Cara Menyusun Makalah Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Jangan khawatir jika kamu sedang kesulitan dalam menyusun makalah sederhana. Artikel ini akan memberikan langkah-langkah yang mudah untuk membuat makalah sederhana yang baik dan benar. Yuk, simak dan ikuti langkah-langkahnya!

Persiapan Menulis Makalah

Sebelum kita mulai menulis makalah, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih mudah dalam membuat makalah sederhana yang baik dan benar.

1. Membuat Rencana

Sebelum memulai menulis, buatlah rencana terlebih dahulu. Rencana ini bisa berupa garis besar atau mindmap yang berisi topik utama dan subtopik yang akan dibahas dalam makalah. Dengan membuat rencana, kita bisa lebih terstruktur dalam menyusun makalah sederhana.

2. Mencari Referensi

Setelah membuat rencana, carilah referensi yang sesuai dengan topik yang akan dibahas. Referensi bisa berupa buku, artikel di internet, atau jurnal ilmiah. Pastikan sumber referensi yang digunakan terpercaya dan relevan dengan topik yang dibahas.

3. Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan dari makalah yang akan disusun. Apakah untuk memberikan informasi, mempengaruhi pembaca, atau memecahkan masalah tertentu. Tujuan yang jelas akan membantu dalam menyusun makalah sederhana.

4. Menetapkan Batasan

Tentukan batasan topik yang akan dibahas dalam makalah. Batasan ini berfungsi untuk membatasi cakupan topik sehingga tidak terlalu luas atau terlalu sempit.

5. Menentukan Gaya Penulisan

Pilihlah gaya penulisan yang sesuai dengan topik dan tujuan makalah. Gaya penulisan yang umum digunakan dalam makalah adalah gaya formal atau akademik.

Penulisan Makalah

Setelah melakukan persiapan, kita bisa mulai menulis makalah. Berikut adalah langkah-langkah dalam menyusun makalah sederhana.

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi latar belakang, tujuan, dan batasan topik yang akan dibahas dalam makalah. Pastikan bagian pendahuluan menarik dan jelas agar pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Power Supply 12 Volt Sederhana untuk Sobat Sederhana

2. Pembahasan

Bagian pembahasan adalah inti dari makalah. Bahaslah topik yang telah diberikan dalam rencana secara terstruktur dan logis. Pastikan setiap paragraf memiliki ide utama dan penjelasan yang jelas dan terstruktur. Selain itu, gunakan referensi yang relevan untuk memperkuat argumen.

3. Kesimpulan

Bagian kesimpulan berisi ringkasan dari pembahasan yang telah dilakukan. Sampaikan kesimpulan secara singkat dan jelas. Jangan lupa untuk mengaitkan kesimpulan dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Daftar Pustaka

Bagian daftar pustaka berisi sumber referensi yang digunakan dalam menyusun makalah sederhana. Pastikan menyusun daftar pustaka sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

Catatan Penting dalam Menulis Makalah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun makalah sederhana. Hal ini bertujuan agar makalah yang disusun menjadi lebih baik dan benar.

1. Hindari Plagiat

Jangan menyalin tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumber referensi yang jelas. Plagiat bisa merugikan diri sendiri dan membuat makalah menjadi tidak sah.

2. Perhatikan Tenses

Gunakan tenses yang tepat dalam penulisan makalah. Tenses yang umum digunakan dalam makalah adalah simple present tense dan simple past tense.

3. Gunakan Bahasa yang Baku

Gunakan bahasa yang baku dan formal dalam penulisan makalah sederhana. Hindari penggunaan bahasa slang atau kata-kata yang tidak baku.

4. Periksa Tanda Baca dan Ejaan

Periksa kembali tanda baca dan ejaan dalam makalah yang telah disusun. Pastikan tanda baca dan ejaan yang digunakan sudah benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

5. Gunakan Referensi yang Terpercaya

Gunakan referensi yang terpercaya dan relevan dengan topik yang dibahas. Referensi yang terpercaya akan membuat makalah menjadi lebih sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bihun Kuah Sederhana untuk Sobat Sederhana

Frequently Asked Questions (FAQ)

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Bagaimana cara menyusun makalah sederhana?
Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini.
2
Apakah perlu membuat rencana sebelum menulis makalah?
Ya, membuat rencana akan membantu dalam menyusun makalah sederhana.
3
Bagaimana cara menghindari plagiat dalam penulisan makalah?
Jangan menyalin tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumber referensi yang jelas.

Jangan lupa untuk selalu berusaha dan belajar dalam menyusun makalah sederhana. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat Sederhana dalam membuat makalah yang baik dan benar. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyusun Makalah Sederhana