Cara Merakit Mobil-mobilan dengan Wiper Mobil Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil sederhana. Merakit mobil-mobilan memang bisa menjadi hobi yang menyenangkan, apalagi jika kita bisa membuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Nah, salah satu bahan yang bisa kita gunakan adalah wiper mobil lho.

Apa itu Wiper Mobil?

Sebelum kita memulai pembahasan tentang cara merakit mobil-mobilan dengan menggunakan wiper mobil, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu wiper mobil. Wiper mobil adalah salah satu komponen penting pada mobil yang digunakan untuk membersihkan kaca depan mobil dari kotoran atau air hujan. Wiper mobil terdiri dari tiga bagian, yaitu lengan wiper, karet wiper, dan motor wiper.

Bagian yang akan kita gunakan untuk merakit mobil-mobilan adalah lengan wiper. Lengan wiper biasanya terbuat dari logam atau plastik yang fleksibel dan memiliki sambungan untuk memasang karet wiper dan motor wiper.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Lengan wiper
1 buah
Motor DC 6V
1 buah
Baterai 9V
1 buah
Karet wiper
2 buah
Saklar on/off
1 buah
Kabel
secukupnya

Langkah-langkah Merakit Mobil-mobilan dengan Wiper Mobil

Nah, setelah semua bahan-bahan sudah disiapkan, saatnya kita memulai merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Lengan Wiper

Pertama-tama, siapkan lengan wiper yang sudah dibersihkan dari kotoran. Pastikan lengan wiper dalam kondisi yang baik dan tidak bengkok atau rusak. Kemudian, lepas karet wiper yang terpasang pada lengan wiper.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana untuk Menilai Latihan

2. Pasang Motor DC pada Lengan Wiper

Selanjutnya, pasang motor DC pada lengan wiper menggunakan baut dan mur. Pastikan motor DC terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas. Kemudian, hubungkan motor DC dengan karet wiper yang sudah dilepas tadi menggunakan kabel.

3. Pasang Saklar on/off

Setelah motor DC sudah terpasang, pasang saklar on/off pada kabel yang terhubung dengan motor DC dan baterai 9V. Kemudian, pasang juga baterai 9V pada kabel yang tersisa.

4. Uji Coba

Setelah semua kabel sudah terhubung dengan baik, uji coba mobil-mobilan yang sudah dirakit dengan menghidupkan saklar on/off. Pastikan mobil-mobilan bisa bergerak dengan baik dan tidak ada kerusakan pada komponen yang sudah dirakit.

5. Pasang Karet Wiper

Terakhir, pasang kembali karet wiper pada lengan wiper mobil-mobilan yang sudah dirakit. Pastikan karet wiper terpasang dengan baik dan kuat agar bisa membersihkan kaca dengan baik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus menggunakan motor DC 6V?

Tidak harus, Sobat Sederhana bisa menggunakan motor DC dengan tegangan yang berbeda. Namun, pastikan motor DC yang digunakan sesuai dengan kebutuhan agar mobil-mobilan bisa bergerak dengan baik.

2. Apa saja bahan alternatif yang bisa digunakan selain lengan wiper?

Selain lengan wiper, Sobat Sederhana juga bisa menggunakan bahan alternatif seperti kayu, kardus, atau plastik. Namun, pastikan bahan yang digunakan cukup kuat untuk menopang karet wiper dan motor wiper agar mobil-mobilan bisa bergerak dengan baik.

3. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil?

Waktu yang dibutuhkan untuk merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil tergantung pada pengalaman dan keahlian Sobat Sederhana dalam merakitnya. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1-2 jam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sendiri Sanggul Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Nah, itulah tadi pembahasan tentang cara merakit mobil-mobilan dengan wiper mobil sederhana. Selain bisa menjadi hobi yang menyenangkan, merakit mobil-mobilan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan juga bisa melatih kreativitas dan keahlian kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Merakit Mobil-mobilan dengan Wiper Mobil Sederhana