Cara Sederhana Memasak Pempek Palembang

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara sederhana memasak pempek Palembang. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pempek Palembang yang mudah dan praktis untuk diikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Pempek Palembang

Sebelum kita mulai memasak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung sagu
500 gram
Tepung terigu
250 gram
Ikan tenggiri giling
500 gram
Bawang putih halus
5 siung
Garam
Secukupnya
Air
800 ml

Langkah-Langkah Memasak Pempek Palembang

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasak pempek Palembang:

1. Membuat Adonan Pempek

Langkah pertama adalah membuat adonan pempek. Campurkan tepung sagu dan tepung terigu dalam sebuah mangkuk. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis. Kemudian, tambahkan ikan tenggiri giling, bawang putih halus, dan garam. Aduk rata.

2. Membentuk Adonan Menjadi Pempek

Setelah adonan siap, ambil sejumput adonan dengan sendok dan bulatkan. Kemudian, pipihkan adonan hingga terbentuk seperti lembaran. Letakkan adonan di atas tisu dan lakukan sampai adonan habis.

3. Merebus Pempek

Setelah adonan dijadikan pempek, masukkan ke dalam panci yang berisi air dan biarkan mendidih hingga pempek mengapung. Angkat dan tiriskan.

4. Menyajikan Pempek

Pempek siap disajikan dengan disiram kuah cuka dan diberi irisan timun atau acar. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa pakai ikan apa untuk membuat pempek?

Biasanya, ikan yang dipakai untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri. Namun, kamu juga bisa menggunakan ikan lain seperti ikan belida atau gabus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Keju Sederhana untuk Sobat Sederhana

2. Apakah pempek perlu ditambahkan pengawet?

Tidak perlu menambahkan pengawet dalam pembuatan pempek. Kamu bisa menyimpan pempek di dalam kulkas selama beberapa hari atau membekukan pempek untuk disimpan lebih lama.

3. Apakah adonan pempek bisa disimpan di dalam kulkas?

Adonan pempek yang sudah dicampur ikan tenggiri harus langsung digunakan untuk membuat pempek dan tidak bisa disimpan di dalam kulkas.

Kesimpulan

Demikianlah cara sederhana memasak pempek Palembang. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pempek Palembang sendiri di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Memasak Pempek Palembang