Cara Sederhana Bersihkan Mika Motor yang Kuning

Halo sobat sederhana! Apakah kamu memiliki motor dengan mika kuning yang mulai terlihat kusam dan tidak menarik lagi? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas cara sederhana untuk membersihkan mika motor yang kuning agar kembali bersih dan kinclong seperti baru.

Mengapa Mika Motor Kuning Tampak Kusam?

Sebelum kita membahas cara membersihkan mika motor yang kuning, pertama-tama kita harus tahu penyebab mika motor tersebut tampak kusam. Hal ini sering disebabkan karena debu, kotoran, dan sinar UV yang menyebabkan warna pada mika menjadi pudar dan kusam. Selain itu, seringkali pemilik motor yang kurang rajin membersihkan mika juga bisa membuat mika menjadi kusam.

Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran pada jalan raya seringkali menempel pada mika motor, terutama ketika kita sering melintasi jalan yang berdebu. Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka debu dan kotoran tersebut akan menumpuk dan menyebabkan mika menjadi kusam dan tidak menarik lagi.

Sinar UV

Sinar UV juga merupakan penyebab utama mika motor kuning menjadi kusam. Paparan sinar UV dari matahari menyebabkan warna pada mika menjadi mudah pudar dan tidak lagi terlihat kinclong. Hal ini sering terjadi pada motor yang sering terpapar sinar matahari langsung tanpa ada pelindungnya.

Kurangnya Perawatan

Sering kali, pemilik motor tidak terlalu memperhatikan perawatan pada mika motor. Hal ini membuat kotoran menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Dengan begitu, mika motor yang kuning menjadi kusam dan menurunkan penampilan dari motor kita.

Cara Mudah untuk Membersihkan Mika Motor yang Kuning

Setelah mengetahui penyebab mika motor kuning menjadi kusam, sekarang kita akan membahas cara mudah untuk membersihkan mika motor kita kembali bersih dan kinclong. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tower HP Sederhana

1. Bersihkan dengan Lap Basah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan mika motor dengan menggunakan lap basah. Pertama-tama, rendam lap bersih dengan air sabun. Setelah itu, gosok lap tersebut pada permukaan mika secara perlahan hingga bersih. Usahakan jangan menggunakan lap yang kasar agar tidak merusak permukaan mika.

2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Jika mika motor anda terlihat sangat kotor dan sulit dibersihkan, maka gunakanlah cairan pembersih khusus untuk membersihkannya. Cairan ini bisa dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan motor. Caranya, cukup semprotkan cairan tersebut pada permukaan mika, biarkan selama beberapa menit, dan gosok perlahan dengan lap yang halus.

3. Lap dengan Mikrofiber

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, gunakan lap mikrofiber saat membersihkan mika motor. Lap ini efektif dalam membersihkan mika tanpa merusak permukaannya.

4. Gunakan Penghapus Karet

Penghapus karet juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan mika motor yang kuning. Caranya cukup mudah, cukup gosokkan penghapus karet tersebut pada permukaan mika hingga bersih.

5. Hindari Menggunakan Cairan Pembersih Berbahan Kimia

Terakhir, hindari penggunaan cairan pembersih berbahan kimia yang bisa merusak permukaan mika motor. Sebaiknya gunakan cairan pembersih yang aman dan tidak merusak permukaan mika.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah boleh membersihkan mika motor dengan menggunakan air biasa?
Tidak dianjurkan untuk membersihkan mika motor dengan menggunakan air biasa karena air mengandung klorin dan mineral yang dapat merusak permukaan mika.
Berapa kali sebaiknya membersihkan mika motor?
Sebaiknya membersihkan mika motor setiap satu minggu sekali atau setelah motor digunakan dalam kondisi hujan atau kotoran yang menempel pada mika.
Apakah mika motor bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi?
Tidak dianjurkan untuk membersihkan mika motor dengan sikat gigi karena bisa merusak permukaan mika.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Timeline Pendanaan Sederhana

Kesimpulan

Nah, itu dia sobat sederhana, beberapa cara sederhana untuk membersihkan mika motor yang kuning agar kembali bersih dan menarik. Ingatlah untuk membersihkan mika motor secara rutin agar tidak menumpuk dan sulit dibersihkan. Selain itu, hindari penggunaan bahan kimia yang merusak permukaan mika agar tidak merusak motor kita. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Sederhana Bersihkan Mika Motor yang Kuning