Cara Sederhana Masak Cumi Krispi

Hai Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara sederhana masak cumi krispi yang bisa kamu coba di rumah. Sebelum kita mulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan seperti cumi, tepung terigu, tepung beras, telur, tepung panir, dan bumbu-bumbu lainnya yang sesuai selera. Yuk, kita mulai!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cumi krispi. Pastikan semuanya telah tersedia di dapurmu sehingga kamu tidak perlu pergi ke toko lagi. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

Bahan
Jumlah
Cumi segar
500 gram
Tepung terigu
150 gram
Tepung beras
50 gram
Tepung panir
100 gram
Telur ayam
2 butir
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan kamu juga sudah membersihkan cumi dengan benar sebelum digunakan. Jangan lupa untuk memisahkan kepala, tubuh, dan tentakel cumi agar proses masak menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Siapkan Adonan Tepung

Setelah semua bahan tersedia, selanjutnya kita membuat adonan tepung untuk melapisi cumi. Caranya cukup mudah, campurkan tepung terigu, tepung beras, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan merica dalam satu wadah. Aduk hingga rata.

Setelah itu, kocok telur di wadah terpisah hingga setengah kaku. Siapkan tepung panir di wadah terpisah juga.

3. Lumuri Cumi dengan Adonan Tepung

Selanjutnya kita lumuri cumi dengan adonan tepung yang sudah dibuat tadi. Pastikan semua bagian cumi terlapisi dengan merata. Setelah itu, keluarkan cumi dari adonan tepung dan masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok tadi.

Setelah terendam, masukkan cumi ke dalam tepung panir dan lumuri hingga semua bagian terlapisi. Agar lebih krispi, ulangi proses ini sekali lagi sehingga adonan tepung dan tepung panir lebih tebal.

TRENDING 🔥  Cara Buat Film Horor Sederhana: Tips dan Trik untuk Sobat Sederhana

4. Goreng Cumi Hingga Kuning Keemasan

Setelah semua cumi dilapisi dengan tepung, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Masukkan cumi yang sudah dilapisi tadi ke dalam minyak dan goreng hingga kuning keemasan. Jangan lupa untuk diaduk-aduk agar semua bagian matang dengan sempurna.

Setelah matang, angkat cumi dari wajan dan tiriskan minyaknya. Sajikan cumi krispi dengan saus sambal atau mayonnaise sesuai selera. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah cumi harus diberi perasan jeruk nipis sebelum digoreng?

Bisa, namun tidak wajib. Pemberian jeruk nipis atau asam sitrat pada cumi bertujuan untuk menghilangkan bau amis dan mempercepat proses pengolahan. Namun jika kamu tidak suka rasa asam pada cumi, kamu bisa menghindarinya.

2. Apa saja bahan pengganti tepung terigu?

Beberapa bahan pengganti tepung terigu yang bisa digunakan antara lain tepung beras, tepung jagung, tepung kentang, tepung ketan, bahkan tepung almond. Namun pastikan kamu menyesuaikan takaran dan perbandingan antara tepung yang digunakan agar cita rasa tidak berubah.

3. Bagaimana cara menyimpan cumi krispi agar tetap renyah?

Agar cumi krispi tetap renyah, usahakan untuk tidak menutup rapat wadah penyimpanan. Jika tidak, uap air yang terkumpul di dalam wadah bisa membuat cumi menjadi lembek. Lebih baik simpan cumi krispi di dalam wadah terbuka dan taruh di tempat yang kering.

5. Tips Tambahan

Agar cumi krispi yang kamu buat di rumah semakin enak, berikut beberapa tips tambahan yang bisa kamu coba:

  • Gunakan cumi segar yang masih dalam keadaan beku. Cumi beku lebih mudah dipotong dan hasilnya tidak mudah cepat lembek.
  • Setelah dicuci, keringkan cumi dengan tisu dapur hingga benar-benar bersih dari air. Air pada cumi bisa membuat adonan tepung menjadi cepat lepas.
  • Goreng cumi dengan minyak dalam jumlah yang banyak agar tidak terlalu banyak bergerak dan hasilnya lebih krispi.
  • Jangan terlalu sering membolak-balik cumi ketika digoreng. Hal ini bisa membuat tepung mudah lepas dan hasilnya tidak krispi.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Bento Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Sederhana Masak Cumi Krispi