tongkol

Jagung yang siap panen memiliki bentuk tongkol yang bulat dan penuh. Warna biji jagung juga harus sudah mengeras dan tidak berair lagi.

3. Kadar Air Biji

Periksa kadar air biji jagung. Kadar air ideal untuk jagung yang siap panen adalah sekitar 25-30%.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
1. Kapan waktu yang tepat untuk menanam jagung?
Waktu yang tepat untuk menanam jagung adalah pada awal musim hujan.
2. Apa saja jenis benih jagung yang berkualitas?
Jenis benih jagung yang berkualitas adalah benih yang sehat, berwarna cerah, dan tidak cacat.
3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen jagung?
Waktu panen jagung biasanya sekitar 80-90 hari setelah penanaman.
4. Bagaimana cara mengatasi serangan hama pada tanaman jagung?
Serangan hama dapat diatasi dengan insektisida yang tepat. Pastikan insektisida yang digunakan aman bagi lingkungan dan manusia.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Menanam pada Tanaman Jagung