Cara Pakai Hijab yang Sangat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara pakai hijab yang sangat sederhana. Meskipun terlihat mudah, namun terkadang cara pakai hijab yang benar bisa membuat pusing karena banyaknya jenis dan model hijab yang berbeda. Nah, pada artikel ini kita akan membahas cara-cara sederhana untuk memakai hijab dengan benar. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

1. Kenali Jenis-jenis Hijab

Sebelum kita membahas tentang cara pakai hijab yang sederhana, kamu harus mengenal jenis-jenis hijab terlebih dahulu. Ada banyak jenis hijab yang berbeda, seperti hijab segi empat, pashmina, hijab syari dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis hijab tentu memiliki cara yang berbeda dalam pemakaiannya.

Untuk hijab segi empat misalnya, kamu perlu melipatnya menjadi segitiga terlebih dahulu sebelum memakainya. Sedangkan pashmina biasanya lebih panjang dan bisa dililitkan di kepala.

Jadi, sebelum memakai hijab, pastikan kamu sudah mengenal jenis-jenis hijab yang berbeda dan mencari tahu cara memakainya dengan benar.

2. Siapkan Alat Bantu

Selanjutnya, sebelum memakai hijab, pastikan kamu sudah menyiapkan alat bantu yang dibutuhkan. Beberapa alat yang biasanya dibutuhkan dalam memakai hijab antara lain jarum pentul, peniti, dan ciput. Alat-alat ini akan membantu kamu untuk mempercepat proses pemakaian hijab dan menjaga hijab agar tetap rapi.

3. Kenali Bentuk Wajahmu

Cara memakai hijab yang sederhana juga harus disesuaikan dengan bentuk wajahmu. Ada beberapa bentuk wajah yang berbeda, seperti wajah bulat, wajah lonjong, dan wajah segitiga. Masing-masing bentuk wajah memerlukan teknik yang berbeda dalam memakai hijab.

Untuk wajah bulat misalnya, kamu bisa memilih model hijab yang menutupi dada agar terkesan lebih ramping. Sedangkan untuk wajah lonjong, kamu bisa memilih model hijab dengan volume yang lebih banyak di bagian samping kepala untuk membuat wajah terlihat lebih proporsional.

TRENDING 🔥  Cara Masak Kacang Ijo Pisang Sederhana

4. Mulailah dari Bawah

Saat memakai hijab, mulailah dari bawah terlebih dahulu. Pertama-tama, kenakan ciput terlebih dahulu untuk menjaga rambut tetap tertata rapi. Kemudian, pasang jarum pentul atau peniti pada bagian bawah hijab agar hijab tetap menempel pada kepala.

Jika kamu menggunakan pashmina, letakkan pashmina secara diagonal di atas kepala dan ikatkan di bawah kepala agar pashmina terlihat lebih voluminous dan menutupi dada.

5. Perhatikan Jilbab Bagian Belakang

Cara memakai hijab yang sederhana juga harus memperhatikan jilbab bagian belakang. Pastikan jilbab tidak terlalu longgar atau terlalu ketat, agar terlihat rapi dan nyaman dipakai. Kamu bisa menggunakan jarum pentul atau peniti untuk memperbaiki jilbab yang terlalu longgar atau ketat.

6. Gunakan Inner Hijab

Inner hijab merupakan benda yang sangat penting dalam memakai hijab. Inner hijab akan membantu kamu agar hijab lebih nyaman dipakai dan tidak melorot. Kamu bisa memilih inner hijab yang sesuai dengan warna kulit dan tekstur rambutmu.

7. Sesuaikan Warna Hijab

Pemilihan warna hijab juga sangat penting. Kamu bisa memilih warna hijab sesuai dengan warna kulitmu atau sesuai dengan baju yang akan kamu pakai. Namun, hindari memilih warna hijab yang terlalu mencolok, terutama jika kamu akan menghadiri acara formal.

8. Gunakan Aksesoris Hijab

Untuk membuat hijab terlihat lebih cantik dan menarik, kamu bisa menggunakan aksesoris hijab. Beberapa aksesoris hijab yang bisa kamu gunakan antara lain bros, bandana, atau headband. Pastikan aksesoris yang kamu gunakan tidak terlalu berlebihan agar tetap terlihat sederhana.

9. Lakukan Pemeliharaan Hijab

Pemakaian hijab yang sering juga membutuhkan pemeliharaan yang baik agar hijab tetap awet dan cantik. Pastikan kamu mencuci hijab secara teratur dan menggunakan deterjen yang lembut agar tidak merusak warna hijab.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sup Matahari Sederhana

Setelah mencuci, jangan memeras hijab terlalu kencang agar hijab tetap lembut dan tidak mudah kusut. Setelah itu, kamu bisa menjemur hijab di tempat yang teduh agar tidak terlalu panas dan tidak mudah pudar warnanya.

10. Latihan Memakai Hijab

Seperti halnya dalam mempelajari hal baru, memakai hijab juga membutuhkan latihan yang cukup banyak. Kamu bisa berlatih memakai hijab di rumah agar lebih terbiasa dan tidak kesulitan saat harus memakainya di luar rumah.

Latihan memakai hijab juga bisa menjadi kesempatan untuk mencoba berbagai jenis hijab dan menemukan model hijab yang paling cocok untukmu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah inner hijab harus dipakai?
Ya, inner hijab sangat penting dalam memakai hijab agar hijab lebih nyaman dan tidak melorot dari kepala.
2
Bagaimana cara memilih warna hijab yang tepat?
Kamu bisa memilih warna hijab sesuai dengan warna kulitmu atau sesuai dengan baju yang akan kamu pakai.
3
Apakah harus menggunakan alat bantu seperti jarum pentul?
Ya, alat bantu seperti jarum pentul atau peniti akan membantu menjaga hijab agar tetap rapi dan tidak melorot.
4
Berapa kali dalam seminggu harus mencuci hijab?
Sebaiknya mencuci hijab secara teratur, misalnya 1-2 kali dalam seminggu.
5
Apakah ada tips khusus untuk memakai hijab di musim panas?
Kamu bisa memilih bahan hijab yang lebih ringan dan tidak terlalu tebal agar lebih nyaman dipakai di musim panas.

Kesimpulan

Memakai hijab sebenarnya tidaklah sulit, asalkan kamu sudah mengetahui cara-cara sederhana untuk memakainya. Kenali jenis-jenis hijab, kenali bentuk wajahmu, dan mulai memakai hijab dari bawah terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menggunakan alat bantu, inner hijab, dan memilih warna hijab yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Efek Mic Sederhana

Dengan latihan yang cukup dan pemeliharaan yang baik, kamu bisa memakai hijab dengan lebih percaya diri dan terlihat lebih cantik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Pakai Hijab yang Sangat Sederhana