Cara Sederhana Cas Aki Kering

Cara Sederhana Cas Aki Kering – Artikel Jurnal

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara sederhana cas aki kering. Aki yang sudah kering memang sangat sulit untuk diisi ulang. Namun, dengan beberapa langkah sederhana yang akan kita bahas di artikel ini, kamu bisa mengisi ulang aki keringmu sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel atau toko aki.

Apa itu Aki Kering?

Aki kering adalah jenis aki yang tidak memiliki elektrolit atau air di dalamnya. Ini biasanya terjadi ketika aki sudah terlalu lama tidak digunakan atau jarang digunakan. Aki kering akan membuat kendaraan kamu sulit dihidupkan, terutama pada waktu dingin. Sebelum kita memulai cara mengisi ulang aki kering, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu aki kering.

Penyebab Aki Kering

Aki kering biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

No
Penyebab Aki Kering
1
Aki tidak digunakan dalam waktu yang lama
2
Aki terkena gaya gravitasi
3
Aki terkena suhu yang terlalu tinggi
4
Aki terkena air hujan saat kap mesin terbuka

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena dengan cara yang sederhana, kamu bisa mengisi ulang aki keringmu sendiri.

Cara Mengisi Ulang Aki Kering

Berikut adalah cara-cara sederhana untuk mengisi ulang aki kering:

1. Persiapkan Bahan-bahan dan Alat-alat

Sebelum memulai proses pengisian ulang aki kering, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat, di antaranya adalah:

  • Air bersih
  • Asetat
  • Wadah berkapasitas besar
  • Ampere meter
  • Charger aki

2. Bersihkan Aki

Sebelum mengisi ulang aki kering, pastikan aki dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Kamu bisa membersihkan aki dengan kain atau spons yang sudah dicelupkan ke dalam campuran air dan sabun pembersih. Jangan lupa juga membersihkan klem aki dan memberikan lapisan vaselin pada klem agar tidak teroksidasi.

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Kerja Alat Penjernih Air Sederhana

3. Buka Tutup Aki

Setelah membersihkan aki, buka tutup aki dan lihat kondisi dalamnya. Jika terlihat kering dan tidak ada air elektrolit, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

4. Isi Aki dengan Asetat

Tuangkan asetat ke dalam aki secara perlahan dan hati-hati. Pastikan asetat tidak meluber dan mengenai klem aki atau komponen lainnya. Asetat akan membantu membersihkan kerak-kerak yang menempel di dalam aki dan memperbaiki sifat listrik aki.

5. Isi Aki dengan Air

Setelah mengisi asetat, kamu bisa mengisi aki dengan air bersih hingga mencapai garis batas yang tertera di atas aki. Pastikan juga tidak terlalu penuh karena ketika aki diisi ulang, cairan dalam aki akan naik dan bisa meluap. Gunakan wadah berkapasitas besar untuk mengisi ulang air ke dalam aki.

6. Cas Aki

Setelah mengisi ulang air, kamu bisa memasang kembali tutup aki dan mulai mengisi ulang aki dengan menggunakan charger aki. Sebelum men-charge, pastikan dulu bahwa ampere meter pada charger aki sudah berada di posisi nol. Setelah mengisi ulang, kamu bisa mencas aki seperti biasa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang terjadi jika aki kering tidak diisi ulang?

Jika aki kering tidak diisi ulang, aki ini tidak bisa digunakan untuk menghidupkan kendaraan kamu. Selain itu, aki kering juga bisa merusak komponen yang terhubung dengan aki.

2. Apa yang terjadi jika aki terlalu penuh?

Jika aki terlalu penuh, cairan dalam aki akan naik dan bisa meluap. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada aki dan bisa membahayakan keselamatan kamu.

3. Apa yang terjadi jika aki tidak terisi dengan sempurna?

Jika aki tidak terisi dengan sempurna, aki ini tidak bisa bekerja secara optimal. Ini bisa membuat kendaraan kamu sulit dihidupkan dan bisa merusak aki.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kolam Ikan Sederhana

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang aki kering?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang aki kering tergantung pada besarnya aki dan kapasitas charger aki yang digunakan. Namun, umumnya waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6-7 jam.

5. Apakah setiap jenis aki bisa diisi ulang dengan cara ini?

Tidak semua jenis aki bisa diisi ulang dengan cara ini. Pastikan kamu menggunakan cara pengisian ulang aki yang tepat untuk jenis aki yang kamu miliki.

Kesimpulan

Itulah cara sederhana cas aki kering yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan cara yang tepat, kamu bisa mengisi ulang aki keringmu sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel atau toko aki. Namun, pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar aki bisa terisi ulang dengan sempurna.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Sederhana Cas Aki Kering