Cara Sederhana Buka LCD Samsung E5 dengan Setrika

Hello Sobat Sederhana! Bagi kalian yang mengalami kerusakan pada LCD Samsung E5, jangan khawatir karena ada cara sederhana yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara membuka LCD Samsung E5 dengan menggunakan setrika. Mari kita simak bersama!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembukaan LCD Samsung E5, pastikan kalian sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang harus kalian siapkan:

Alat
Bahan
Setrika
Isolasi tape
Obeng
Lem tembak
Pisau cutter
Kawat tipis

Pastikan seluruh alat dan bahan yang kalian gunakan dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, pastikan juga kalian memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara membuka LCD Samsung E5 dengan setrika agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Langkah-Langkah Membuka LCD Samsung E5 dengan Setrika

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kalian ikuti untuk membuka LCD Samsung E5 dengan setrika:

Langkah 1: Membuka Casing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka casing bagian belakang dari Samsung E5. Untuk melakukan hal ini, gunakan pisau cutter untuk memotong bagian samping casing dan lepaskan bagian belakang secara perlahan dengan menggunakan obeng.

Langkah 2: Melepas Baterai

Setelah casing belakang terbuka, lepaskan baterai dari Samsung E5 dengan mengangkat baterai secara perlahan hingga terlepas dari tempatnya.

Langkah 3: Melepas Skru

Setelah berhasil melepas baterai, lepaskan skru yang terdapat pada bagian tengah Samsung E5 dengan menggunakan obeng.

Langkah 4: Melepas LCD

Setelah berhasil melepas skru, lepaskan LCD dari bagian belakang casing dengan hati-hati. Pastikan kalian sudah membuka kabel fleksibel yang terhubung pada LCD sehingga tidak ada kabel yang tertarik atau rusak saat proses pelepasan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Infra Merah Sederhana

Langkah 5: Membuat Jig

Setelah berhasil melepas LCD dari casing, gunakan kawat tipis untuk membuat jig dengan bentuk huruf L. Bentuk jig ini akan digunakan untuk mengepres LCD pada setrika.

Langkah 6: Menempelkan Isolasi Tape

Sebelum mengepres LCD pada setrika, pastikan kalian menempelkan isolasi tape pada bagian-bagian LCD yang tidak ingin terkena panas. Tempelkan isolasi tape pada bagian layar dan kabel fleksibel agar tidak rusak saat dipanaskan.

Langkah 7: Menempelkan Jig pada LCD

Setelah menempelkan isolasi tape, tempelkan jig yang sudah dibuat pada bagian belakang LCD dengan menggunakan lem tembak. Pastikan jig sudah terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Langkah 8: Memanaskan Setrika

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, tahap selanjutnya adalah memanaskan setrika. Pastikan kalian menggunakan setrika dengan suhu sedang agar tidak merusak LCD.

Langkah 9: Mengepres LCD

Setelah setrika sudah cukup panas, tempatkan LCD dengan jig yang sudah terpasang di atas setrika. Tekan perlahan dengan menggunakan kain atau kertas khusus agar LCD tidak tergores atau terluka saat dipanaskan. Lakukan proses penekanan selama kurang lebih 20 detik.

Langkah 10: Menguji LCD

Setelah proses penekanan selesai, lepaskan LCD dari setrika dan jig. Pasang kembali LCD ke dalam casing Samsung E5 dan nyalakan smartphone untuk melakukan pengecekan. Jika LCD sudah berfungsi dengan baik, maka proses pembukaan LCD Samsung E5 dengan setrika sudah berhasil dilakukan.

3. FAQ

1. Apakah proses membuka LCD Samsung E5 dengan setrika aman?

Proses membuka LCD Samsung E5 dengan setrika memang terbilang cukup beresiko karena menggunakan alat yang panas. Namun, jika kalian mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas dengan baik, maka proses ini bisa dilakukan dengan aman dan tanpa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Capcay Sederhana Tapi Enak

2. Apa yang harus dilakukan jika LCD masih tidak berfungsi setelah proses penekanan?

Jika LCD masih tidak berfungsi setelah proses penekanan, coba ulangi proses sekali lagi dengan waktu yang lebih lama. Jika masih tidak berhasil, maka kemungkinan besar kerusakan terletak pada kabel fleksibel atau komponen lainnya yang tidak berhubungan dengan proses pembukaan LCD dengan setrika.

3. Apakah proses membuka LCD Samsung E5 dengan setrika bisa dilakukan sendiri di rumah?

Proses membuka LCD Samsung E5 dengan setrika memang bisa dilakukan sendiri di rumah, namun diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, sebaiknya kalian melakukan proses ini hanya jika kalian sudah memiliki pengetahuan yang cukup atau jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membawa ke tempat reparasi.

4. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuka LCD Samsung E5 dengan setrika. Kami harap artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatasi masalah pada LCD Samsung E5. Jangan ragu untuk bertanya jika masih ada yang kurang jelas. Terima kasih telah membaca, Sobat Sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Buka LCD Samsung E5 dengan Setrika