Cara Menyederhanakan Tulisan Penuh di MS Word

Hello Sobat Sederhana! Bagi banyak orang, menulis dengan kata-kata yang padat dan jelas merupakan hal yang sulit. Namun, dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Microsoft Word, kamu bisa dengan mudah menyederhanakan tulisanmu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan itu.

1. Menggunakan Synonyms

Menggunakan kata-kata yang bertele-tele dapat membingungkan pembaca dan membuat tulisanmu terlihat berbelit-belit. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sinonim yang lebih akurat dan jelas dalam menulis. Microsoft Word memiliki fitur pencarian sinonim yang dapat membantumu menemukan kata-kata sederhana dan mudah dipahami. Berikut adalah cara menggunakannya:

Aksi
Shortcut Keyboard
Membuka Thesaurus
Shift + F7
Mencari sinonim kata yang dipilih
Right-click + Pilih “Sinonim” atau gunakan shortcut keyboard Ctrl + Shift + S

Contoh Penerapan:

Sebagai contoh, kata “membuang” dapat disederhanakan menjadi “buang”. Caranya, pilih kata “membuang” dan klik kanan untuk membuka menu. Dalam menu tersebut pilih “Sinonim” atau tekan Ctrl + Shift + S, dan pilihlah sinonim yang paling pas.

Demikianlah cara yang pertama dalam menyederhanakan tulisan. Mari kita lanjut ke cara kedua.

2. Menyingkat Kata Panjang

Menyingkat kata-kata panjang bisa menjadi cara efektif untuk menyederhanakan tulisanmu. Selain itu, ini juga dapat membantu menghindari kesalahan penulisan dan mempercepat waktu pengetikan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

a. Menggunakan Siklus Hidup

Siklus hidup adalah singkatan dari beberapa kata yang terkait yang disiratkan dalam satu kata gabungan. Ini sangat berguna untuk mempersingkat tulisan dalam bahasa sains atau teknis. Misalnya, “DNA” adalah singkatan dari “Asam Deoksiribonukleat”. Kamu juga dapat membuat singkatan sendiri yang lebih mudah diingat

b. Menggunakan Akronim

Sama seperti siklus hidup, akronim adalah singkatan dari beberapa kata. Namun, kata-kata yang digunakan harus saling berhubungan dalam satu kalimat atau topik tertentu. Contohnya, “NASA” adalah singkatan dari “National Aeronautics and Space Administration.”

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Perkalian Pangkat

c. Menggunakan Singkatan Umum

Singkatan umum adalah singkatan yang dikenal secara umum. Contoh dari singkatan ini adalah “Mr.” untuk “Mister”, “Ms.” untuk “Miss”, dan “Mrs.” untuk “Missus”.

Contoh Penerapan:

Sebagai contoh, “Bahasa Indonesia” dapat disingkat menjadi “BI” di seluruh tulisan. Dengan singkatan ini, kamu dapat lebih mudah menuliskannya dan membuat tulisanmu terlihat lebih formal.

Nah, itulah tiga cara mudah untuk menyederhanakan tulisanmu. Sekarang, mari kita lanjut ke cara ketiga.

3. Menggunakan Pemenggalan Kata

Pemenggalan kata dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi kata-kata yang tidak diperlukan dalam tulisanmu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

a. Menghapus Kata Tak Penting

Beberapa kata dalam kalimat kadang-kadang tidak berkontribusi dalam menyampaikan informasi penting. Oleh karena itu, kamu dapat membuang kata-kata ini agar tulisanmu lebih efektif dan efisien. Misalnya, mengubah kalimat “Saya akan pergi ke toko supermarket” menjadi “Saya akan pergi ke supermarket.”

b. Menggunakan Konjungsi Pendek

Kamu juga dapat menggunakan konjungsi pendek seperti “dan”, “atau”, “namun”, “tetapi” untuk menghubungkan kalimat. Dengan menggunakan konjungsi pendek ini, tulisanmu akan lebih mudah dipahami. Misalnya, “Saya akan pergi ke toko buku dan mencari novel baru.”

c. Mengganti Frasa dengan Kata

Beberapa frasa kadang-kadang dapat diganti dengan satu kata yang tepat. Misalnya, mengubah kalimat “Sangat penting untuk memperhatikan kesehatan Anda.” menjadi “Kesehatan Anda penting.”

Contoh Penerapan:

Sebagai contoh, kalimat “Tulisan ini sangat bagus dan saya akan mengirimkannya ke editor untuk dipublikasikan” dapat disederhanakan menjadi “Tulisan bagus. Saya akan mengirim ke editor untuk dipublikasikan.”

Nah Sobat Sederhana, itulah tiga cara dasar untuk menyederhanakan tulisanmu di Microsoft Word. Dengan mengikuti saran-saran di atas, kamu dapat membuat tulisanmu lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!

TRENDING 🔥  Cara Membandingkan Pecahan Sederhana

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Bagaimana cara mengakses Thesaurus?
Kamu bisa menggunakan shortcut keyboard Shift + F7, atau dengan mengklik kanan pada kata yang ingin di-carikan sinonim, lalu pilih “Sinonim”.
Apa saja konjungsi pendek yang bisa digunakan?
Kamu bisa menggunakan kata “dan”, “atau”, “namun”, “tetapi”, “sebab”, “karena”, “karena itu”, dan “oleh karena itu”.
Bisakah aku membuat singkatan sendiri?
Ya, kamu bisa menggunakan singkatan yang kamu buat sendiri selama masih relevan dengan konteks tulisanmu. Pastikan singkatannya juga mudah dimengerti.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Tulisan Penuh di MS Word